Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

GENSET UNTUK KANTOR

genset untuk kantor artikel.jpg

Jika anda memiliki kantor maka memiliki daya listrik cadangan adalah hal yang mutlak untuk anda miliki. Daya listrik cadangan bisa anda dapatkan dari genset atau generator set. Generator set yang baik adalah generator yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu jika kantor anda membutuhkan generator set maka buatlah spesifikasi yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum membeligenset. Untuk menuliskan spesifikasi dari genset hal hal inilah yang harus anda lakukan.

Perhatikan kebutuhan kantor anda

Untuk menuliskan spesifikasi genset yang anda butuhkan mulailah dengan menulis kebutuhan listrik vital kantor anda. Misalkan kantor anda memiliki 5 komputer untuk bekerja maka pastikan kebutuhan listrik ke 5 komputer tersebut tercukupi. Lalu lampu. Hal ini untuk mencegah jika cuaca tidak bersahabat dan mendung. Jika suasana mendung akan menyebabkan ruangan terlalu gelap untuk bekerja. Kebutuhan selain kebutuhan yang vital baiknya dikesampingkan terlebih dahulu untuk menghemat kebutuhan listrik. Meminimalisir kebutuhan listrik ini penting sebagai upaya menghemat bahan bakar dari genset.

Jika sudah melihat kebutuhan kantor anda, anda bisa memilih genset dengan daya output yang sesuai dengak kebutuhan anda. Pilihlah yang memiliki daya output lebih dari kebutuhan anda. Misalnya anda membutuhkan daya 4000 Watt carilah yang memiliki daya output 5000 Watt.

Memilih jenis bahan bakar dari genset

Setelah anda menentukan kebutuhan output daya yang kantor anda butuhkan, baiknya anda memutuskan bahan bakar yang akan anda gunakan. Jika untuk kebutuhan kantor, anda pasti memiliki lingkungan yang lebih sepi dan bersahabat dengan lingkungan kantor, dan lagi anda tidak akan menggunakan genset pada malam hari oleh karena itu anda bisa menggunakan genset biasa tanpa takut menganggu tetangga anda. Akan tetapi jika kantor anda berada di lingkungan keluarga atau anda memiliki uang yang lebih untuk anggaran genset anda, anda bisa memilih menggunakan genset dengan model rectifier. Model rectifier adalah model yang akan memberikan anda efek suara yang lebih halus. Selain itu model ini biasanya menawarkan penghematan bahan bakar. Untuk menghemat bahan bakar anda juga bisa memilih mesin genset yang memiliki mesin 4 tak karena mesin 2 tak akan lebih boros dalam pemakainan bahan bakar, meski begitu jeni mesin generator set dengan 2 tak lebih murah.

Untuk mesinnya anda bisa memilih mesin yang memiliki bahan bakar solar. Bahan bakar solar dinilai lebih menguntungkan karena harganya lebih murah dari bahan bakar biasanya.

Perhatikan pelayanan setelah penjualannya

Sebuah mesin dari perusahaan yang ternama akan memberikan anda jaminan pelayanan setelah penjualan yang baik, mulai dari kenyamanan hingga problem yang anda hadapi. Pilih genset yang menyediakan garansi. Selain itu perhatikan ketersediaan sparepart. Ketika anda membeli genset, anda pasti berpikir untuk menggunakannya selama yang anda bisa. Oleh karena itu anda diwajibkan untuk mengecek terlebih dahulu ketersediakan sparepart di pasaran. Jangan lupa untuk melihat harganya. Pastikan sparepart tersedia bebas dan dijual dengan harga yang masuk akal.

Sebagai referensi, biasanya mesin genset yang digunakan untuk kantor adalah mesin genset diesel mesin genset diesel ini dinilai memiliki efisiensi di bagian bahan bakar, artinya bahan bakarnya mudah dan juga lebih hemat. Efisiensinya bahkan bisa mencapai 75% daripada mesin genset yang lain. Selain efisien, mesin genset memiliki ketahanan yang lebih jika dibandingkan dengan mesin genset yang lain sehingga dapat digunakan dengan lebih lama, hal ini tentu akan menghemat pengeluaran kantor anda.

Sebetulnya memilih mesin diesel sesuai dengan kebutuhan anda sudah cukup dan untuk menjaga mesin agar tahan lama anda bisa melakukan perawatan. Untuk menggunakan mesin diesel anda lebih lama, anda perlu menjaga kebersihan mesin diesel anda. Selain itu tempatkan mesin anda di lahan yang kering. Perawatan lainnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pengecekan komponennya secara berkala. Pengecekan berkala digunakan untuk melihat ketahanan komponen. Komponen yang aus harus segera diganti supaya mesin genset lebih tahan lama. Dan yang paling penting segera matikan genset jika ada hal yang tidak beres terjadi. Hal ini digunakan untuk menghindari mesin anda rusak karena human error dan kesalahan kerja mesin. 

Genset Iwata 3

Iwata Genset Banner