Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Ciri-ciri UPS Yang Tidak Layak Dipakai

Posted Date, 25 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Robby, S.M

Ciri-ciri UPS Yang Tidak Layak Dipakai

Ciri-ciri UPS Yang Tidak Layak Dipakai - Saat membeli sebuah UPS, tentu saja kita mengharapakan bahwa perangkat UPS tersebut bisa meng back up daya listrik bagi perangkat yang tersambung ke alat  electronic tersebut. Namun bagaimana bila alat yang kita sebut dengan UPS ini tidak mengbackup daya Ketika sedang dibutuhkan? Apakah terjadi kerusakan pada UPS? Atau sudah waktunya mengganti Perangkat UPS anda dengan Unit yang baru?

Untuk UPS sendiri itu punya bererapa komponen yang membangun UPS supaya bisa mengbackup daya . komponen - komponen tersebut adalah inverter, transfer switch, baterai, reiciever  dan charger. Bila terjadi kerusakan diantara komponen tersebut. UPS bisa error bahkan tidak bisa digunakan lagi

Lalu apa ciri -  ciri UPS atau component yang harus diganti dengan yang terbaru?

UPS Berbunyi terus menerus
UPS yang normal biasanya hanya berbunyi apabila terjadi pemutusan aliran listrik. Namun bila bunyi tersebut terus bekelanjutan berbunyi ketika peralatan akan dinyalakan, maka dipastikan ada kegagalan atau error pada sistem UPS. Untuk mengatasi hal ini, cukup restart perangkat dengan melepaskan kabel power dan melepaskan baterainya, lalu pasang kembali dan hidupkan tanpa baterai selama beberapa waktu. Setelah itu, pasang kembali kabel power dan hidupkan UPS kembali beserta baterai yanng tadinya dilepas. Bila kejadian ini terus berlangsung ada baiknya untuk segera menganti unit anda dengan unit yang terbaru darippada terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baterai UPS menggelembung
Ketika kita menerima produk UPS, pastikan bahwa produk tersebut dalam keadaan yang baru dan belum dipakai dalam jangka yang Panjang, karena bila unit yang kita dapatkankan merupakan unit yang bertolak belakang dari penyataan tersebut sudah bisa dipastkan bahaw peforma dari unit UPS tersebut tidak akan maksimal.

Hal ini bisa juga berfaktor dari baterai yang menggelembung di dalam UPS atau di luar UPS yang mengakibatkan berkurangnya backuptime UPS dan merusak mesin didalamnya. Ketika hal ini terjadi yang harus dilakukan adalah segera melakukan pergantian baterai. Karena bila terjadi masalahtersebut, UPS bisa Overcharging adan bisa merusak UPS secara keseluruhan.


Baca Juga:


UPS tidak menyala ketika listrik padam
bila UPS tidak menyala pada saat listrik padam mungkin  ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Yang pertama adalah baterai yang digunakan sudah tidak bisa lagi mampung daya dan yang kedua itu komponen detector dari UPS tersebut tidak menyadari adanya pemadaman. Sehingga inverter tidak bekerja dan UPS tidak mengbackup daya tersebut.

Baterai sudah tetapi tetap tidak bisa Menyala
Bila sudah melakukan penggantian baterai namun tidak ada arus listrik yang terdeteksi, kemungkinan besar permasalahan ada di komponen blok inverter. jika sempat bisa menyala namun beberapa waktu kemudian sudah tidak bisa dipakai kembali, berarti ada yang bermasalah pada blok charger.

Body UPS Panas atau Menyetrum
UPS yang normal, biasanya berada dalam suhu yang hangat, mulai dari 0 hingga 40 derajat Celcius. Ketika Panas dari UPS diatas suhu tersebut itu berarti ada sesuatu yang salah pada UPS. Bisa jadi adanya penarikan daya yang terlalu besar yang diterima oleh UPS, bisa juga permasalahnya adanya kerusakan pada sparepart UPS. Bila menyetrum, maka diperkirakan ada kabel yang terpotong atau terkikis di dalam UPS atau bisa jadi belum adanya pemasangan kabel grounding.

Oleh karena itu, pentingnya merencanakan pemasangan UPS dengan baik sebelum melakukan eksekusi. Ada baiknya, konsultasikan rencana pemasangan UPS anda kepada penyedia UPS yang berpengalaman dan terpercaya . pastinya anda tidak ingin barang yang ada beli tidak terpakai dengan maksimal dan tidak sesuai dengan hal yang Anda bayangkan

Indotara Persada merupakan distributor UPS dengan Brand Arakawa yang sudah banyak di pakai, terpercaya dan berpengalaman di bidang UPS ini. Arakawa juga sudah berkontribusi di bidang UPS selama puluhan tahun dan juga indotara juga memiliki team instalasi yang sudah sangat profosional, bersertifikat resmi dan peralatan yang sangat lengkap. Indotara juga menyediakan fasilitas survey gratis dan memiliki garansi sampai 3 tahun full sparepart dan 1 tahun untuk garansi electrical.