Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Load Types pada UPS dan Stabilizer

Editor: Rio
Load types adalah macam-macam jenis beban yang terdapat disuatu alat atau elektronik. Beban- beban tersebut sudah pasti berpengaruh terhadap penentuan kapasitas UPS atau stabilizer yang akan kita gunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa UPS sangat penting dalam kehidupan sehari – hari terlebih digunakan untuk memback up alat produksi atau alat-alat perkantoran atau medis yang tidak boleh mati mendadak. UPS adalah Uninterupptible power supply yang berfungsi memberikan cadangan listrik sementara bila terjadi kegagalan PLN pada sumber utama sehingga alat yang diback up oleh UPS tidak akan mati mendadak, Sampai dialihkan kesumber power lain misalnya genset. Sedangkan stabilizer adalah alat penstabil tegangan yang  bila terjadi voltase yang tidak stabil maka akan distabilkan oleh stabilizer. Seperti yang kita ketahui bahwa ketidak stabilan voltase dapat merusak mesin Industri maupun alat- alat elektronik dirumah kita. Maka dari itu kita harus mengetahui jenis- jenis beban yang akan diback up oleh UPS atau stabilizer nantinya, Agar nantinya kapasitas sesuai dengan kebutuhan.

Adapun lebih spesifik mengenai jenis pembagian Load adalah sebagai berikut:

  1. Resistive load:  Beban Resistif adalah beban yang terdiri dari peralatan listrik yang mengubah energi listrik menjadi energy panas, contohnya seperti oven.
  2. Induktif load: Beban induktif adalah peralatan yang mengandung kumparan atau solenoid seperti  motoran listrik , kipas, dan transformator. Beban ini cenderung memiliki factor daya yang rendah dan dapat menyebabkan masalah seperti tegangan rendah dan harmonisa pada sistem distribusi listrik. Contohnya pada alat CT scan di Rumah sakit.
  3. Capacitive load: Beban kapasitif adalah terdiri dari dari peralatan yang menggunkan kapasitor seperti motor kapasitor. Beban ini cenderung memiliki factor daya yang tinggi dan dapat menyebabkan masalah seperti tegangan naik pada sitem distribusi listrik.
  4. Elektronic Load: Beban Elektronik terdiri dari perangkat elektronik seperti televisi, komputer, dan perangkat electronic lainnya. Beban ini memiliki factor daya yang bervariasi tergantung pada jenis perangkat dan desainnya.

Berikut uraian mengenai jenis beban yang mungkin bisa jadi acuan dalam pemilihan UPS atau stabilizer nantinya agar tidak terjadi kesalahan pemilihan kapasitas stabilizer maupun UPS. Terlebih pemilihan kapasitas untuk memback up beban- beban induksi yang tarikan awal mesin bisa dua tiga kali lipat dari daya watt, Misal mesin produksi 11.000 watt karena termasuk beban Induksi ada motoran didalamnya Starting awal bisa sampai di 33.000Watt. Lalu dimanakah kita bisa mendapatkan UPS dan Stabilizer yang sesuai dengan kebutuhan ? Tentunya anda dapat menghubungi PT. Indotara persada. PT. Indotara persada adalah distributor tunggal untuk UPS dan Stabilizer Merek Arakawa. PT. Indotara juga memiliki team Electrical yang handal dibidangnya. Dengan masa garansi UPS dan stabilizer yang cukup panjang yaitu 5 tahun sparepart untuk stabilizer 3 tahun sparepart untuk UPS. Kunjungi website resmi kami di www.indotara.co.id, anda akan dilayani oleh team profesional sales dari  PT. Indotara Persada.