Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN UPS SECARA BERKALA

PEMELIHARAAN BERKALA UPS (Uninterruptible Power Supply)

CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN UPS - UPS adalah singkatan dari Uninterruptible Power Supply. UPS merupakan suatu perangkat elektronik yang berfungsi sebagai back up daya sementara. Didalam UPS terdapat komponen-komponen yang bersifat habis pakai atau consumable yang memerlukan penggantian dan pemeliharaan secara berkala. Beberapa komponen tersebut diantaranya battery, kapasitor dan kipas. Saat ini penggunaan UPS sudah sering kita temukan. Mulai dari perumahan hingga skala industrial besar sudah menggunakan UPS untuk mengamankan perangkat elektronik dari gangguan listrik. Namun pernahkah anda berfikir tentang bagaimana cara membersihkan dan merawat UPS dengan benar?
Sering kali, masyarakat awam melakukan perawatan dan membersihkan ups dengan cara yang salah. Berikut kita bahas cara  merawat dan membersihkan UPS secara berkala.

CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN UPS

1. PERAWATAN UPS SECARA BERKALA

Secanggih apapun dengan merk terkenal sekalipun UPS (Uninterruptible Power Supply) tersebut jika tidak dilakukan pemeliharaan pasti akan mengalami kerusakan mulai dari yang ringan hingga kerusakan yang fatal. Pada masa garansi tentu tidak jadi masalah jika kerusakan yang terjadi masih menjadi tanggungan dealer resmi UPS (Uninterruptible Power Supply). Beberapa dealer resmi yang kompeten akan memberikan penjelasan sebelumnya mengenai garansi apa saja yang diberikan jika UPS (Uninterruptible Power Supply) mengalami masalah serta jaminan layanan purna jual yang menjamin ketersediaan suku cadang dan memiliki teknisi yang handal dalam melakukan perbaikan sehingga pembeli/customer tidak perlu merasa khawatir jika terjadi masalah pada UPS (Uninterruptible Power Supply) setelah pemakaian bertahun tahun.

Baca Juga : BACK UP LISTRIK MENGGUNAKAN UPS
KEAMANAN KOMPUTER DAN SERVER
UPS (UNINTERRUPTABLE POWER SUPPLY) RACKMOUNT

Namun alangkah baiknya jika kita sebagai pengguna UPS (Uninterruptible Power Supply) yang telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli UPS tersebut melakukan pemeliharaan secara berkala untuk menjaga performa UPS (Uninterruptible Power Supply) tetap handal dalam menjaga aset-aset kita yang bisa jadi harganya melebihi harga UPS (Uninterruptible Power Supply) tersebut.

Sebagai contoh, battery memiliki masa pakai 3-5 tahun dengan pemakaian normal. Selama pemakaian jika tidak dilakukan pengecekan minimal 4 sampai 6 bulan sekali bisa jadi kita tidak tahu apakah battery battery tersebut masih cukup voltase nya atau tidak. Karena pada prakteknya tidak ada yang tahu pasti senormal apakah pemakaian battery pada UPS (Uninterruptible Power Supply). Jika dilakukan pengecekan dan pemeliharaan secara berkala bisa menghindari kerusakan battery. Ingat, satu unit battery yang rusak atau bermasalah jika di diamkan karena tidak pernah dilakukan pengecekan akan menyebabkan seluruh rangkaian battery lama kelamaan bermasalah yang mengharuskan kita mengganti satu set battery bukan hanya satu unit. Bahkan bisa mengakibatkan beberapa komponen atau part-part yang ada didalam UPS (Uninterruptible Power Supply) mengalami kegagalan atau eror karena tidak mendapatkan suplai voltase yang cukup.

Selain battery, kapasitor, dan komponen lainnya yang ada di dalam UPS (Uninterruptible Power Supply) memerlukan penggantian.

Key Components Life Expectancy Recomended Replacement Time Recomended Check Period
AC Capacitor ≥7 Years (-62,000hr) 5-6 Years 6 Months
Electrolytic Capacitor ≥7 Years (-62,000hr) 5-6 Years 1 Year
Fan ≥7 Years (-62,000hr) 5-6 Years 1 Year
Air Filter 1-3 Years 1-2 Years 3 Months
Valve-regulated lead-acid battery (5 years of life) 5 Years 3-4 Years 6 Months
Valve-regulated lead-acid battery (10 years of life) 10 Years 6-8 Years 6 Months
Komponen-komponen di dalam UPS yang harus dilakukan pemeliharaan dan penggantian berkala

2. MEMBERSIHKAN UPS SECARA BERKALA

1. Vaccum Cleaner
Cara yang paling baik untuk membersihkan UPS yaitu dengan menggunakan vaccum cleaner. Umumnya, ups yang tidak dibersihkan akan mengalami penumpukan debu. Untuk menghindari kerusakan komponen didalam UPS, penggunaan Vaccum Cleaner sangat dianjurkan. Selain lebih effisien hingga ke sela - sela komponen, hasilnya akan lebih bersih dan terawat.


2. Kemoceng atau sikat


Penggunaan kemoceng atau sikat cukup efektif untuk membersihkan debu yang menumpuk pada ventilasi dan didalam UPS. Penggunaan kemoceng dapat menjangkau celah - celah pada papan board UPS sehingga tingkat kebersihannya cukup tinggi. Sikat juga dapat membersihkan kotoran - kotoran yang melekat pada UPS. Namun perlu diperhatikan, penggunaan sikat harus dilakukan secara hati - hati dan sikat yang digunakan harus berbahan halus karena bisa merusak komponen electrical UPS.


3. Kain


Penggunaan kain untuk membersihkan UPS cukup mudah. Selain peralatan yang dibutuhkan cukup minimalis, bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun penggunaan kain tidak bisa menjangkau celah - celah yang sempit. Oleh karena itu, penggunaan kain hanya efektif dibagian yang mudah dibersihkan. Penggunaan kain untuk membersihkan area yang berdebu juga sedikit menyulitkan karena debu akan menempel pada kain.

Pembersihan UPS wajib dilakukan jika unit dirasa sudah kotor. Kebersihan pada UPS akan meningkatkan umur UPS itu sendiri. Oleh karena itu, kebersihan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan dalam perawatan UPS.

Sebelum membeli UPS (Uninterruptible Power Supply) pastikan anda mendapatkan jaminan mengenai garansi dan layanan purna jual yang bisa melakukan pemeliharaan berkala bagi UPS (Uninterruptible Power Supply) anda. Jika pembelian melalui toko atau reseller pastikan anda mendapatkan kartu garansi yang mencantumkan dealer resmi yang jelas agar bisa anda hubungi jika ada masalah pada UPS (Uninterruptible Power Supply).

Indotara merupakan vendor UPS Arakawa di Indonesia menyediakan berbagai kebutuhan UPS. Mulai dari tipe tower berkapasitas kecil hingga berukuran besar untuk skala Industri, UPS rackmount juga tersedia di Indotara. Arakawa merupakan UPS berkualitas tinggi dengan penanganan full dari Indotara dari segi distribusi dan service menjamin kepuasan costumer. Tunggu apa lagi? Hubungi Indotara Persada untuk kebutuhan UPS anda

banner percayakan indotara

Penulis: STEFANUS & ALEX
Editor : IQBAL
Banner parent Artikel Arakawa
Banner List Product Arakawa


Related Articles