Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

BEBERAPA MASALAH KERUSAKAN PADA UPS

UPS atau yang biasa disebut Uninterruptible Power Supply merupakan sebuah alat yang menjadi andalan ketika aliran listrik dari PLN terputus. Dengan adanya UPS, peralatan elektronik yang terhubung dengan UPS tidak akan mengalami rusak/mati (tanpa jeda) jika aliran listrik dari PLN terputus. Namun apa jadinya bila UPS rusak, UPS yang tadinya menjadi sebuah keuntungan malah berubah menjadi bencana.

Baca Juga : PERBEDAAN UPS ONLINE DAN OFFLINE
JENIS-JENIS UPS ( Uninterruptible Power Supply )
MENGENAL FUNGSI DAN KEGUNAAN UPS

Di dalam UPS terdapat baterai, dan baterai ini merupakan salah satu part yang sering mengalami masalah rusak. Baterai yang ngedrop atau rusak sudah pasti akan mengganggu kinerja dari UPS. Berikut beberapa ciri dari baterai UPS yang rusak:

BATERAI KEMBUNG Baterai UPS Rusak Karena Fisiknya Kembung Atau Tidak Datar
Fisik baterai yang kembung atau tidak rata membuat baterai menjadi susah untuk dilepas dari tempat/holder nya. Bahkan baterai akan menjadi tidak bisa dilepas lagi jika terdapat lebih dari dari satu baterai yang kembung / tidak rata dan berdempetan.

 

BATERAI BERBUSA Baterai UPS Rusak Karena Pada Kutub baterai Keluar Cairan (Berbusa) Dengan Warna Putih
Bila diukur Voltase Tegangan pada baterai yang mengalami kondisi seperti ini menjadi Drop, sebaiknya Jangan Digunakan Lagi.

 

BATERAI PECAH Baterai UPS Rusak Karena Baterai Retak / Pecah
Baterai bisa saja pecah, dan jika pecah maka lapisan terluar dari baterai akan terbuka. Inilah masalah yang sangat berbahaya yang dapat merusak UPS. Baterai yang pecah ini mengandung zat yang berbahaya sehingga harus ekstra hati-hati dan jangan sampai zat tersebut mengenai tubuh atau kulit manusia karena bisa menyebabkan gatal-gatal dan efek lain yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

 

BATERAI TIDAK SESUAI Voltage Pada Baterai Tidak Sesuai
Contohnya : Baterai 12V/7,2A. Pada baterai ini, jika diukur pada kondisi standby (tidak sedang digunakan) seharusnya menunjukkan 13 volt sampai 13,5 volt. Dan jika tidak menunjukkan range angka tersebut biasanya ada masalah pada baterai tersebut. Untuk membuktikan lagi bahwa baterai tersebut bagus atau rusak, bisa di charge lagi pada UPS yang bagus selama minimal 4 jam. Jika tidak terjadi kenaikan voltage, sudah bisa dipastikan baterai tersebut rusak.

Jika baterai UPS rusak, solusi yang dilakukan biasanya mengganti baterai tersebut dengan yang baru. Selain baterai, ada beberapa hal yang menyebabkan UPS rusak atau tidak bekerja dengan maksimal, di antaranya sebagai berikut:

1. Tidak Ada Grounding
Jika tidak ada grounding, sistem UPS akan rusak dan terganggu jika ada gangguan transient. Grounding sangat penting jika terjadi gangguan arus surge petir (gelombang transient). Jika ada grounding, arus surge petir akan difilter. UPS (UNINTERRUPTABLE POWER SUPPLY) RACKMOUNT

2. Kesalahan Dalam Pemasangan
Pemasangan yang tidak sesuai dengan desain dan standart dari UPS tersebut bisa menyebabkan UPS menjadi rusak. Misalnya kesalahan dalam pemasangan kabel 3 phase atau 1 phase dan netral.

3. UPS Mengalami Kelebihan Beban
Misalnya UPS sering digunakan diluar kapasitasnya. Pada saat instalasi tidak diperhatikan jalur-jalur mana saja yang ingin dibackup oleh UPS, sehingga beban UPS menjadi lebih. Jika hal ini sering terjadi, bukan tidak mungkin UPS akan cepat rusak.

4. Penempatan UPS Yang Salah
Misalnya ditempatkan di ruangan yang lembab, tidak ada ventilasi sama sekali, dan mungkin diletakkan di tempat yang memungkinkan UPS untuk terkena percikan air dan debu. Hal ini juga tentu akan menimbulkan kerusakan dan masalah pada UPS. MENGAPA HARUS MENGGUNAKAN UPS?

Permasalahan pada UPS memang sulit untuk dihindari, namun bisa diantisipasi dengan cara melakukan perawatan dan pengecekan rutin. Lebih baik mengantisipasi daripada menjadi bencana ketika UPS yang rusak hendak diandalkan. Ingat, pilihlah distributor yang memberikan layanan After Sales serta Produk Berkualitas yang memiliki garansi untuk kenyamanan costumer.


banner percayakan indotara

Penulis: STEFANUS
Editor : IQBAL
Banner parent Artikel Arakawa
Banner List Product Arakawa


Related Articles