Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

CARA PERAWATAN GENSET

Genset merupakan alat yang dapat digunakan sebagai tenaga darurat untuk kebutuhan listrik di rumah maupun untuk kebutuhan industri. Genset dapat digunakan untuk daerah terpencil yang belum dialiri listrik dan peralatan dengan spesifikasi daya listrik tertentu. Namun sebagai sebuah mesin, genset tentu membutuhkan perawatan genset yang baik dan benar. 

Cara Perawatan Genset Agar Awet

Ada beberapa cara perawatan genset yang baik , cara perawatan tersebut antara lain adalah 
  1. Lakukan perawatan 2 kali setahun. Walaupun genset tersebut jarang digunakan, genset tersebut harus dirawat dengan baik. Perawatan tersebut dapat dilakukan dengan menghidupkan genset tersebut untuk memastikan engine didalamnya masih berjalan dengan baik.
  2. Periksa keseluruhan bagian genset. Perkisa bagian yang mulai berkarat, kabel yang longgar, tombol yang mulai hilang. Pastikan daerah sekitar genset bersih dan kering.
  3. Periksa distilled water pada battery. Dapat diisi ulang jika dibutuhkan, namun batere harus diganti dalam kurun waktu 2 - 3 tahun agar performance tetap baik.
  4. Periksa baut. Baut dalam sebuah generator akan cendrung melonggar setelah penggunaan dalam jangka waktu tertentu. Segera kencangkan baut yang longgar atau ganti baut yang retak.
  5. Periksa bahan bakar. Bahan bakar dalam genset akan kehilangan efektivitasnya setalah setengah tahun tidak digunakan, oleh karena itu harus dilakukan pergantian terlebih dahulu sebelum digunakan.

Cara perawatan genset yang baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, cara perawatan di atas merupakan cara - cara dasar yang dapat digunakan oleh setiap individu tanpa keahlian khusus. Untuk mendalami berbagai cara tersebut dapat melihat buku manual yang ada di genset pada saat pembelian atau meminta agen genset tersebut menjelaskan detil perawatan genset tersebut.
Cara perawatan genset tingkat lanjut memang harus dilakukan teknisi yang mengerti mengenai genset tersebut, hubungi agen genset indonesia agar genset anda memiliki daya tahan yang baik.


Related Articles