Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

HAL YANG PERLU DIPERIKSA SAAT PERAWATAN GENSET

HAL YANG PERLU DIPERIKSA SAAT PERAWATAN GENSET - Kebutuhan akan Genset dari bulan ke tahun semakin banyak permintaan, ditinjau dari pesatnya perkembangan industri yang membutuhkan alat tersebut. Genset adalah jawaban kebutuhan bagi pelaku industri yang apabila PLN memadamkan aliran listrik secara bergiliran atau sedang mengalami gangguan teknis seperti tersambar petir. Genset dapat dijadikan sebagai listrik cadangan/backup agar produksi industri tersebut tidak dapat terhenti. Sehingga tidak menimbulkan kerugian yang banyak bagi pihak industri tersebut.

W3.CSS

HAL YANG PERLU DIPERIKSA SAAT PERAWATAN GENSET - Maintenance Genset

HAL YANG PERLU DIPERIKSA SAAT PERAWATAN GENSET

Generator Set atau biasa di sebut Genset adalah sebuah alat yang dapat menghasilkan daya listrik. Genset ini kombinasi dari sistem Main Stator, Rotor, Exciter, dan AVR (Automatic Voltage Regulator). Genset pertama kali di buat pada tahun 1831 oleh Faraday dan Rudolph Diesel yang terus berevolusi sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi sekarang ini.

Generator Set harus terus di maintenance dan dirawat agar selalu prima. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat diaplikasikan dalam perawatan genset :

1.
Genset harus diletakkan di tempat yang kering
Genset akan berbahaya jika diletakkan di sembarang tempat, apalagi jika terkana air, genset bisa rusak, dan bahkan menghantarkan aliran/sengatan listrik.

2.
Kebersihan genset yang harus terus dijaga

Kebersihan genset harus dijaga dengan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel seperti debu, minyak, dan lain-lain. Hal ini penting dilakukan agar genset tidak mudah rusak.

3.
Mengganti sparepart genset

Sparepart genset yang sudah aus atau termakan usia harus diganti agar tidak merembet ke bagian yang lain. Ini salah satu hal penting dalam perawatan genset.

4.
Tersedianya sirkulasi udara yang baik

Tempat peletakkan genset harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena genset menghasilkan gas pembuangan, jika sirkulasi ruangan tidak baik, gas tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, dan genset akan cepat panas.

5.
Memeriksa bahan bakar

Bahan bakar harus dipastikan terisi full atau cukup supaya genset dapat menyala dengan baik. Jika tangki bahan bakar sampai kering, maka akan berbahaya jika genset dinyalakan.

6.
Melakukan pemanasan genset secara berkala

Genset harus dipanaskan secara berkala, agar tetap prima. Nyalakan genset sekitar 5-10 menit, agar sistem pelumasan oli dapat berjalan dengan baik. Perawatan genset dengan melakukan pemanasan wajib dilakukan, agar genset siap digunakan kapan pun.

7.
Memastikan genset dioperasikan dengan baik dan benar

Sebelum pengoperasian genset, bacalah buku pedomannya agar genset dapat dioperasikan dengan baik dan benar.


Selain hal-hal di atas, berikut beberapa part yang perlu diganti dan diperiksa saat perawatan genset :
1. Oli mesin 6. Radiator
2. Filter Oli 7. Nozzle
3. Filter Udara 8. Dinamo Charger
4. Fuel Filter 9. Dan Lain-Lain
5. Dinamo Stater

Perawatan genset mutlak diperlukan agar genset siap digunakan kapanpun. Padam atau putusnya aliran listrik dari PLN terjadi tiba-tiba, sehingga genset harus siap kapan pun. Percuma jika anda membeli genset dengan harga yang mahal tanpa dilakukan perawatan genset. Perawatan genset tidak hanya membuat genset siap digunakan kapan pun, namun juga memperpanjang umur genset. Dalam hal perawatan genset sebaiknya menyerahkan pada ahlinya, dalam hal ini teknisi profesional atau teknisi resmi dari perusahaan tempat anda membeli genset. Dalam perawatan genset juga harus menggunakan part-part yang original. Genset dengan merk IWATA memiliki kecanggihan seperti dapat memanaskan genset dalam periode tertentu, peringatan penggantian oli, peringatan kekurangan bahan bakar, dan lain-lain, yang tentu menjadi salah satu fitur untuk memudahkan dalam perawatan genset

LIHAT DISINI, DAFTAR HARGA LENGKAP GENSET INDOTARA

PT. Indotara Persada merupakan pusat jual genset murah berkualitas dengan beragam kapasitas mulai dari 1000 watt hinnga 1160 Kilo Watt. Kami jual genset murah dengan bahan bakar solar dan bensin. Kami sebagai distributor utama dari jual genset murah dengan merk Falcon dan Iwata. Falcon adalah genset murah dengan bahan bakar bensin dan Iwata adalah genset murah berkualitas premium dengan bahan bakar solar. Iwata memiliki sertifikat EPA dan CE yang semakin menunjukkan kualitas dari genset ini. Harga yang ditawarkan oleh PT. Indotara Persada juga sangat bersaing dan bahkan bisa dikatakan murah. Yang pasti bukan asal genset murah saja, namun juga berkualitas tinggi. Garansi genset Iwata 3 tahun atau 3000 jam (mana yang terlebih dahulu dicapai). Ini tentu menjadi salah satu bukti bahwa PT. Indotara Persada berkomitmen tinggi dalam penjualan genset murah. After sales juga siap diberikan kami berikan untuk kepuasan Anda!


SELALU PERCAYAKAN INDOTARA SEBAGAI MITRA TERPERCAYA ANDA

Penulis: PETRUS
Editor: IQBAL


Genset Iwata 3
dummy product genset iwata



Related Articles