Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

3 Macam Panel Genset Dan Fungsinya

Editor: Rosyid
3 Macam Panel Genset Dan Fungsinya

Secara umum ada 3 macam panel genset, yang paling populer dipakai adalah Panel ATS-AMF. Penggunaan panel ATS (automatic Transfer Switch) pada instalasi dalam gedung dimaksudkan untuk mengantisipasi pada saat supply listrik dari PLN mengalami pemadaman sementara, maka dalam hal ini genset yang akan menggantikan peranan PLN untuk mensupply listrik,  peranan Panel ATS (Automatic Transfer Switch) adalah mengalihkan secara otomatis distribusi dari PLN ke Genset. selanjutnya apabila PLN kembali normal, maka Fungsi ATS secara otomatis mengalihkan distribusi daya listrik dari Genset ke PLN. Untuk Panel Genset ATS-AMF ini sangat cocok untuk kantor, rumah, atau pabrik yang menginginkan perpindahan sumber listrik utama ke sumber listrik alternatif secara aman dan otomatis.

ATS (AUTOMATIC TRANSFER SWITCH)
ATS sendiri adalah kependekan dari Automatic Transfer Switch yaitu sebuah rangkaian komponen elektrik yang berfungsi sebagai saklar yang beroperasi otomatis ketika terjadi pemutusan supply listrik dari PLN terencana atau mendadak, maka secara otomatis panel akan bekerja sendiri mengalihkan pengambilan sumber listrik dari sumber lain yang pada umumnya menggunkan mesin genset. Sebagai sumber listrik baru. Dan sebaliknya sebaliknya ketika daya listrik dari PLN sudah normal. maka secara otomatis Panel ATS akan mengalihkan supply listrik kembali ke PLN.

AMF (AUTOMATIC MAIN FAILURE)
AMF adalah kependekan dari Automatic Main Falure, berbeda dengan ATS, Panel AMF adalah rangkaian komponen elektrik pada panel yang bekerja secara otomatis untuk menghidupkan dan mematikan Genset secara otomatis tanpa campur tangan manusia. Prinsip standarnya adalah apabilan listrik pln mati maka panel AMF akan langsung memberikan perintah pada mesin genset untuk menyala secara otomatis dan mengalirkan aliran listrik dan sebaliknya apabila listrik PLN kembali hidup maka secara otomatis pula panel AMF akan mematikan mesin Genset.

PANEL SINKRONISASI (Panel Synchron)
Panel Sinkron (Panel Synchron) digunakan untuk menyinkronkan kinerja dari 2 atau lebih unit Genset secara pararel. Panel Sinkronisasi digunakan bilamana beban yang akan dibackup genset bervariasi cukup besar dan pemakaian genset non-stop. bilamana beban yang akan dibackup genset bervariasi cukup besar dari waktu ke waktu, akan sangat untuk memakai 1 genset. Sebagai contoh, misalnya beban yang akan dibackup genset dari 400 kVA s/d 1.000 kVA, akan lebih efisien jika menggunakan 2 x 500 kVA, dibanding menggunakan 1 x 1.000 kVA. Apabila menggunakan 2 x 500 kVA yang disingkronisasikan, apabila beban masih berada di bawah 500 kVA, maka hanya 1 genset yang akan bekerja. Apabila beban berada di 750 kVA, maka beban akan dibagi seimbang 375 kVA dengan kedua Genset menyala.

Panel Genset adalah kontrol yang dirancang untuk Genset baik secara otomatis maupun secara manual, baik yang masih bersifat analog maupun yang sudah bersifat digital.