Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA PERAWATAN RADIATOR GENSET

radiator genset artikel.jpgGenset yang merupakan singkatan dari generator set merupakan jenis alat elektronik yang biasanya digunakan untuk menciptakan daya listrik pada rumah atau pertokoan. Tidak hanya rumah yang berada di kota saja yang menggunakannya, Genset juga sangat berguna bagi para masyarakat yang berada di pedesaan terpencil yang dalam kehidupannya belum tersentuh oleh listrik, padahal listrik adalah kebutuhan yang mutlak pada zaman sekarang ini. Mengingat biasanya Genset itu berharga mahal maka dari itu Anda harus tahu cara perawatan Genset yang benar sehingga Genset yang Anda miliki bisa digunakan dalam waktu yang lama. Tanpa adanya perawatan Genset yang benar tentunya Genset yang Anda miliki akan cepat rusak dan akhirnya Anda perlu membeli Genset yang baru. Padahal dari waktu ke waktu, harga semakin mahal sehingga tentunya harga Genset pun juga semakin lama semakin mahal  sesuai dengan zaman. Sayangnya sering kali listrik dari PLN pun terputus sehingga menyebabkan Anda harus bertahan selama beberapa jam tanpa adanya pasokan listrik, nah pada saat itulah Genset menjadi sangat berguna. Untuk melakukan perawatan Genset yang benar, maka ada beberapa cara di bawah ini yang bisa Anda terapkan pada Genset Anda:

Simpan Genset Di Tempat Kering

Genset adalah alat yang sensitif, Genset tidak bisa diletakkan di sembarang tempat. Anda harus menaruh genset di tempat khusus sehingga Genset bisa aman dan terawat. Cara perawatan Genset yang satu ini mutlak dilakukan jika Anda ingin Genset yang Anda miliki bisa awet digunakan. Hal ini karena Genset merupakan alat yang digunakan untuk menciptakan daya listrik maka dari itu, tentunya genset sama sekali tidak boleh terkena sinar matahari apalagi sampai terkena air, karena hal itu bisa memicu datangnya listrik atau bahkan api yang bisa membahayakan bagi orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu Anda harus membuat tempat khusus untuk Genset sehingga genset bisa terhindar dari berbagai hal dan tetap bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Bersihkan Dengan Rutin

Kebersihan juga bisa menjadi faktor yang sangat menentukan pada saat Anda sedang melakukan perawatan Genset. Setiap bagian pada genset, entah itu pada bagian radiatornya maupun semua bagian secara merata harus terhindar dari kotoran yang bisa menempel di genset. Entah itu kotoran dalam bentuk debu atau bekas minyak yang menempel pada bagian radiatornya. Dengan Genset yang bersih maka genset bisa terus digunakan dalam waktu yang lama tanpa adanya ancaman kerusakan yang bisa mengancam pada saat Anda tidak melakukan perawatan Genset dengan benar. Anda tentunya tidak ingin mengeluarkan kocek yang lebih dalam untuk biaya perbaikan atau bahkan untuk biaya pembelian Genset yang baru bukan? Akan sangat disayangkan jika Genset berkualitas justru cepat rusak karena Anda tidak tahu cara perawatan Genset yang benar.

Periksa Spare Partnya

Ada kalanya spare part yang berada di dalam Genset menjadi rusak karena sudah terlalu lama digunakan maka dari itu Anda harus sering memeriksa bagian spare part yang berada di dalamnya sehingga Anda tahu bagaimana keadaan spare part yang ada di dalamnya. Jika Anda tidak memeriksa dalam waktu yang lama dan ada spare part yang ternyata rusak maka lama kelamaan fungsi bagian yang lain bisa menjadi ikut rusak secara total sehingga akhirnya Genset tidak bisa digunakan sepenuhnya. Jika hal demikian yang terjadi tentunya menjadi masalah yang berat bagi Anda sebagai pemilik Genset yang tidak tahu bagaimana cara perawatan genset yang benar sehingga akhirnya keseluruhan Genset menjadi rusak total. Jika Anda menemukan bagian spare part Genset yang rusak maka segeralah diganti agar tidak makin merusak keseluruhan Genset.

Berikan Ruang Udara Yang Cukup

Gas pembuangan dari proses pembuatan daya listrik yang dilakukan oleh Genset akan dibuang keluar oleh Genset maka dari itu Anda harus senantiasa memberikan ruang yang cukup pada Genset. Jangan sampai Genset itu berada di dalam ruangan tertutup, selain bisa mengganggu kualitas udara di sekitar ruangan juga bisa membuat Genset menjadi cepat panas dan akhirnya rusak. Karena hal itulah yang menyebabkan Genset tidak tahan lama, maka dalam cara perawatan Genset, Anda harus beri ruang yang cukup untuk Genset agar di sekitarnya memiliki udara yang bagus dan bebas dari polusi.

dummy product gensetIwata Genset Banner


Related Articles