Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

FUNGSI GENSET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

fungsi genset dalam kehidupan sehari-hari

Genset adalah sebuah alat yang memiliki kemampuan menghasilkan daya listrik sebagai energi pengganti dengan prinsip kerja mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi listrik. Jika Anda bertanya tentang fungsi genset, Anda harus paham terlebih dahulu dari segi apakah fungsi tersebut dibicarakan. Hal ini karena kegunaan genset umumnya hanya dikenal sebagai pemasok daya alternatif yang dibutuhkan ketika suplai listrik dari PLN padam tanpa pemberitahuan pasti terlebih dahulu.

1.   Segi ekonomi
Jika Anda bertanya apa manfaat genset jika dilihat dari segi ekonomi, maka mungkin sebagian orang yang memiliki alat tersebut akan menjawab bahwa genset bermanfaat untuk menunjang aktivitas produksi di saat listrik yang disalurkan oleh PLN padam. Sebagai contoh ada seorang pengusaha di bidang restoran yang membutuhkan listrik untuk produksi es krim maupun produk lain dengan menggunakan alat-alat listrik untuk melayani keinginan pelanggan, namun ketika listrik padam, tentunya pemilik restoran tersebut memiliki kesulitan untuk memenuhi keinginan pelanggan tepat waktu, terutama ketika sebagian bahan makanan yang ada harus diolah dengan menggunakan alat listrik. Itu sebabnya keberadaan genset akan sangat membantu dalam proses produksi produk yang berakibat pada jalannya kegiatan ekonomi. Hal yang sama tentunya juga terjadi pada sebuah pabrik konveksi, dimana untuk produksinya dibutuhkan listrik yang cukup besar dan ketika listrik padam, tentu dibutuhkan tenaga alternatif yang akan menjamin keberlangsungan produksi demi peningkatan keuntungan yang diperoleh.
2. 
Segi kelistrikan
Ketika Anda berbicara tentang genset dari segi kelistrikan, Anda tentu memahami bahwa genset mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik. Namun tentu tidak hanya itu saja, karena genset memiliki sistem generator yang akan mengubah arus DC menjadi arus AC atau sebaliknya yang digunakan untuk menyalakan listrik sesuai dengan rancangan listrik yang ada pada bangunan atau gedung yang bersangkutan.
3. Segi kebutuhan
Pada saat Anda menggelar sebuah acara di area terbuka atau untuk acara desa, tentu Anda akan membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar. Namun bagaimana caranya jika di sekeliling tidak ada energi listrik yang cukup memadai untuk menyalakan semua peralatan? Maka terkait hal tersebut salah satu jalan keluar yang dapat dimanfaatkan adalah genset. Dengan menggunakan genset, Anda akan dapat menggelar acara hajatan atau acara kampanye di desa tanpa khawatir listrik akan padam mendadak. Jika terkait segi kebutuhan, umumnya genset yang difungsikan untuk membantu memiliki kapasitas daya antara 220 hingga 300 volt.
4. Segi fisika
Jika Anda berpikir apa kaitannya manfaat genset dengan segi fisika, maka jawabannya terletak pada fungsinya yang mengubah tegangan yang dihasilkan oleh bahan bakar yang tersedia. Terkait dengan kapasitas tegangan genset yang tersedia, Anda mungkin mengenal genset 1 fasa dan genset 3 fasa, dimana untuk genset bertegangan 1 fasa mengandalkan tegangan tinggi yang terbentuk dari aliran tegangan dari kutub L ke kutub N yang netral. Sedangkan untuk alat 3 fasa mengandalkan daya yang lebih besar, dimana nantinya arus yang mengalir terjadi antara dua kutub yang bertegangan dan umumnya genset yang satu ini lebih sering dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga kelas menengah. Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat genset yang dilihat dari berbagai segi, jika Anda ingin membelinya, ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan, seperti:

a.   Daya
Ketika Anda ingin membeli genset, Anda harus memastikan betul daya genset yang ingin Anda dapatkan untuk menunjang kebutuhan. Jika Anda memerlukan alat tersebut untuk kebutuhan industri tentunya daya yang dipenuhi harus minimal 10% lebih besar dari daya keseluruhan yang selalu digunakan saat produksi.
b. 
Bentuk
Ketika Anda ingin membeli alat yang satu ini, akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan bentuk yang Anda inginkan untuk menunjang aktivitas kelistrikan. Bentuk yang dimaksud disini terkait apakah Anda ingin membeli alat alternatif penambah daya yang hanya akan ditempatkan diluar atau didalam  ruangan. Karena umumnya genset yang ditempatkan didalam ruangan memiliki kapasitas maupun bentuk yang lebih besar daripada genset yang diletakkan diluar ruangan.

Stay Connected

Instagram Instagram pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : -

Editor : Ipin

 

Chat Whatsapp

dummy product genset
Falcon Gasoline Generator 5


Related Articles