Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

GENSET INDONESIA

Tanpa disadari genset ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari – hari. Kebutuhan listrik dalam kehidupan sehari - hari sudah tidak bisa dipungkiri. Setiap smart phone atau gadget lain yang mulai kehabisan daya baterai, akan mencari stop kontak untuk mengisi ulang daya baterai pada gadget yang ada. Begitu juga dengan peralatan atau perlengkapan produksi di kantor, pabrik, maupun fasilitas umum lainnya. Semua sudah menggunakan listrik sebagai daya untuk melakukan aktivitas sehari - hari. Ketika perusahaan listrik pemerintah sedang mengalami gangguan, genset memiliki peran utama untuk mengambil alih daya yang dikeluarkan oleh listrik tadi. Kadang, pemadaman yang terjadi secara tiba – tiba juga akan sangat mengganggu. Maka, untuk menjaga daya supaya tetap ada pada suatu tempat dibutuhkan genset sebagai pengganti listrik.

Jenis – Jenis Genset

Genset juga memiliki jenis-jenis tertentu yang bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi yang ada. Jenis – jenis genset yang bisa ditemukan di  pasaran adalah sebagai berikut :

genset diesel1.Genset Diesel

Genset jenis ini juga sering dikatakan memiliki fungsi sebagai mesin pembangkit listrik. Genset ini digunakan oleh banyak jenis kalangan orang. Karena genset ini juga diakui dapat memiliki daya atau kapasitas yang cukup besar. Genset ini bekerja dengan prinsip kombinasi yang ada pada sebuah generator listrik dan mesin pembakaran diesel. Genset diesel ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan genset jenis lain. Genset ini memiliki cadangan yang mampu tahan lebih lama dibandingkan generator lainnya. Selain itu, genset diesel bisa dipakai untuk menyediakan pasokan listrik di tempat – tempat non industri seperti kantor atau tempat kerja. Genset diesel ini juga memiliki kelemahan yang bisa mengganggu seperti suara mesinnya yang bising. Kemudian, genset diesel ini memiliki mesin yang sangat besar. Hal ini menyebabkannya menjadi berat.


genset diesel2.Genset Portable

Genset ini yang biasa digunakan untuk aktivitas outdoor. Genset jenis ini biasanya digunakan untuk kegiatan seperti perkemahan ataupun konser musik di mana daerah – daerah tersebut memiliki kebutuhan akan energi listrik yang besar. Manfaat genset portable ini adalah ramah lingkungan, genset ini tidak akan mengeluarkan asap beracun. Kemudian, genset ini juga memiliki bentuk yang ringan sehingga mudah untuk dipindahkan dan menjadikannya fleksibel. Genset ini juga mudah untuk diisi ulang dan tidak menimbulkan suara yang bising. Selain itu, genset ini juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan tambahan.


genset solar3.Genset Solar

Genset solar ini bisa ditempatkan di atas rumah yang juga bisa ditambahkan dengan panel solar. Genset solar ini membantu pengoperasian peralatan maupun perlengkapan yang memerlukan daya listrik yang tinggi. Penggunaan genset ini juga bisa digunakan pada sistem Air Conditioner. Genset solar ini juga bisa digunakan sebagai daya listrik cadangan pada ruangan outdoor seperti konser musik, pameran dan lain – lain. Genset ini bisa mengeluarkan karbon dioksida, maka sebaiknya penempatan genset ini diletakkan di luar ruangan. Genset solar ini juga bisa berfungsi dengan baik apabila sering dibersihkan.


Genset Urine4.Genset Urin

Genset jenis ini merupakan penemuan genset jenis baru. Para pelajar asal Negara Afrika sejumlah 4 orang telah melakukan penelitian dengan menggunakan 1 liter air urin. Dari percobaan yang mereka lakukan tersebut ternyata telah berhasil membuat sebuah genset menyala dan mampu memberikan daya listrik selama kurang lebih 6 jam.


genset diesel5.Genset Gas

Seperti namanya, bahan bakar yang digunakan untuk jenis genset ini adalah gas. Gas yang menjadi bahan bakar untuk diolah menjadi tenaga listrik ini adalah hasil dari gas bumi yang biasa diolah sebagai LPG atau CNG. Genset jenis ini biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan membantu penerangan dan segala kebutuhan listrik pada saat pemadaman terjadi secara tiba - tiba.

 


Stay Connected

Instagram Instagram pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : Cecep

Editor : Ipin

 

Chat Whatsapp

Iwata Banner Genset artikel.jpg

Iwata Genset Banner

product genset IWATA


Related Articles