Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

FUNGSI ATS PADA GENSET

Banner ATS Iwata

Genset sendiri terdiri dari panel-panel yang identik terhadap pengontrolan dan dirancang secara manual ataupun otomatis untuk generator listrik. Biasanya panel ini ada yang bersifat digital maupun konvensional. Sebenarnya panel-panel generator seti itu terbagi menjadi Panel ATS (Automatic Transfer Switch), Panel AMF (Automatic Main Failure) dan Panel Synchronizing Generator. Adapun masing-masing penjelasan tentang panel pada generator set di atas, adalah sebagai berikut :

1.  
Panel AMF (Automatic Main Failure)
Adalah panel listrik dengan fungsinya mengontrol sistem on atau off pada mesin generator dengan otomatis. Dimana bila listrik utama telah mengalami pemutusan pada sumber dayanya dengan begitu panel kontrol menyalakan mesin generator set dengan otomatis. Selain itu bila sumber listrik yang utama menyala lagi dengan begitu panel kontrol pun langsung otomatis mematikan mesin tersebut pula. Umumnya panel generator set yang satu ini dikombinasikan dengan panel pada generator set ATS, yang umumnya disebut juga dengan nama Panel ATS-AMF.
2. Panel Synchronizing Generator
Adalah panel yang satu ini termasuk panel listrik di rancang agar menggabungkan 2 maupun sumber listrik yang lebih dari generator, yakni melakukan paralel generator. Adapun fungsi dari melakukan paralel genset ini yaitu untuk memperoleh sumber dari daya listrik lebih besar terhadap jalur transmisi sama. Satu hal yang pasti mempunyai ketentuan yang wajib diterapkan berhubungan dengan urutan fasa, frekuensi dan tegangan efektif. Adapun panel generator set jenis ini umumnya dirancang demi mempunyai sumber listrik di atas 1 sumber.
3. Panel ATS (Automatic Transfer Switch) untuk genset sendiri
Adalah panel listrik dengan fungsi mengendalikan 2 sumber aliran listrik yang bisa ditangani secara otomatis dan aman tentunya. Panel genset ATS ini sebenarnya cocok bila di pakai di pabrik, kantor ataupun rumah yang menginginkan sistem keamanan ketika perpindahan sumber aliran listrik yang utama menuju sumber listrik secara alternatif.

Adapun 3 jenis dari panel kontrol tersebut adalah panel listrik di mana penggunaannya sangat erat dengan generator set, dengan begitu wajar jika disebut juga dengan panel generator set. Walaupun masih banyak sekali bermacam-macam panel lainnya, seperti panel listrik LVMDP, panel listrik lightening, panel kapasitor bank dan sebagainya.

Prinsip Kerja dan Fungsi Rangkaian Kontrol Panel ATS

Cara kerja dari rangkaian kontrol panel genset ATS, dalam kondisi suplay PLN atau utama yang bekerja biasanya kontraktor PLN. Di mana kontraktor PLN bekerja jika arus listrik akan mengalir lewat MCB PLN. Bila terjadi pemadaman secara otomatis oleh PLN maka rangkaian pun tak akan aktif,  rangkaian ini pun siap menunggu sampai listrik PLN menyala lagi, dengan begitu suplai generator set pun masuk kembali. Bila yang masuk merupakan listrik generator dengan begitu rangkaian secara otomatis melakukan suplai listrik pada generator menuju beban dengan otomatis lewat kontak NC Relay, Kontak NC kontraktor PLN, dan MCB GNS untuk dapat mengaktifkan kontraktor pada GNS.

Lalu, bila sumber listrik dari PLN menyala kembali, dengan begitu rangkaian pun secara otomatis akan memutus sumber aliran listrik pada generator, lewat pengaktifan bagian kotak relay. Di saat yang bersamaan, kontak pada NO Timer atau Normally Open Timer menunggu agar bisa terhubung sesuai pengaturan waktu. Dengan begitu mengalirkan sumber arus listrik menuju kontraktor PLN. Di mana lewat masuknya aliran listrik di PLN sehingga semua coil pun pada kondisi yang tidak aktif. Dengan begitu rangkaian aman serta boleh dirakit. Untuk merakit panel ATS ini memerlukan box panel, timer atau on delay, MCB, socket relay, socket timer, kabel, kabel ties, terminal konektor, kontraktor dan juga lampu indikator.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan di mana generator berperan begitu vital untuk menyediakan segala keperluan sumber daya secara alternatif. Panel-panel utama yang terdapat pada generator set memberikan fungsi yang berbeda-beda demi menunjang kinerja dari generator listrik itu sendiri. Seperti halnya fungsi dan prinsip kerja pada sistem kontrol panel ATS yang terdapat pada genset sebagai pengontrol sumber aliran listrik.


Stay Connected

Instagram Instagram pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : -

Editor : Ipin

 

Chat Whatsapp

Banner ATS Iwata

dummy product gensetIwata Genset Banner


Related Articles