Lg Hoist Side Content

Samsung Hoist Side Content

Taiwan Winch Side Content

Semi Gantry Crane


Overhead Single Girder Crane


Telecrane Remote Controller

Powerflux Conductor Rail

Samsung Chain Block

Perawatan Forklift

Forklift merupakan peralatan yang sangat ideal untuk memindahkan beban berat dalam operasional industri ataupun kegiatan lainnya. Seperti halnya dengan peralatan mesin lain, bagian mekanik dari forklift juga cendrung aus pada saat penggunaan terus menerus. Agar forklift tahan lama dibutuhkan perawatan yang dilakukan secara berkala dan secara profesional, forklift dengan perawatan yang baik akan berperan untuk daya tahan forklift tersebut. 

5 Tips Perawatan Forklift

Perawatan forklift yang baik akan menunjang kinerja dan daya tahan forklift tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk perawatan forklift agar kondisinya tetap baik seperti yang dijelaskan berikut ini.
1. Olesi dengan minyak bagian yang bergerak secara aktif. Forklift memiliki bagian yang bergerak secara aktif seperti pedal untuk penyangah garpu bagian depan. Usahakan bagian sendi yang bergerak ini tidak dalam keadaan kering, karena gesekan yang terjadi selama penggunaan forklift akan berdampak buruk pada kinerja forklift jika bagian sendi tersebut dalam keadaan kering.
2. Periksa bahan bakar dan cairan lain secara teratur. Selain bahan bakar, ada cairan atau minyak lain yang membantu mesin yang ada pada forklift. Pastikan cairan ini diperiksa secara teratur dan tidak kehabisan selama pemakaian. Cairan ini antara lain adalah cairan transmisi, hidrolik, pendingin, dan oli. 
3. Pastikan Forklift di charge penuh. Untuk tipe forklift yang menggunakan tenaga baterai, gas, dan listrik untuk electric forklift harus dipastikan di isi atau di charge penuh sebelum pemakaian. 
4. Pastikan Gauges Forklift berfungsi secara benar. Gauges Forklfit yang ada dipanel instrumen berfungsi untuk memberikan indikasi ketika ada beberapa bagian yang rusak atau tidak berfungsi. Oleh karena itu, harus dipastikan instrumen ini berfungsi dengan baik agar kerusakan pada bagian lain dapat diketahui secara benar dan baik. 
5. Pastikan ban forklift dalam keadaan baik. Ban merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah forklift, harus dipastikan tekanan udara yang ada pada ban harus seimbang. Selain agar beban yang dibawa dalam keadaan stabil, hal ini agar power yang dikeluarkan forklift stabil.
Untuk lebih detil perawatan forklift ini dapat ditanyakan pada distributor forklift indonesia yang secara profesional menangani hal ini. 


Related Articles