Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

CARA MENGGANTI OLI GENSET

oli genset artikel.jpg

Oli genset adalah salah satu dari beberapa komponen genset yang membutuhkan penggantian secara berkala. Agar nantinyagenset tetap dapat digunakan dan mesin genset bisa bertahan lebih lama, idealnya oli dari mesin harus diganti secara berkala mulai dari setiap 20 jam atau 500 jam setelah beroperasi tergantung dari kapasitas daya yang dimiliki. Hal tersebut perlu dilakukan karena pemanfaatan oli sebagai pelumas mesin yang membawa dampak positif seperti:

1.    Mesin tidak akan cepat aus atau panas karena reaksi pembakaran yang terjadi sangat sempurna, terlebih ketika cairan oli benar-benar dikontrol secara berkala.
2.

Komponen yang ada didalam mesin tidak akan mudah lepas, berkarat, atau aus karena komponen tersebut akan dilumasi cairan yang membuat komponen mesin lebih tahan lama.
3.

Getaran keras yang ditimbulkan pada mesin genset tipe silent atau open bisa diminimalisir ketika oli mesin terpelihara dan diganti secara berkala.

Terkait beberapa manfaat oli diatas, jika Anda ingin menggantinya pastikan Anda sudah mengikuti prosedur keamanan seperti berikut:

1.   Mesin dalam keadaan mati
Pada saat Anda hendak mengisi oli pastikan mesin benar-benar dalam keadaan mati dan tidak ada alat yang dapat menyebabkan konsleting terpasang, agar keamanan saat penggantian oli lebih terjamin.
2. Tidak ada benda korosif di sekitar
Pada saat Anda akan memaasukkan cairan oli yang baru, pastikan tidak ada benad korosif ataupun karat di permukaan mesin yang akan mengkontaminasi oli. Karena hal tersebut dikhawatirkan akan menghambat kinerja oli mesin dalam meminimalisir pemanasan berlebih pada mesin.
3. Area sekitar mesin steril
Ketika Anda berniat mengisi oli pada mesin genset, pastikan area di sekitar tempat pengisian oli steril dalam artian tidak ada benda atau debu yang tercecer, serta pastikan lantai dekat genset tidak dalam keadaan licin agar tidak mengganggu proses pengisian. Agar Anda tidak merasa pusing atau tercekik dengan bau oli, ada baiknya Anda menggunakan masker atau sarung tangan saat pengisian.
4. Oli yang digunakan satu jenis
Satu hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan oli sebagai pelumas genset adalah oli yang diisikan sebelum dan sesudahnya harus sama atau dengan kata lain hanya menggunakan satu jenis oli mesin saja. Jangan coba menggantinya dengan merek baru apalagi mencampur (mengoplos) oli, karena hal tersebut dikhawatirkan akan merusak kestabilan tekanan yang dihasilkan cairan oli saat melumasi komponen mesin. Oleh karena itu, saat Anda membeli sebuah mesin genset jangan lupa tanyakan pada pihak penjual oli apa yang umumnya digunakan sebagai pelumas.
5. Perlengkapan pengganti oli lengkap
Ketika Anda ingin meminta teknisi untuk mengganti oli, pastikan alat yang tersedia untuk prosedur penggantian oli lengkap, mulai dari wadah untuk oli kotor, corong pengsi dengan filter, koran bekas, dan kunci untuk membuka genset. Berikut adalah beberapa prosedur pengisian oli baru pada genset secara umum.
a. 
 
Buka seal oli dan periksa seberapa dalam oli harus diganti atau ditambahkan, kemudian pastikan bahwa oli yang akan Anda masukkan nantinya tidak menetes keluar atau mencemari lantai dengan menggunakan corong berfilter.
b.
Buka seal bagian bawah dan biarkan oli bekas keluar dari saluran pembuangan. Setelah selesai tiriskan dan diamkan selama 5 menit untuk memastikan tidak ada oli bekas yang tersisa didalam genset.
c.
Kencangkan kembali semua mur pengunci bagian bawah dan tuangkan oli yang baru di bagian atas dan pastikan oli yang dimasukkan tidak melebihi batas seal penuh.
Terkait oli mesin, setelah Anda mengetahui prosedur pengisian, agar kinerja oli mesin berjalan sempurna Anda juga harus menyeimbangkan perawatan oli dengan perawatan komponen lain seperti:
a.
Komponen pendingin yaitu dengan cara mengontrol air coolant yang ditambah sehari sekali segera setelah digunakan. Agar nantinya kinerja mesin tetap berjalan optimal tanpa hambatan.
b.

Komponen pemanas, yaitu dengan cara mengontrol apakah asap atau buangan yang dihasilkan sesuai dengan standar buangan genset pada umumnya. Jika terasa ada masalah, tak ada salahnya Anda mengkomunikasikan kerusakan dengan orang yang lebih ahli atau langsung menanganinya sendiri.

Stay Connected

Instagram Instagram pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : -

Editor : Ipin

 

Chat Whatsapp
 

Iwata Banner Genset artikel.jpg

dummy product gensetIwata Genset Banner


Related Articles