Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa Perbedaan Antara Las AC dan DC?

Editor: Rosyid
Arc Welding, Apa Perbedaan Antara Las AC dan DC?

Bagi mereka yang bukan seorang welder berpengalaman atau tidak memiliki sertifikasi apa pun, mungkin membingungkan untuk mendengar tentang semua jenis tipe Las yang berbeda di luar sana. Hal ini biasanya mencakup diskusi antara las AC dan DC. Keduanya merupakan jenis pengelasan yang sah, tetapi keduanya memiliki perbedaan dan aplikasi yang tepat. Mari mempelajari tentang perbedaan utama antara las busur AC dan DC.

Apa yang dimaksud dengan AC dan DC?

Perbedaan mendasar antara kedua Las ini berkaitan dengan polaritas. AC berarti arus bolak-balik dan DC berarti arus searah. Dengan kata lain, DC menggunakan polaritas tunggal yang bisa negatif atau positif, sedangkan AC menggunakan polaritas bolak-balik antara DC positif dan DC negatif. Ada beberapa manfaat tertentu dari kedua jenis pengelasan ini dan dibutuhkan peralatan yang berbeda untuk menghasilkan masing-masingnya.

Keuntungan dan Kerugian Las DC

Las DC adalah bentuk pengelasan yang lebih disukai untuk sebagian besar aplikasi. Dibandingkan dengan Las AC, DC cenderung memiliki hasil pengelasan yang lebih halus, lebih sedikit percikan, dan busur (arc) yang lebih stabil. Las DC juga lebih banyak menembus ke dalam logam las, yang menawarkan sambungan yang lebih kuat daripada Las AC. Sayangnya, Las DC tidak bagus untuk mengelas material seperti aluminium karena tidak dapat menghasilkan panas yang tepat. Selain itu, tidak dapat memperbaiki masalah arc blow back, yang terjadi ketika busur berjalan atau keluar dari sambungan. Selain itu, dalam hal membeli peralatan mesin las DC lebih mahal karena membutuhkan inverter untuk mengalihkan arus.

Keuntungan dan Kerugian Las AC

Beberapa kelemahan Las DC sebenarnya adalah keunggulan Las AC. Pengelasan ini mendukung Las dengan suhu yang lebih tinggi, menjadikannya pilihan yang bagus untuk mengelas aluminium dan dapat menghilangkan lapisan oksida pada logam. Las ini juga dapat memperbaiki masalah yang melibatkan arc blow, dan arus bolak-balik (AC) membuatnya lebih stabil saat mengelas material yang bersifat magnetis. Karena Las AC tidak memerlukan Inverter seperti las DC, las AC lebih murah, yang dapat menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk pemula. Sebaliknya, Las AC tidak dapat diandalkan di area yang menjadi kekuatan Las DC, serta beberapa area lainnya. Las ini lebih sulit dikendalikan dan kurang dapat diandalkan dibandingkan Las DC, hasilnya tidak sehalus, dan cenderung memiliki lebih banyak percikan.

Apakah Lebih Baik Las AC atau DC?

Las DC cenderung menjadi pilihan yang lebih disukai untuk sebagian besar aplikasi. Namun, untuk aplikasi atau logam tertentu seperti material aluminum, Las AC bisa menjadi pilihan yang lebih baik.