Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

GENSET HANDAL DAN MURAH

Iwata Genset Product Artikel.jpg

Genset merupakan salah satu solusi bagi bangunan anda sebagai cadangan listrik jika listrik dipadamkan. Namun banyak yang mengatakan bahwa harga genset sangat mahal sehingga banyak yang tidak menggunakan alternatif genset. Namun anda bisa memilih menggunakan genset yang telah digunakan atau genset bekas jika anda membutuhkan genset.

Memilih Genset Bekas yang murah

Jika anda memutuskan untuk menggunakan genset. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya adalah

1.   Lihat kebutuhan anda
Untuk membeli sebuah genset bekas lihat dahulu kebutuhan anda. Genset adalah alat untuk memenuhi kbutuhan listrik yang vital jika listrik padam, oleh karena itu untuk memilih genset yang sesuai lihat dahulu kebutuhan vital anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan daya yang anda butuhkan.
2.   Pilih jenisnya
Setelah anda mengetahui kebutuhan anda langkah selanjutnya adalah menentukan kebutuhan anda. Pada umumnya ada 3 jenis genset yang populer di Indonesia berdaarkan bahan bakarnya yaitu generator  portable, generator gas dan juga generator inverter. Generator portable biasanya generator yang menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan generator gas adalah jenis generator yang besar yang menggunakan gas alam, selain itu ada generator inverter yang disebut dengan generator set.
3. 
Kunjungi vendor genset bekas
Jika anda seseorang yang kurang paham mengenai permesinan mungkin anda akan bingung mencari lokasi yang  menjual genset bekas. Jika betul maka carilah informasi terlebih dahulu. Informasi yang paling lengkap mungkin anda bisa mencari lewat internet. Anda mungkin bisa menemukan penjual genset bekas dari situs situs penjualan atau pengiklanan gratis. Setelah itu anda harus mengecek sendiri dan datang ke penjual langsung. Sebelum mendatangi vendor barang bekas pahami dahulu kondisi kondisi vital dari genset jangan mulai penawaran atau pembelian jika anda belum mengetahui cirigenset yang baik dan yang tidak. Beberapa yang harus anda pahami adalah seputar brand, pabrik atau produsen, informasi minimal mengenai pengoperasian, lama waktu penggunaan sebelum dijual, kualitas garansi pembetulan atau penggantian, perbaikan yang telah dan mungkin dilakukan. Mengetahui brand populer untuk genset sangat penting agar nantinya tidak membeli kucing dalam karung.

Memilih genset baru yang murah

Jika anda kawatir untuk membeli genset yang sudah pernah dipergunakan, anda bisa memilih membeli genset yang baru tapi dengan harga yang lebih miring. Mungkin andabisa mendapatkan yang memiliki kualitas nomor 2 atau yang memiliki kualitas sama hanya dengan merk kurang terkenal. Jika anda memilih kualitas nomor 2 atau memilih merk yang kurang terkenal paling tidak anda harus memperhatikan beberapa step di bawah ini

1.   Pilih yang sesuai dengan kebutuhan
Jika anda memilih genset yang memiliki kualitas nomor 2 paling tidak anda harus memilih yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Lihat alat alat listrik yang anda gunakan dan kebutuhan listrik anda, carilah yang memiliki daya output sesuai dengan kebutuhan anda. Ingat gunakan genset hanya untuk backup alat alat yang vital yang anda perlukan saja,hindari penggunaan generator set untuk membackup semua peralatan listrik. Jika anda bisa membedakan kebutuhan yang penting dan kurang penting maka anda bisa memangkas daya yang anda butuhkan. Dengan memangkas daya yang dibutuhkan tentusaja anda bisa memilih genset dengan daya yang lebih kecil sehinggagenset yang anda butuhkan tidak terlalu mahal.
2.   Pilih bahan bakar yang murah dan mudah dicari
Jika anda ingin menghemat keperluan jangan hanya mencari genset yang murah tapi juga yang menggunakan bahan bakar yang murah. Genset dengan bahan bakar yang mahal akan membuat anda lebih banyak mengeluarkan uang untuk menghidupkannya. Selain bahan bakar murah carilah genset dengan bahan bakar yang mudah dicari, jika anda tidak bisa mencari bahan bakar genset anda, pembelian mesin anda akan menjadi sia sia.
3.   Pengoperasian
Jika genset akan anda pergunakan sendiri atau anda dengan kata lain anda tidak memiliki tenaga ahli untuk menggunakannya, anda harus mencari genset yang mudah dioperasikan agar lebih efektif dalam penggunaannya.

Seperti yang telah dijabarkan diatas untuk memilih genset anda tidak selalu harus memilih yang mahal, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Genset Iwata 3

Iwata Genset Banner