Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa Itu Air Bersih?

Editor: Rosyid

Apa Itu Air Bersih? Air bersih adalah sumber air dengan kualitas baik yang biasa digunakan oleh manusia untuk konsumsi atau untuk kegiatan sehari-hari, termasuk sanitasi.

Untuk konsumsi air minum, menurut peraturan Kementerian Kesehatan, syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna dan bebas logam berat. Meskipun sumber air alami tersedia untuk konsumsi manusia, masih ada risiko pencemaran air tersebut dengan bakteri seperti E. coli atau zat berbahaya. Meskipun air mendidih hingga 100°C membunuh bakteri, banyak zat berbahaya, terutama logam, tidak dapat dihilangkan dengan cara ini.

Ciri-ciri awal air bersih adalah tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Air bersih yang sehat bebas dari kontaminan mikroba atau senyawa kimia.

Kebersihan air dinilai dari segi fisik, kimia dan biologi. Kegagalan salah satu penilaian ini menunjukkan bahwa air tersebut tidak termasuk dalam kategori air bersih untuk air minum atau keperluan lainnya.

Sumber air bersih di antaranya:

Sungai:
Rata-rata, lebih dari 40.000 kilometer kubik air tawar diambil dari sungai-sungai di dunia. Jumlah ketersediaan ini (setara dengan lebih dari 7.000 meter kubik per orang) mungkin pada awalnya tampak cukup untuk memastikan pasokan yang cukup bagi setiap penduduk, namun pada kenyataannya air ini sering diperoleh di tempat yang tidak tepat. Air bersih di Cekungan Amazon, misalnya, berlimpah, tetapi letak geografisnya membuatnya tidak ekonomis untuk mengekspornya ke tempat yang membutuhkan.

Curah hujan:
Ketika menggunakan air hujan sebagai sumber air bersih, individu/kelompok/pemerintah biasanya membangun bendungan dan waduk yang mahal untuk menyimpan air bersih selama musim kemarau dan mengurangi kerusakan akibat banjir.

Permukaan air:
Air permukaan adalah air yang ada di permukaan bumi, dari hujan yang jatuh di permukaan bumi tetapi jatuh ke tanah. Kualitas air seringkali bergantung pada daerah sekitar tempat air tersebut berada. Air permukaan tidak layak untuk diminum langsung oleh manusia, sehingga perlu diolah terlebih dahulu sebelum digunakan, air tersebut antara lain: sungai, kolam, danau, rawa, dll.

Air Bawah Tanah:
Air tanah adalah air dari hujan yang jatuh ke permukaan bumi, kemudian diserap di bawah tanah dan mengalami proses penyaringan alami. Sumber air tersebut terdiri dari sumur dangkal, sumur dalam dan mata air.

Namun tidak dapat di pungkiri,dengan semakin berkembangnya manusia di muka bumi ini maka semakin sulit mendapatkan kebutuhan air bersih yang layak di gunakan. Salah satunya karena terjadi banyak pencemaran lingkungan yang terjadi.

Kusatsu Water Treatment adalah solusi unggul dalam mengolah air tidak kotor menjadi air bersih dan aman untuk manusia. Teknologi canggih dalam sistemnya dapat menyaring kotoran dan kontaminan, seperti logam berat dan bakteri, sehingga menghasilkan air yang layak diminum. Dengan Kusatsu Water Treatment, Anda dapat menikmati air berkualitas tinggi tanpa khawatir tentang kesehatan dan kebersihan air yang digunakan sehari-hari.