Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA TEPAT MERAWAT GENSET

CARA TEPAT MERAWAT GENSET IWATA

Genset atau Generator Set merupakan seperangkat generator dan engine yang dapat menghasilkan daya listrik, sehingga genset digunakan sebagai salah satu pembangkit listrik terutama pada saat terjadi pemadaman listrik dari PLN. Penggunaan genset tidak terbatas pada perusahaan atau pabrik besar saja, namun digunakan juga dalam semua aspek seperti rumah sakit, perhotelan, pertokoan, dan lainnya. Bahkan banyak yang menggunakan genset untuk pemakaian pribadi di rumah,  tentunya dengan daya listrik yang lebih kecil. Penggunaan genset sudah tidak asing lagi di telinga semua kalangan, namun tidak semua pengguna genset mengetahui cara yang tepat untuk merawat genset.

Berikut cara perawatan genset yang tepat, agar genset tetap prima saat digunakan :

1.

 
Pastikan oli terisi sesuai kapasitasnya, tidak kurang dan juga tidak melebihi batas  kapasitasnya. Apabila jumlah oli dalam mesin berkurang segera isi dengan oli yang sesuai dengan tipe genset tersebut, misal genset gasoline menggunakan oli SAE20W-50, sedangkan genset diasel menggunakan oli SAE15W-40.
2.
 
Pastikan tanki terisi bahan bakar sesuai kapasitasnya dan tipenya. Seperti genset gasoline menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan tipe diesel menggunakan bahan bakar berjenis solar.
3.
 
Periksalah air radiator, pastikan air radiator tidak dalam kondisi kosong karena apabila kondisi air radiator dibiarkan kosong akan mengakibatkan mesin menjadi panas. Sehingga dapat memperpendek usia genset.
4.
 
Pastikan kondisi kabel dalam kondisi baik dan layak pakai, sehingga tidak ada bagian kabel yang terkelupas. Selain itu cek dan pastikan setiap kabel terpasang dengan baik agar tidak terjadi hubungan arus pendek.
5. Lakukan pemanasan mesin secara berkala setiap 1 atau 2 minggu sekali, agar genset tetap prima saat digunakan.
6.

 
Cek pada bagian hours meter, untuk pemakaian pertama kali, apabila hours meter menunjukan angka 200h maka gantilah oli sesuai dengan tipenya. Begitu pula untuk pergantian oli berikutnya, cek dan gantilah secara berkala setiap 100h.
7.


  
Lakukan service berkala sesuai dengan waktu yang ditentukan dalam buku service genset IWATA . Apabila Anda membeli genset di PT. INDOTARA PERSADA, maka kami menjamin ketersediaan spare part dan kualitas teknisi yang tidak perlu diragukan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila terjadi masalah pada genset Anda, karna kami menjamin 100 % layanan after sales.

Dengan melakukan perawatan secara berkala tersebut diatas, maka Anda dapat mengantisipasi lebih dini apabila terjadi kerusakan pada genset Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila terjadi pemadaman listrik, karena genset Anda tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapanpun saat dibutuhkan.

Untuk itu gunakan genset yang memiliki kualitas after sales dan garansi yang baik, sehingga Anda tidak kebingungan pada saat terjadi pemadaman listrik yang dapat menghambat kelancaran bisnis maupun aktivitas Anda. Genset IWATA dan FALCON adalah genset terbaik untuk Anda.


Penulis : Agus Setiawan
Editor : Takiyudin


Genset Iwata 3

dummy product genset iwata


Related Articles