Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

APLIKASI GENSET STANDBY

Aplikasi genset stanby

Secara umum, generator set memiliki tiga macam kapasitas. Masing-masing kapasitas tersebut nantinya disesuaikan dengan fungsinya. Tidak semua generator set tepat untuk suatu tempat tertentu. Jika Anda memilih kapasitas yang salah, maka generator set tidak akan dapat berfungsi dengan optimal. Salah satu kapasitas generator set yang sering dipilih adalah Genset standby. Generator set ini adalah genset yang hanya difungsikan saat kondisi tertentu. Seperti halnya pemadaman listrik. Kapasitas yang dimiliki generator set standby tergolong lebih besar dibanding kapasitas dari generator set prime. Mengingat generator set ini harus bekerja ekstra keras selama kondisi darurat, maka kapasitas yang dimiliki haruslah memadai. Namun tidak kemudian generator set standby digunakan selama seharian. Biasanya, generator set standby harus bekerja dibawah kapasitas generator standby yang dimiliki. Jika diharuskan hanya untuk dua jam sehari, maka harus memenuhi target tersebut. Jika tidak, maka akan dapat mengganggu kinerja dan kualitas dari generator set standby itu sendiri. Generator set standby menjadi aplikasi untuk beberapa tempat, antara lain di rumah, rumah sakit, sampai dengan industri. Berikut akan dijelaskan aplikasi generator standby berdasarkan empat tempat tersebut.

1.   Aplikasi Generator Set Standby untuk Rumah
Generator set standby untuk rumah berarti Anda memilih aplikasi sebuah generator set yang akan terpasang permanen. Sebagai generator set standby, maka mesin penggerak ini akan otomatis hidup mengalirkan listrik ketika listrik di rumah padam. Bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan dan menggerakkan motor listrik pada generator set standby ini adalah bensin, solar, atau gas. Anda tidak akan bising oleh suara generator set yang umumnya sangat keras dan berisik. Sebab untuk aplikasi generator set standby di rumah telah dirancang dengan suara yang tidak mengganggu. Sebagai generator set standby, maka Anda tidak dapat memindah mesin satu ini dari rumah yang satu ke rumah yang lain. Selain itu perlu diperhatikan bahwa Anda harus meletakkan generator set standby pada ruangan khusus. Sehingga Anda tidak perlu memindahkannya dari ruangan satu ke ruangan yang lainnya di rumah.
2.
Aplikasi Generator Set Standby untuk Rumah Sakit
Generator set standby biasanya juga dipilih sebagai aplikasi untuk rumah sakit. Mengingat fungsi rumah sakit untuk merawat pasien yang sakit, maka keberadaan generator set standby tentu sangat membantu. Ketika terjadi pemadaman listrik di rumah sakit, tanpa adanya generator set standby tentu akan menjadi repot. Terlebih jika pada saat itu sedang berlangsung operasi. Aplikasi Genset standby inilah berfungsi. Sehingga sangat penting setiap rumah sakit untuk memiliki mesin penggerak listrik guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu proses perawatan pasien termasuk saat operasi sedang berjalan. Sebuah rumah sakit tidak cukup hanya memiliki satu buah generator set standby. Beberapa generator set standby harus dimiliki dan diletakkan pada ruangan yang memang pada saat terjadi pemadaman listrik, listrik di ruang tertentu tetap menyala. Seperti di ruang operasi, ruang gawat darurat, dan lainnya. Pilih tipe generator set standby yang memiliki kapasitas daya listrik lebih tinggi tiga puluh persen dibanding daya listrik PLN. Hal itu untuk mencegah generator set tidak kuat dalam mengangkat daya ketika terjadi pemadaman listrik.
3. Aplikasi Generator Set Standby untuk Industri
Kebanyakan industri lebih memilih generator set standby. Hampir sama alasannya seperti pada rumah sakit. Ketika masih dalam proses produksi tiba-tiba terjadi pemadaman listrik, tentu membuat seluruh proses menjadi kacau-balau. Untuk mencegah hal itu terjadi, maka aplikasi generator set standby akan sangat membantu. Biasanya generator set standby akan diletakkan pada bagian produksi sehingga ketika industri sedang masuk dalam tahapan tersebut, generator set standby tetap dapat menjaga proses yang ada tetap berjalan. Sehingga bagi Anda yang hendak memilih generator set standby untuk industri, lebih baik memilih kapasitas daya generator set siaga yang sepadan dengan beban saat proses produksi berjalan.

Kehadiran berbagai macam aplikasi Genset standby sangat membantu bagi banyak pihak. Terlebih kapasitas daya listrik yang dimiliki dapat disesuaikan dengan keperluan. Sehingga Anda dapat memilih generator set sesuai dengan fungsi untuk di rumah, rumah sakit, ataupun industri.

Iwata Banner Genset artikel.jpg

dummy product gensetIwata Genset Banner


Related Articles