Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

GENSET UNTUK RUMAH

Genset rumah artikel.jpg Siapa yang tidak ingin memiliki genset? Pasti banyak orang yang mengiginkannya untuk untuk berjaga jaga ketika terjadi pemadaman lampu. Dengan manfaat seperti ini siapa yang tidak ingin memiliki genset? Listrik telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat modern. Semua aktifitas menggunakan listrik, belajar menggunakan lampu yang membutuhkan listrik, bekerja bisa membutuhkan internet yang membutuhkan listrik dan masih banyak lagi hal yang dibutuhkan dan membutuhkan listrik. Meski begitu penggunaan genset untuk rumah memang belum terlalu umum di masyarakat. Akan tetapi jika keluarga anda selalu membutuhkan
listrik dan berniat memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan genset, dibawah ini ada beberapa cara untuk memilih genset yang tepat untuk rumah anda.

Menentukan Watt yang sesuai

Menentukan Watt yang dibutuhkan adalah hal yang sangat penting. Peralatan listrik anda pasti membutuhkan tenaga minimun untuk dijalankan. Anda baiknya melakukan penghitungan terlebih dahulu mengenai jumlah listrik yang anda akan gunakan sehingga anda bisa menentukan jumlah daya output yang anda perlukan dari sebuah genset. Setelah anda mendapatkan kebutuhan listrik di rumah anda, anda bisa mencari genset dengan ukuran lebih besar dari kebutuhan anda. Untuk menjaga mesin genset lebih tahan lama, daya genset baiknya di gunakan paling tidak 80% dari daya output maksimalnya. Untuk kebutuhan rumah biasanya anda membutuhkan genset dengan daya 1 KVA hingga 4 KVA.

Melihat kebutuhan genset

Ketika anda akan menggunakan sebuah genset pikirkanlah genset yang memiliki kabel yang panjang. Sebuah genset harus diletakkan diluar rumah dengan posisi agak jauh dari rumah sehingga ia membutuhkan kabel yang panjang. Perhatikan juga perlindungan kabel diluar sehingga tidak berbahaya ketika musim hujan datang.

Pilihlah genset yang memiliki suara halus

Untuk kebutuhan di rumah anda perlu memperhatikan kenyamanan lingkungan anda. Menggunakan genset yang menghasillkan suara yang berat dapat menyebabkan penghuni lainnya menjadi kurang nyaman, oleh karena itu anda perlu lebih berhati hati, pilihlah genset yang menggunakan rectifier. Model rectifier dapat menghasilkan suara yang lebih halus dan lebih efisien. Hal ini dalat memberikan anda suasana yang lebih nyaman dan menghindarkan kebisningan bagi tetangga anda.

Pertimbangan berat genset

Ketika memilih geset untuk rumah tangga hal yang perlu diperhatikan juga adalah berat dari genset. Genset yang lebih ringan biasanya menghasilkan daya yang lebih tinggi. Jadi jika anda hanya membutuhkan untuk kebutuhan rumah anda maka kemungkinan diesel anda akan memiliki bobot yang berat. Bobot yang berat ini juga jauh lebih murah. Jika memang anda menginginkan genset yang lebih murah, genset anda akan memiliki bobot yang lebih berat. Oleh karena itu jika anda membutuhkan genset yang berat pilihlah roda yang bisa menopang genset tersebut. Penggunaan roda ini penting untuk memudahkan pemindahan genset ketika diperlukan.

Jenis mesin

Jenis genset bermacam macam berdasarkan bahan bakarnya. Banyak mesin diesel yang memiliki 4 stroke dengan bahan bakar yang murni atau tidak dicapur. Tapi sekarang ada jenis genset yang memiliki 2 stroke. Genset jenis ini membutuhkan bahan bakar yang lebih rumit dari mesin dengan 4 stroke tapi mesin dengan 2 stroke ini memiliki harga yang lebih murah.

Untuk memilih mesin diesel, pilihlah yang memiliki suhu yang tidak terlalu tinggi ketika digunakan. Hal ini untuk menjaga mesin diesel ketika digunakan pada musim panas. Jika mesin diesel sendiri terlalu panas ketika digunakan, panas matahari pada musim panas bisa menyebabkan kondisi mesin semakin panas, seperti yang kita ketahui benda benda elektronik dan mesin tidak baik jika digunakan dengan kondisi yang sudah terlalu panas.

Pilih genset sesuai dengan bahan bakar yang diinginkan

Genset yang paling recommended adalah genset dengan bahan bakar bensin. Atau jika anda bisa mendapatkan bahan bakar yang lebih murah dan mudah hal ini akan membantu anda menghemat biaya penggunaan mesin genset.

Ketika menggunakan genset pastikan anda mengetahui kebutuhan dari genset. Misalnya seberapa banyak bahan bakar untuk menjalankan mesin genset selama berapa jam. Hal ini penting untuk menghindari kehabisan bahan bakar ketika menggunakan mesin genset.

Genset Iwata 3

Iwata Genset Banner