Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA MEMILIH GENSET YANG HANDAL

Banner-Iwata-di-Product

Generator set menerapkan hukum Faraday sebagai prinsip kerja. Ketika magnet berputar pada kumparan, terjadi perubahan arah pada fluks magnet. Sehingga menyebabkan terjadi perbedaan potensial pada bagian ujung-ujung kumparan tersebut dan dari situlah listrik berasal. Seperti itulah prinsip kerja dari generator set. Mesin pembakaran baik berbahan bakar bensin ataupun diesel dapat melakukan perubahan ke dalam energi mekanik. Energi mekanik kemudian dikonversi menjadi daya listrik dengan bantuan generator. Sehingga generator set dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, yaitu mengalirkan arus atau daya listrik sebagai pasokan pada tempat atau daerah tertentu yang memang memerlukan listrik. Generator set sendiri diproduksi oleh industri berskala besar. Berbagai merk generator set pun bermunculan. Namun bukan kemudian menjadikan Anda bingung untuk memilih manakan Genset yang handal. Karena di bawah ini akan diberikan panduan cara memilih generator set yang handal untuk Anda.

1.    Menghitung Kebutuhan Listrik
Kebutuhan listrik adalah kebutuhan daya listrik untuk sebuah tempat. Jika Anda hendak memilih generator set untuk rumah, maka hitung kebutuhan listrik di rumah Anda. jika Anda hendak memilih generator set untuk industri, maka hitung kebutuhan listrik di industri tersebut. Sebagai contoh sederhana, Anda hendak memilih generator set untuk rumah. Di rumah Anda, terdapat lima buah lampu, sebuah lemari es, sebuah kipas angin, sebuah televisi, dan barang elektronik yang membutuhkan daya listrik harus Anda hitung. Guna mengetahui kapasitas generator set yang akan dipilih nanti. Perlu ditekankan, hitung kebutuhan listrik yang paling utama untuk dibebankan pada generator set ketika listrik di rumah padam. Jadi, Anda tidak menghitung seluruh barang elektronik yang ada.
2.
Pilih Daya Generator Set Lebih Besar 10% dari Total Kebutuhan Listrik
Setelah Anda mengetahui berapa total kebutuhan listrik, maka cara selanjutnya adalah memilih daya generator set. Pastikan Anda memilih daya generator set dengan beban lebih besar 10% dari total kebutuhan listrik yang telah Anda hitung. Hal ini guna mengantisipasi agar beban daya generator set sesuai dengan kebutuhan listrik di tempat Anda ketika listrik padam atau memang tidak ada aliran arus listrik sama sekali.
3.

 Pilih Tipe Generator Set yang Berkualitas

Ada baiknya Anda memilih tipe genset handal dan berkualitas. Pilihlah tipe open jika hendak meletakkannya di daerah terpencil atau seperti gudang. Pilihlah tipe silent jika hendak meletakkannya di daerah yang ramai.
4. Pilih Bahan Bakar yang digunakan pada Generator Set
Pilihlah Genset yang menggunakan bahan bakar bensin atau gas. Usahakan tidak memilih generator set yang menggunakan bahan bakar solar. Sebab seperti yang diketahui, bahan bakar solar saat ini semakin sulit untuk diperoleh. Jangan sampai Anda kesulitan untuk menghidupkan generator set hanya karena mesin penggerak listrik tersebut kehabisan bahan bakar.
5. Pastikan Spare part Mudah diperoleh
Tidak ada yang mengharapkan generator set rusak pada waktu yang cepat. Namun ketika salah satu komponen pada generator set rusak, yang diharapkan adalah Anda mudah untuk memperoleh spare part. Sehingga ketika ada kerusakan pada bagian spare part generator set, Anda tidak akan kesulitan mendapatkannya. Selain itu, ketika ada kendala pada generator set, maka Anda juga dapat meminta layanan pada pihak teknisi sesuai dengan merk generator set yang dibeli.
6. Pilih Generator Soundproof
Sebuah generator set yang handal adalah mesin penggerak listrik yang tidak bising ketika dinyalakan. Anda tentu sering mendengar suara mesin generator set yang menderu dan bising. Saat ini generator set telah dilengkapi dengan soundproof. Sehingga ketika mesin penggerak listrik dinyalakan, Anda tidak akan mendengar suara yang bising.

Setelah Anda memilih Genset yang handal, agar mesin penggerak listrik dapat tetap awet, maka perhatikan ini pula. Letakkanlah generator set di tempat khusus, aman, tidak diketahui orang terutama anak-anak. Letakkan generator set di tempat yang kering dan tidak basah jika turun hujan. Itulah cara memilih generator set yang handal dan harus Anda lakukan. Sebab tentunya Anda tidak ingin ketika memerlukan listrik, generator set tidak dapat berfungsi. Dengan panduan cara memilih generator set di atas, maka Anda dapat memilih generator set yang benar-benar berkualitas.

Iwata Banner Genset artikel.jpg

dummy product gensetIwata Genset Banner


Related Articles