Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

GENSET BARU VS GENSET SECOND

genset baru vs second artikel.jpg

Sekarang ini bisa jadi genset termasuk kebutuhan penting yang harus dimiliki setiap pabrik atau rumah tangga untuk menjalankan aktivitas kelistrikan ketika pasokan listrik dari PLN padam secara mendadak. Namun jika dilihat dari segi dana, terkadang seseorang tidak akan mampu membeli genset baru karena mahalnya harga beli maupun ongkos kirimnya, oleh karena itu adakalanya pilihan pembelian akan jatuh pada genset bekas. Baik pembelian untuk genset baru ataupun bekas umumnya bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti:

Kenyamanan penggunaan

Ketika ada seseorang yang membeli produk genset, terkadang penilaian terhadap suatu merek akan diberikan berdasarkan kenyamanan pemakaian untuk jangka panjang. Hal yang dimaksud disini adalah ada kemungkinan seorang pemilik perusahaan akan lebih memilih menggunakan produk baru dibanding produk bekas, karena sejak awal sang pembeli tahu betul garansi, sistem operasional, hingga hal-hal detail lain tentang mesin yang pastinya akan membuat pemakai merasa lebih aman dan nyaman. Sedangkan untuk model bekas, karena terkadang tidak ada jaminan pemakaian dari konsumen yang lama, jika tidak hati-hati saat membeli, ada kemungkinan perbaikan yang dilakukan akan membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal dari pembelian dan hal tersebut tentu sangat membuat tidak nyaman.

Pembelajaran instalasi

Ketika Anda membeli sebuahmesin genset yang masih baru, tentunya Anda akan mendapatkan pembelajaran lebih lengkap sebagai pemilik awal tentang bagaimana prosedur perakitan hingga perawatan mesin. Hal ini tentu akan lebih membantu ketika Anda termasuk orang yang masih awam dengan genset. Berbeda dengan pembeli genset bekas yang pastinya adalah orang yang berpengalaman sehingga mampu menentukan sendiri mana genset yang baik dan berkualitas.

Kualitas

Ketika Anda membeli sebuah alat untuk menggantikan daya listrik PLN yang padam, umumnya kualitas barang akan menjadi pertimbangan utama yang dipikirkan. Oleh karena itu, membeli genset yang masih baru akan lebih dipilih dibanding mesin yang sudah bekas. Namun demikian, pembelian mesin genset bekas bukan berarti memilih mesin yang berkualitas rendah, karena adakalanya mesin pembangkit daya yang bersangkutan masih berfungsi dengan sangat baik. Namun pilihan apapun yang Anda terapkan untuk membeli sebuah genset.

Pikirkan hal-hal berikut sebelum pembelian agar nantinya Anda tidak merasa kecewa karena barang yang didapatkan tidak sesuai harapan.

1.  
Budget dana

Ketika Anda membeli genset,perhitungkan terlebih dahulu budget dana yang Anda butuhkan untuk membeli alat tersebut. terlebih ketika Anda harus membeli alat lebih dari satu unit. Prioritaskan perhitungan jumlah daya yang Anda butuhkan untuk lingkungan Anda sehingga nantinya Anda memiliki gambaran jenis genset yang ingin dibeli, apakah Anda ingin membeli yang bekas atau yang baru.
2.
Jenis alat

Ketika Anda ingin membeli alat pembangkit daya pengganti listrik PLN, perhatikan kebutuhan usaha Anda, apakah Anda harus membeli produk open atau silent baik baru maupun bekas. Sebagai contoh jika Anda hanya akan menggunakan untuk keperluan rumah tangga, membeli alat bekas yang masih berkualitas akan lebih baik dibanding membei produk baru yang jauh lebih mahal. Namun ketika Anda diminta melakukan transaksi pembelian genset sebuah perusahaan konveksi, mungkin akan lebih baik jika Anda membeli genset baru yang sejak awal Anda ketahui kondisi barangnya. Dengan demikian, Anda akan mendapat jaminan pemakaian alat bisa berlangsung untuk jangka waktu yang lama dan pastinya aman.
3. Lokasi pembelian

Ketika Anda membeli produk genset, perhatikan lokasi tempat Anda akan membeli produk tersebut. Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa Anda teliti terkait prosedur pembelian:
a.  
Model pelayanan

Ketika Anda mendapat informasi perusahaan penyediagenset, perhatikan pelayanan yang diberikan untuk menilai apakah perusahaan tersebut profesional di bidangnya attau tidak. Pelayanan perusahaan yang bersangkutan juga bisa dilihat dari tenaga teknisi yang mampu membantu Anda di kemudian hari saat mengalami kesulitan terkait genset.
b.
Jumlah pelanggan dan testimoni

Tak ada salahnya Anda bertanya berapa jumlah pelanggan yang puas dengan perusahaan bersangkutan, terlebih dengan sistem transaksi yang diterapkan, agar Anda mampu menilai perusahaan penyedia genset yang Anda tuju adalah perusahaan profesional.

Iwata Banner Genset artikel.jpg

dummy product gensetIwata Genset Banner


Related Articles