Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

5 KIAT MENGGUNAKAN GENSET UNTUK PEMULA

Sebetulnya tidak ada cara yang baku dalam pengoperasian sebuah genset (Generator Set). Tetapi bagaimana bila anda dihadapi pada situasi dan kondisi tertentu yang dimana anda harus mengoperasi genset tersebut. Jika untuk mempelajari cara kerja mesin dan mengetahui fungsi-fungsi genset akan membutuhkan waktu yang lama.

Sementara generator harus dinyalakan segera, hal ini pasti akan membuat anda menjadi panik dan tidak tahu harus memulai dari mana dan apa saja yang harus dilakukan. Anda Jangan khawatir jika mengalami situasi seperti ini, sekalipun anda masih awam dalam mengoperasikan sebuah genset ini. Anda dipastikan bisa mengoperasikan semua jenis genset, namun anda harus mengetahui 5 kiat-kiat sederhana sebagai berikut :

W3.CSS W3.CSS

5 KIAT MENGGUNAKAN GENSET UNTUK PEMULA


5 KIAT MENGGUNAKAN GENSET UNTUK PEMULA 1. Pastikan Bahan Bakar

Tahap awal dalam mengoperasikan sebuah generator set adalah memeriksa ketersediaan bahan bakar, kecuali generator anda jenis batteray yang tidak menggunakan bahan bakar. Untuk jenis generator portable biasanya menggunakan bahan bakar premium. Apabila bahan bakar habis, dapat di isikan secukupnya yang tidak terlalu penuh dan Jangan terlampau sedikit.


5 KIAT MENGGUNAKAN GENSET UNTUK PEMULA
2. Pastikan Oli Mesin

Tahap berikutnya pastikan generator Portable anda terisi Oli Mesin terisi penuh sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Oli tidak boleh terlalu melebihi kapasitas, karena akan menyebabkan genset anda berjalan tidak normal seperti tersendat-sendat atau genset anda tidak mau menyala. Untuk tipe oli mesin dapat menggunakan sesuai bawaan mesin atau anda ingin mengantikannya dengan merk lain tetapi harus sesuai dengan tipe oli bawaannya.


5 KIAT MENGGUNAKAN GENSET UNTUK PEMULA 3. Pastikan Kondisi Accu

Tahap ketiga, pastikan kondisi accu dapat berfungsi dengan baik untuk mengetahuinya pada saat anda menghidupkan generator dengan starter, jika mesin langsung hidup berarti accu nya berfungsi dengan baik, dan bila di Starter berkali-kali tidak menyala berarti accu mengalami masalah. Anda perlu membawa Accu tersebut ke tempat penyeterum accu untuk mengisi listrik. Karena kemungkinan besar accu Soak.


5 KIAT MENGGUNAKAN GENSET UNTUK PEMULA
4. Pastikan Ohm saklar sudah dipindahkan

Sebelum menghidupkan generator pastikan Ohm Saklar untuk arus PLN nya sudah OFF dan untuk Arus Generatornya sudah pada posisi ON. Hal ini guna untuk menghindari terjadi kecelakaan kerja.


5 KIAT MENGGUNAKAN GENSET UNTUK PEMULA
5. Genset dapat dinyalakan

Setelah anda melakukan beberapa tahap diatas dan sudah dipastikan dalam kondisi baik. Anda sudah bisa untuk menyalakan generator anda dengan beberapa tahap aktivasi ini:

a.

Pastikan choke genset anda sudah pada posisi ON untuk mempercepat genset menyala pada saat dihidupkan. Biasaya Choke berada didekat Carburator dan memiliki Logo segitiga.

b. Lalu pastikan Posisi tuas choke berada dipuncak logo segitiga
c. Pastikan Saklar Mesin atau Engine Switch pada Posisi On
d. Pastikan Tuas Pengatur Udara terhadap posisi ON

kunjungi web site kami www.indotara.co.id untuk mengetahui produk-produk yang kami tawarkan dan rasakan kepuasan setelah menggunakan produk kami. Customer service kami akan dengan senang hati melayani anda.


SELALU PERCAYAKAN INDOTARA SEBAGAI MITRA TERPERCAYA ANDA

Penulis: GUNAWAN
Editor: IQBAL


Genset Iwata 3
dummy product genset iwata


Related Articles