Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

APLIKASI-APLIKASI GENSET

aplikasi-aplikasi genset artikel

APLIKASI-APLIKASI GENSET - Genset atau Generator set, merupakan seperangkat pembangkit daya listrik. Set peralatan pembangkit ini terdiri dari gabungan antara alternator atau generator dan mesin. Alternator atau generator di sini berfungsi sebagai sebuah perangkat untuk membangkitkan tenaga listrik, sedangkan mesin sendiri sebagai sebuah perangkat pemutar. Mesin dalam generator set ini berbentuk perangkat dari mesin diesel yang bahan bakarnya dari solar, mesin gas, mesin yang bahan bakarnya bensin, ataupun mesin turbin. Banyak sekali jenis-jenis dari mesin berdasarkan kebutuhannya. Adapun generator sendiri adalah gulungan tembaga atau biasa disebut sebagai generator yang terdiri atas rotor yakni kumparan berputar dan stator yakni kumparan statis.

Dalam hal ini, genset merupakan sebuah rangkaian di mana terdiri atas rangkaian elektronik dan rangkaian elektrik, dihubungkan melalui mesin penggerak berupa sebuah turbin uap, turbin air, kincir air, kincir angin, motor bakar dan lain-lain agar bisa menghasilkan sebuah putaran sehingga dapat menghasilkan tegangan listrik. Di era globalisasi ini, tentu generator set banyak diaplikasikan dalam berbagai kebutuhan untuk menunjang beragam aktivitas. Genset aplikasi dan kegunaannya sangat diperlukan masyarakat.

Aplikasi dan Kegunaan Genset

Perkembangan teknologi dan industri yang semakin maju saat ini membuat ketersediaan listrik pun semakin tipis. Maka dari itu, wajar jika pemerintah pun semakin gencar untuk melakukan program penghematan listrik serta pemadaman listrik bergilir yang ada di berbagai daerah demi menghemat energi listrik. Namun di samping itu sendiri, tentu dengan seringnya dilakukan pemadaman listrik mendadak dengan tanpa pemberitahuan terlebih dulu membuat pengusaha pun memakai alternatif dan solusi lain demi meminimalisir kerugian usaha yang mereka jalankan. Penggunaan genset aplikasi inilah yang menjadi solusi utama para pengusaha untuk menunjang aktivitas yang dilakukan perusahaan tersebut.

Genset yang memanfaatkan mesin diesel ini umumnya dipakai untuk pembangkit listrik dan mesin mekanik. Umumnya, mesin diesel sendiri dijumpai dalam aplikasi industri, mobil, dan peralatan konstruksi. Selain itu, mesin diesel pada generator pun dimanfaatkan untuk kebutuhan di bidang pertambangan, kelautan, konstruksi, kehutanan, pertanian, bawah tanah, telekomunikasi, dan rumah sakit. Di samping itu, pembangkit listrik cadangan untuk siaga pertama yaitu dengan pemakaian generator set.  generator listrik yang memiliki tenaga diesel besar umumnya dipakai untuk perusahaan komersial dan perusahaan industri. Adapun untuk generator dengan beban kecil sendiri umumnya dimanfaatkan pada perumahan, pertanian, dan rumah sakit.

Umumnya spesifikasi ukuran antara 5 sampai 30 Kw sendiri dimanfaatkan untuk kendaraan rekreasi dan rumah. Sementara ukuran kapasitas 30 KW hingga 6 MW umumnya dimanfaatkan untuk perusahaan yang ada di seluruh dunia. Genset sendiri memang banyak manfaat dan kegunaannya, jadi tak mengherankan bila perusahaan besar tentunya lebih mengutamakan untuk memanfaatkan genset demi meningkatkan kinerjanya. Generator sendiri sangat bermanfaat untuk mereka yang bertempat tinggal di daerah-daerah yang tidak terdapat aliran listrik.

Jenis-Jenis Genset

Generator set atau genset sendiri adalah mesin yang dapat menghasilkan aliran listrik melalui perubahan energi mekanik hingga menjadi daya listrik. Ada berbagai tipe generator yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk menghasilkan listrik, di bawah ini :
a.   Mesin Turbin

Generator dengan mesin turbin biasanya menghasilkan daya listrik berkapasitas besar yakni 2 MW lebih. Tipe generator ini dapat menerangi 1 kota sekalipun yang berukuran kecil.
b. Generator Portable

Jenis generator ini merupakan jenis generator outdoor paling familiar di masyarakat. Aplikasi dari generator ini biasanya dilakukan saat kegiatan outdoor seperti berkemah, dan begitu cocok dipakai sebab bentuknya yang berukuran kecil serta fleksibel.
c. Generator Solar

Jenis generator ini umumnya dipakai di perumahan. Tentunya berbeda seperti peralatan rumah seperti pada umumnya, di mana jenis generator ini memerlukan energi berlebih. Tipe generator ini pun biasa dipakai di tempat yang sifatnya komersial serta diletakkan bersamaan dengan solar panel. Umumnya generator jenis ini dipakai untuk perangkat elektronik dengan daya listrik tinggi, contohnya pemanas air dan AC.
d. Mesin Bensin

Mesin generator yang memadai bensin untuk bahan bakarnya sendiri mempunyai kapasitas daya listrik yang rendah. Adapun kapasitas maksimum daya yang diproduksi pada mesin ini dibutuhkan sebesar 10 KW. Mesin yang memakai bensin ini memakai 1 silinder yang segaris dan 1 busi. Mesin generator yang satu ini pun dapat dibawa kemana pun secara mudah.
e. Mesin Diesel

Mesin generator diesel adalah mesin untuk membangkitkan tenaga listrik secara umum dipakai oleh masyarakat pada umumnya. Dikarenakan penggunanya yang banyak, mesin yang satu ini pun mudah dijumpai di mana pun. Adapun mesin diesel diaplikasikan untuk mesin generator memiliki daya listrik bervariasi dan luas.
f. Mesin Gas

Generator ini memanfaatkan gas untuk dijadikan bahan bakarnya. Adapun gas untuk bahan bakar berupa gas hasil olahan dari bumi, contohnya CNG dan LPG. Kini LPG sendiri bisa didapatkan di mana pun, dengan begitu mesin genset tipe ini sering dipakai di perumahan warga.

Iwata Banner Genset artikel.jpg

dummy product gensetIwata Genset Banner




Related Articles