Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara Kerja Metal Detector Walk-Trough

Editor: Rio
Cara Kerja Metal Detector Walk-Trough
Metal detector adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi logam tersembunyi pada benda atau permukaan tertentu. Prinsip kerja metal detector didasarkan pada interferensi gelombang elektromagnetik. Metal detector walk-through adalah jenis metal detector yang dirancang untuk digunakan dalam keamanan di area publik, seperti bandara, gedung-gedung pemerintah, pusat perbelanjaan dan area vital negara. Cara kerja metal detector walk-through hampir sama dengan metal detector portabel, namun ada beberapa perbedaan dalam desain dan fungsinya. Berikut adalah cara kerja metal detector walk-through secara umum:

Ketika pengguna melewati gerbang metal detector, kumparan di dalam gerbang akan menghasilkan medan magnet yang kuat. Kumparan atau coil merupakan part yang terbuat dari kawat tembaga dan di hubungkan arus listrik, maka terbentuklah medan magnet yang keluar dari kumparan. Medan magnet ini akan bereaksi dengan logam yang melewatinya.

Ketika medan magnet bertemu dengan logam, maka akan terjadi interferensi gelombang elektromagnetik dan menghasilkan sinyal listrik. Hal ini menyebabkan perubahan frekuensi medan magnet dan menghasilkan sinyal listrik ke pengontrol. Jika pengontrol mendeteksi adanya sinyal yang menunjukkan keberadaan logam, maka alarm akan berbunyi. Pengontrol kemudian memproses sinyal listrik dari kumparan untuk mengidentifikasi apakah logam yang terdeteksi adalah benda asing atau bukan.

Pengguna yang memicu alarm akan diminta untuk melepaskan benda-benda logam yang mungkin dimilikinya, seperti kunci, jam tangan, dan cincin. Jika logam yang terdeteksi dianggap sebagai benda asing, maka metal detector akan memberikan tanda suara atau visual, seperti lampu indikator, untuk memberitahu pengguna bahwa logam telah terdeteksi.

Pada dasarnya, prinsip kerja metal detector walk-through sama dengan metal detector portabel. Namun, metal detector walk-through dapat mengidentifikasi lebih banyak logam pada satu waktu dan dapat digunakan untuk memeriksa pengunjung secara massal. Karena itu, metal detector walk-through sangat penting untuk memastikan keamanan di berbagai tempat umum.

PT. Indotara Persada sebagai distributor tunggal Metal Detector Walk-Trough dan Metal Detector Handheld brand ternama Gervix.
Metal Detector Gervix memiliki keunggulan di antara nya :

Dapat mendeteksi 6 area dengan indicator lampu led yang terang
Sensivitas level yang dapat di setel sampai dengan 225 level
Alarm suara yang dapat di setel juga menyesuaikan 6 area indikator lampu
Otoritas proteksi password system operasi
Penghitung otomatis jumlah pengunjung yang masuk berikut notifikasi
Juga aman bagi pengguna medis pacu jantung dan ibu hamil
Tentunya Metal Detector dari Gervix juga mudah untuk di Installasi

Klien pengguna produk Gervix meliput dari segi bisnis area seperti bandara, gedung-gedung pemerintah, pusat perbelanjaan dan juga area vital  seperti pertambangan minyak dan gas.