Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA MENCEGAH BODY GENSET BERKARAT

karat genset artikel.jpgKorosi atau karatan merupakan sebuah hal yang sangat sering kita temui dalam berbagai benda yang ada di sekeliling kita, termasuk pada genset. Karatan bisa terjadi pada benda-benda yang mempunyai bahan utama seperti logam dan juga almunium seperti bahan yang ada di mesin genset. Karat merupakan sebuah reaksi logam dengan zat yang ada di sekitar logam tersebut, sebagai contoh air dan juga udara yang mengakibatkan senyawa yang baru timbul pada benda tersebut. Senyawa tersebut adalah zat yang berwarna coklat kemerah-merahan, bersifat pafat dan juga mudah untuk rapuh. Genset yang berkarat memang mempunyai resiko bahaya yang lebih besar. Karena sifatnya yang rapuh tersebut akan membuat genset mengalami beberapa masalah. Di bawah ini merupakan cara mencegah genset agar tidak berkarat:

 

1.   Meletakkan dan menyimpan di tempat yang tidak lembab dan basah
Jika genset diletakkan di tempat yang lembab dan juga basah, akan memicu timbulnya korosi atau karat seiring berjalannya waktu. Karena bahan genset yang terbuat dari logam akan sangat riskan jika genset diletakkan di tempat yang lembab dan basah. Selain berkarat, usia genset juga tidak akan bertahan lama dari usia pemakaian genset seharusnya. Selain berkarat, meletakkan genset di tempat yang lembab dan juga basah juga akan berakibat yang sangat fatal, yaitu mampu untuk menimbulkan tegangan listrik yang tinggi.
2.
Menjaga kebersihan mesin
Menjaga kebersihan mesin genset Anda juga merupakan sebuah hal yang sangat penting dilakukan untuk mencegah genset menjadi berkarat. Tumpahan dari oli, bahan bakar, dan juga cipratan air bisa menimbulkan korosi pada mesin genset Anda, mengingat bahannya yang terbuat dari logam. Untuk mencegah genset menjadi berkarat, bersihkan dengan teratur semua bagian genset dan yang paling utama adalah bagian radiator genset.
3. Mengganti sparepart mesin
Jika sparepart mesin genset ini tidak diganti secara rutin, maka bisa jadi timbul karat pada sparepart lama yang di diamkan saja pada genset. Selain timbul karat, kerusakan pada bagian mesin yang lain bisa saja terjadi jika sparepart tidak diganti dengan rutin. Akibatnya, genset Anda tidak bisa untuk digunakan kembali karena sudah banyak mengalami kerusakan dan juga karat yang menempel pada bagian-bagian mesin genset.
4. Hindarkan terkena paparan langsung sinar matahari
Ada baiknya genset jangan terkena paparan langsung matahari, karena sinar matahari mampu untuk memudarkan warna dari mesin dan menimbulkan banyak karat di body genset itu sendiri.
5. Hindarkan terkena air hujan
Air hujan adalah salah satu hal yang memicu timbulnya karat pada benda yang mempunyai bahan utama logam termasuk genset. Hal ini bisa terjadi karena air hujan merupakan air yang mempunyai senyawa tajam untuk benda berbahan logam. Maka dari itu, ada baiknya Anda sebagai pengguna genset, meletakkan genset di tempat yang tidak terkena langsung air hujan.
6. Bahan bakar
Tanki bahan bakar genset merupakan bagian yang paling sering ditemui karat pada bagian dalamnya. Bahan bakar akan turun kualitasnya dan akan rusak seiring berjalannya waktu, untuk itu sangat penting menggunakan habis bahan bakar yang tersedia dalam tanki bahan bakar genset sebelum mesin rusak.

Di atas merupakan beberapa cara untuk menghindari body mesin genset dari karat. Karat yang ada pada mesin genset bisa membuat mesin mengalami kerusakan lebih dini. Karena karat mengikis bahan dari genset itu sendiri. Genset yang telah berkarat akan lebih rapuh dan ringkih, untuk itu sangat diperlukan perawatan yang sangat ekstra untuk genset agar usia pemakaiannya lebih panjang dan juga optimal. Kerusakan genset yang nantinya lebih parah juga tidak akan memakan biaya perbaikan yang sedikit, apalagi untuk genset yang sudah keropos karena karat.

Demikian artikel mengenai cara untuk mengindari body genset berkarat yang bisa dibagikan kepada Anda pengguna genset. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai informasi Anda mengenai perawatan sederhana mesin genset yang saat ini sedang menjadi kebutuhan banyak masyarakat, rumah sakit dan juga perkantoran yang membutuhkan pada saat listrik padam.

Iwata Banner Genset artikel.jpg

Iwata Genset Banner


Related Articles