Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara - cara perawatan pada mesin las

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Adhitya Pangesti Aji, S.T

Cara - cara perawatan pada mesin las

Cara - cara perawatan pada mesin las - Dalam berbagai hal, tentu kita tidak ingin device atau peralatan kita mengalami kendala, rusak bahkan hingga harus mengeluarkan biaya untuk membeli penggantinya lagi. Tak terkecuali pada Mesin Las, mesin Las seperti kita tahu sangat di perlukan untuk proyek – proyek yang melibatkan material berupa besi, allumunium dan lainnya yang perlu di sambungkan, mulai dari proyek rumahan sampai industri.

 Mesin Las Listrik bisa bekerja dengan optimal sesuai fungsinya jika mesin tersebut selalu dalam kondisi yang baik ketika akan digunakan untuk bekerja. Dikatakan baik dan bagus adalah jika setiap bagian dari mesin Las tersebut berfungsi dengan baik, seperti pendingin yang mempunyai fungsi sangat penting dalam menjaga performa mesin, karena jika mesin dalam keadaan suhu panas akan meningkatkan resiko kerusakan pada komponen. Perawatan dan juga perbaikan dapat menjaga performa mesin apapun. Kita harus selalu ingat akan perawatan mesin, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:
Sangatlah di anjurkan untuk selalu membaca serta mengikuti buku panduan setiap kita membeli mesin Las, atau jika masih ragu, dapat menghubungi langsung tempat anda membeli mesin las tersebut, karena ini sangat penting untuk memilih tempat yang tepat dalam membeli mesin Las yang mempunyai After Sales yang jelas dan bagus.

Namun Jika anda sudah mempunyai mesin Las, berikut adalah beberapa tips dan trick untuk merawat mesin las listrik :
  1. Memperhatikan sirkulasi udara yang dihasilkan oleh kipas Pendingin adalah hal yang sangat penting, bayangkan saja jika sirkulasi udara tidak baik atau bahkan kipas tidak berfungsi, mesin Las akan mengalami Panas berlebih dan akan mengakibatkan kerusakan karena sirkulasi / pendingin yang dihasilkan dari kipas tidak bekerja.
  2. Kebersihan, hal ini yang sering lalai dan sering disepelekan. Padahal sangatlah penting, karena mesin Las sangat erat dengan pengerjaan dengan Besi, serbuk dari Besi atau debu bisa saja masuk ke dalam mesin dan bisa mengakibatkan Hubungan arus pendek atau yang biasa kita sebut korsleting.
  3. Cairan atau benda cair, karena ini adalah mesin yang berisi komponen dan juga dialiri listrik.Maka sangat penting untuk menjaga agar cairan tidak masuk ke dalam dan merusak komponen mesin.
  4. Listrik yang stabil, hal ini berkaitan dengan regulator yang ada didalam mesin las, usia regulator pada mesin las dapat di pengaruhi oleh ke stabilan sumber daya listriknya. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan sumber daya listrik yang stabil agar lebih awet dan juga tidak mengganggu pekerjaan kita ketika melakukan pengelasan.
  5. Selalu gunakan kawat elektroda yang tepat, sesuai dengan kemampuan dan juga spesifikasi mesin las yang kita miliki.
  6. Untuk ujung selang Nozzle, harus diganti secara berkala, karena ujung Nozzle juga menentukan hasil Las yang baik. Dan bukan hanya ujung selang yang perlu diperhatikan dan di ganti, namun beberapa part mesin las juga harus di check.
  7. Lakukan pengecekan secara berkala, di bantu dengan orang yang ahli. Ada baiknya anda menghubungi tekhnisi dari tempat anda membeli mesin las, tidak merepotkan jika tempat anda membeli bisa membantu anda Via telepon, Video Call atau bahkan bisa ke lokasi anda.
Demikian beberapa Langkah diatas adalah cara yang paling sederhana yang dapat kita lakukan, setidaknya untuk menjaga mesin kita tetap berfungsi dengan baik dan optimal.


Related Articles