Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Fungsi pemasangan UPS

Posted Date, 3 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Robby, S.M

Fungsi pemasangan UPS

Fungsi pemasangan UPS - Pernahkah anda mengalami situasi yang sangat menjengkelkan pada saat bekerja atau sedang mengerjakan tugas ataupun sedang menjalani hobi anda ? Biasanya kendala yang terjadi itu seperti pemadaman listrik tiba- tiba sehingga data yang sedang dikerjakan menjadi hilang, fokus terpecah, terganggunya aktifitas, aktifitas internet putus dan bahkan merusak peralatan anda.

Di dunia elektrikal pasti tidak asing dengan alat yang Bernama UPS. Ya, barang satu ini merupakan barang yang sangat penting bagi dunia kedokteran dan data scientist. Lalu apa itu UPS?

UPS atau yang kepanjangannya Uniterruptible Power Supply merupakan alat untuk menyimpan daya listrik dan akan berfungsi pada saat terjadi pemadaman listrik, sehingga barang yang dipasangkan UPS tidak akan langsung mati ketika terjadi pemadaman listrik.

Lalu untuk barang elektronik yang di pasangkan unit UPS ini akan terus menyala sesuai dengan back up time yang ada pada UPS. Pasti banyak yang bertanya juga apa itu back up time UPS? Back up time merupakan kesanggupan berapa lama UPS bisa mensuplai daya untuk barang electronic anda, untuk kebutuhannya pun bervariasi mulai dari 5 menit sampai ber jam- jam.

Kebutuhan back up time ini juga menjadi salah satu hal yang harus dipilih secara bijak oleh konsumen sehingga pemakaian UPS juga bisa lebih maksimal dan tidak merogoh uang yang sangat banyak mengingat  semakin besar back up time yang terpasang, semakin banyak juga uang yang dikeluarkan untuk membeli baterai dan mengganti baterai dikemudian hari sebagai maintenance. Umumnya pergantian baterai itu berkisar anatara 3-4 tahun untuk sebuah UPS.


Baca Juga:



Karena tujuan pemasangan UPS ini sendiri sangat beragam sesuai dengan kebutuhannya, umumnya UPS digunakan untuk alat- alat yang tidak boleh mati mendadak atau proses mematikan barang butuh prosedur yang seharusnya sehingga tidak merusak peralatan yang dipakai. Sebagai contoh Patient Monitor yang ada pada peralatan rumah sakit. Alat ini tidak boleh dimatikan secara mendadak karena alat ini digunakan untuk melihat rekaman detak jantung pasien. Dengan pemasangan UPS itu akan membantu mesin tetap menyala sembari pihak dari rumah sakit mensuplai listrik eksternal seperti menyalakan genset atau menunggu sampai daya listrik yang terpasang menyala Kembali.

Dalam pemasangan atau pembelian UPS yang harus diperhatikan adalah kapasitas daya yang terpasang dengan daya tampung dari UPS itu sendiri, umumnya daya tampung dari UPS harus lebih besar dari pada penarikan daya yang terpasang pada barang anda maksimal delapan puluh persen dari daya yang terpasang.
Oleh karena itu, pentingnya merencanakan pemasangan UPS dengan baik sebelum melakukan eksekusi. Ada baiknya, konsultasikan rencana pemasangan UPS anda kepada penyedia UPS yang berpengalaman dan terpercaya. Pastinya anda tidak ingin barang yang anda beli tidak terpakai denagn maksimal dan tidak sesuai dengan hal yang Anda bayangkan

Indotara Persada merupakan distributor UPS dengan brand Arakawa yang sudah banyak di pakai, terpercaya dan berpengalaman di kelasnya. Arakawa juga sudah berkontribusi di bidang UPS selama puluhan tahun dan juga Indotara juga memiliki team instalasi yang berpengelaman di bidangnya, bersertifikat resmi dan peralatan yang sangat lengkap. Indotara juga menyediakan fasilitas survey gratis dan memiliki garansi sampai 3 tahun full sparepart dan 1 tahun untuk garansi batterai.

Jadi, tunggu apa lagi ? Dapatkan produk bergaransi resmi dan terpercaya hanya di PT. Indotara Persada.