Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Antara UPS dan Genset

Editor: Fiki
Perbedaan Antara UPS dan Genset
Perbedaan Antara UPS dan Genset.

Listrik adalah kebutuhan pokok atau bisa disebut sebagai kebutuhan dasar pada dunia industri sekarang ini. Terlebih dengan adanya perkembangan pesat dalam dunia tekhnologi dan informasi yang mau tidak mau mendorong kita dalam penggunaan komputer sementara komputer itu sendiri adalah perangkat elektronik yang sangat bergantung dengan listrik.

Namun pada kenyataan nya penggunaan listrik dirasa masih belum terlalu maskimal karena terkadang listrik akan mengalami pemadaman, ketika listrik mengalami pemadaman dan tidak ada perangkat yang mampu untuk membackup kelistrikannya maka seketika data - data yang sedang kita kerjakan di komputer otomatis akan langsung hilang atau tidak sempat tersimpan.

Ada 2 perangkat yang mampu untuk membackup kelistrikan suatu perangkat elektronik ketika sedang terjadi pemadaman dari listrik PLN, yaitu UPS dan Genset. Apa perbedaan dari 2 perangkat tersebut ?

Cara kerja UPS dan Genset :

Sumber energi dari UPS adalah terletak di batterynya,dengan battery tersebut UPS bisa dengan langsung membackup perangkat elektronik ketika terjadi blackout atau pemadaman tanpa adanya jeda waktu atau zero transfer time, sehingga perangkat elektronik tidak akan ter-shutdown secara mendadak.

Beberapa UPS bahkan sudah terdapat fitur stabilizingnya, sehingga dapat menstabilkan arus listrik sebelum disalurkan ke beban. Namun kelemahan dari UPS ini adalah waktu backup time nya yang cukup terbatas, semakin lama waktu backup yang diinginkan maka semakin besar juga kapasitas batterynya sehingga berpengaruh juga untuk harganya yang tentu saja akan semakin mahal.

Perbedaan yang paling mencolok antara UPS dan genset adalah mengenai transfer time nya, ketika terjadi pemadaman genset masih membutuhkan waktu untuk menyala. Genset bisa dikatakan adalah alat pengganti listrik untuk meneruskan kerja dari UPS. Genset bisa tetap bekerja walaupun tidak ada UPS, tetapi konsekuensinya adalah semua pekerjaan yang menggunakan listrik harus terhenti sementara waktu sampai genset dinyalakan.

Akan lebih baik apabila UPS dan genset digunakan secara berkesinambungan, misalnya ketika sedang terjadi pemadaman listrik di sebuah pabrik, supaya peralatan elektronik tidak ter-shutdown secara mendadak maka menggunakan UPS, kemudian disambung dengan penggunaan genset ketika battery UPS sudah mulai habis.

Lalu mana kah yang lebih baik antara UPS dan genset? Tidak ada yang lebih baik, semuanya berdasarkan kebutuhan dari si pemakainya. Seperti yang sudah disampaikan di atas, UPS dan genset akan lebih baik apabila di pakai secara berkesinambungan keduanya, genset dijadikan sebagai supplier listrik ketika terjadi pemadaman, disisi lain UPS dijadikan sebagai alat untuk menjaga agar perangkat elektronik yang dipakai tidak cepat rusak.

UPS dan Genset bisa tersedia di PT.Indotara Persada, dengan bermacam – macam kapasitas dan backup time, di dukung tim aftersales yang kompeten serta dijamin oleh ketersediaan sparepart sampai 15 tahun yang akan datang, kami siap membantu kebutuhan anda baik untuk skala rumahan ataupun skala industri.