Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

7 HAL KECIL YANG TIDAK KITA SADARI DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN KERJA

7 HAL KECIL YANG TIDAK KITA SADARI DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN KERJA

Sebuah kecelakaan tidak ada yang tahu kapan terjadinya dan kepada siapapun. Apalagi dalam sebuah pekerjaan, kecelakaan selalu bisa terjadi kapanpun. Dari pekerjaan yang ringan hingga yang beratpun kecelakaan tidak bisa dihindari. Dalam sebuah pekerjaan jika kita terlalu meremehkan sebuah resiko kecelakaan maka dapat mengakibatkan hasil yang fatal.

Baca Juga :
CARA MEMILIH HOIST YANG BERKUALITAS


PERTIMBANGAN MEMASANG HOIST CRANE | JUAL HOIST CRANE


PENTINGNYA PURNA JUAL HOIST DAN CRANE

Berikut ada beberapa faktor kecil yang tidak kita sadari dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal :

1. Jalan Pintas

7 HAL KECIL YANG TIDAK KITA SADARI DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN KERJA Maksud dari jalan pintas adalah dimana kita membuat keputusan diharapkan dapat membuat kita bekerja lebih cepat dan lebih eifisien. Tetapi pernah kah kita memikirkan penghematan waktu yang dilalukan dengan bekerja lebih cepat dapat menimbulkan resiko terhadap kemanan diri kita atau keselamatan pekerja yang lain? Jalan pintas merupakan faktor yang dapat mengakibatkan sebuah kecelakaan yang fatal dalam suatu pekerjaan.

2. Percaya Diri Berlebihan

7 HAL KECIL YANG TIDAK KITA SADARI DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN KERJA Overconfidence yang terlalu berlebihan dari yang sesuatu yang baik, seperti menganggap Hal yang bisa dikerjakan sendiri dan tidak memerlukan kerja sama tim, dan melanggar SOP dalam suatu pekerjaan karena menganggap yang dilakukan tidak terlalu dipermasalahkan dalam suatu pekerjaan.

3. Memulai Pekerjaan Dengan Intruksi Yang Tidak Lengkap

7 HAL KECIL YANG TIDAK KITA SADARI DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN KERJA Untuk melalukan pekerjaan dengan aman dan benar, hal pertama yang harus kita butuhkan adalah informasi yang lengkap. Mulai dari pekerjaan apa yang harus kita lakukan, kapan harus kita lakukan dan bagaimana kita melalukan suatu pekerjaan.

4. Kerapian Kerja Yang Jelek

7 HAL KECIL YANG TIDAK KITA SADARI DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN KERJA Ketika pelanggan, manajer atau orang-orang safety berjalan melalui unit kita, kerapian merupakan indikator penting dari sikap seseorang mengenai kualitas, produksi dan keselamatan. Kerapian kerja yang jelek akan menciptakan bahaya dari berbagai unsur. Area yang ditata dengan baik, menciptakan standar yang akan diikuti oleh unit lain. Kerapian kerja yang baik merupakan sebuah kebanggaan dan keselamatan.

5. Mengabaikan Prosedur Keselamatan

7 HAL KECIL YANG TIDAK KITA SADARI DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN KERJA Dengan sengaja mengabaikan prosedur keselamtan dapat membahayakan kita dan rekan kerja kita. Kita dibayar untuk mengikuti kebijaksanaan perusahaan mengenai keselamatan bukan untuk membuat peraturan sendiri.

6. Gangguan Mental Dari Pekerjaan

7 HAL KECIL YANG TIDAK KITA SADARI DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN KERJA Mengalami hari yang jelek di rumah dan memikirkannya di kantor adalah kombinasi yang berbahaya. Karena kita bekerja terlalu banyak pikiran, maka tidak akan terfokus pada suatu pekerjaan yang kita lakukan.

7. Gagal untuk Menyiapkan Rencana Sebelum Kerja

7 HAL KECIL YANG TIDAK KITA SADARI DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN KERJA Kecelakaan dapat terjadi akibat kurangnya perencanaan sebelum kerja. Contohnya adalah sebagai berikut:

Apakah kita sudah mengetahui bahaya pada pekerjaan yang akan kita lakukan?

Apakah kita sudah menggunakan tool yang tepat?

Apakah kita mengetahui prosedur pekerjaan yang kita lakukan?

Apakah kita sudah menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang tepat?

Berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam sebuah pekerjaan. Jika suatu pekerjaan dikerjakan dengan teliti dan sungguh-sungguh, maka tidak ada sebuah kesalahan yang terjadi dan tidak ada sebuah kecelakaan dalam sebuah pekerjaan.

Stay Connected

Instagram Instagram pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : SUENDRA

Editor : IQBAL

 

Chat Whatsapp

banner percayakan indotara


Banner Parrent LGM

Banner-Samsung-Product

Banner List Product Hoist Crane Artikel


Related Articles