Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Airless Paint Sprayer

Editor: Fiki
Airless Paint Sprayer
Haii.. dalam dunia otomotif, entah itu motor atau mobil kita sering banget melihat warna - warna yang cakep dan kadang terkesan nyentrik. Nah, di tulisan ku kali ini mau mengajak kalian mengenal lebih dekat dengan alat yang dipakai buat mengenal cat yang sangat simple dan praktis.

APA ITU AIRLESS SPRAY GUN?

Airless Paint Sprayer secara sederhana adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan suatu penyemprotan, dan Pada airless sprayer, cairan akan dipompa dengan menggunakan tekanan tinggi yang akan melalui ujung spray tip. kemudian udara terkompres, material pada cat itu sendirilah yang diberi tekanan, lalu ketika lewat ke ujung spray, cairan mengalami atomisasi. Pada umumnya laju aliran material cat ditentukan oleh ukuran spray tip dan tekanan cairan.

Bagaimana, apakah masih bingung ? mari kita sederhanakan…
Jadi, Airless Paint Sprayer hadir dalam berbagai bentuk dan desain tetapi semuanya pastinya memiliki fitur dan pengaturan umum yang kurang lebih sama. Ide dasar di balik tercipta dan cara kerja alat ini adalah memompa cat dan memaksa keluar dari ujung Nozzle yang sangat kecil yang berada di ujung Spray atau pistol semprot ( Spray Gun )

Lalu kenapa disebut Airless, tentu saja karena tidak ada kompresor udara atau udara yang terlibat di sistem kerja dan hasilnya, alat ini akan mengaplikasikan banyak cat dengan cepat dan dapat membuat pekerjaan yang membosankan menjadi sangat mudah dan cepat juga pastinya efisien.
Jadi bagi kamu yang mau mulai usaha , atau yang hobi gonta ganti warna pada Velg kendaraan kesayangan misalnya, tentu alat ini akan sangat berguna.

CARA MENGECAT MENGGUNAKAN AIRLESS PAINT SPRAYER DAN CARA MENGECAT

Untuk cara penggunaan Alat ini sebenarnya cukup mudah
Persiapan:

1.Selalu bersihkan area kerja dahulu dari media yang sekiranya mengganggu.

2. Kemudian siapkan permukaan yang akan di Cat. Tutupi setiap  bagian atau semua hal yang tidak digunakan, ketika melakukan penyemprotan, akan terjadi fogging dan cat sudah pasti akan berceceran, karena cat menjadi sangat halus mirip dengan debu, ada baiknya kita memakai masker dan kaca mata pelindung.

Untuk tekhnik mengecatnya tidaklah sulit, hanya selalu aduk cat dengan rata dan kemudian saring, yang berguna agar nanti tidak terjadi penyumbatan di Spray Gun nya,sangat simple bukan.

PERAWATAN AIRLESS PAINT SPRAYER

Kemudian yang perlu diperhatikan tentu saja perawatan unit ini, apakah sulit  atau ribet ?. Sebelum merawat ada baiknya kamu tahu masalah umum yang ada pada Spray Gun, mulai dari cat tidak mau keluar, cat yang menetes saat disemburkan, dan Hasilnya cat terlalu tebal tapi tidak rata, pasti kamu tidak mau hasil cat yang seperti itu.

hal - hal seperti diatas sebenarnya bisa kamu hindari jika kamu mau merawat alat dengan baik. Dan perawatannya sendiri juga tidak ribet, seperti ini misalnya :
  1. Setelah menggunakan spray gun untuk mengecat, kosongkan tabung spray gun yang masih ada isi catnya.
  2. Cuci tabung spray gun memakai thiner A special tipe, dan lakukan secara berulang sampai keluar warna thiner tersebut (bukan warna cat yang baru saja di gunakan).
  3. Buka tabung spray dan taruh posisi terbalik menghadap ke bawah, agar sisa cairan menetes keluar, atau kita kuras sampai bersih.
  4. Dan Paling penting jangan biasakan merendam unit spray gun kedalam Thinner , alih - alih bersih sempurna, hal itu malah akan membuat seal menjadi rapuh karena kehilangan fleksibilitasnya.

Dimana Bisa Mendapatkan Airless Paint Sprayer?

setelah kamu tahu apa itu Airpaint sprayer, fungsi dan cara penggunaan sampai perawatan, tentu kamu harus tahu dimana tempat paling dipercaya untuk membeli unit canggih ini.

Yap, tentu saja di Indotara kamu dengan mudah memilih mana mesin yang cocok untuk kebutuhan Cat kamu. Kenapa memilih ? tentu saja harus memilih karena ada banyak jenis airless paint sprayer yang ada di dunia ini.

jika kamu klik ini kamu akan langsung ke website indotara dan dengan mudah melihat - lihat dulu mana yang cocok dan tinggal hubungi sales yang siap membantu kamu.

https://www.indotara.co.id/painting-equipments/31.html

Dan sekarang kamu sudah tahu, ada satu lagi alat yang  yang benar - benar memudahkan pekerjaan kita, dan membuka Peluang Usaha.
Jadi, semoga membantu dan selamat berkarya.


Related Articles