Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

HATI-HATI MEMILIH GENSET, JANGAN YANG ASAL MURAH

Hati-hati memilih genset artikel.jpg

Genset merupakan sebuah solusi yang tepat dan juga efisien pada saat mati listrik secara mendadak di tengah aktivitas yang sedang kita lakukan. Genset sudah sangat biasa dipakai sebagai solusi yang sangat efektif. Memilih genset pada saat membeli memang bukanlah sebuah hal yang dianggap mudah bagi Anda yang tidak terlalu mengerti mengenai genset. Memilih genset yang mempunyai kualitas tinggi merupakan sebuah hal yang sangat penting agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Genset dengan harga yang mahal bukanlah sebuah jaminan kalau genset tersebut sudah mempunyai sparepart dan juga teknisi yang unggul sebagai modal pendukung mesin ini supaya mampu untuk digunakan dalam waktu yang sangat lama. Tetapi genset dengan harga yang murah juga bukan sebuah hal yang tepat untuk Anda berhemat, karena biaya untuk operasional genset ini yang akan jadi penentu berkualitas atau tidaknya. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa berguna untuk melakukan pemilihan pada saat membeli genset:

1.   Kebutuhan akan daya
Ketika Anda ingin membeli genset, ada baiknya Anda perhitungkan terlebih dahulu berapa daya yang Anda butuhkan. Biasanya daya dari genset yang sering dibutuhkan adalah dalam satuan KW atau KVA.
2. Jenis mesin genset yang cocok
a.    Mesin diesel berbahan bakar solar
Biasanya genset dengan bahan bakar ini sangat banyak digunakan oleh pengguna genset. Karena bahan bakar yang mudah dicari membuat kebanyakan orang lebih memilih menggunakan genset berbahan solar ini. Solar merupakan bahan bakar yang sangat aman karena sulit terbakar, tidak mempunyai bau menyengat dan juga tidak mempunyai zat racun.
b. Mesin berbahan bakar bensin atau gasoline
Genset dengan bahan bakar bensin ini hampir sama seperti yang berbahan bakar solar, banyak sekali penggunanya tetapi hanya untuk daya genset yang kecil. Hanya saja kekurangannya, bahan bakar dari genset ini yang mudah terbakar, berbau, dan juga menguap.
3. Model yang terbuka atau tertutup
Genset dibagi menjadi dua buah model, yang pertama adalah genset dengan model terbuka dan yang kedua adalah genset dengan model tertutup. Perbedaannya adalah, genset dengan model terbuka tidak menggunakan penutup dari pelat dan juga peredam bunyi mesin, sehingga bunyinya sangat mengganggu jika tidak diletakkan pada tempat yang kedap akan suara. Sedangkan genset dengan model tertutup adalah genset yang menggunakan penutup dari pelat dan juga mempunyai peredam suara mesin, sehingga suara mesin terdengar lebih tidak mengganggu, dan genset tertutup ini mempunyai proteksi yang lebih dibandingkan dengan genset terbuka.
4. Pastikan sparepart genset mudah untuk ditemukan
Pastikan ketika Anda memilih sebuah genset sparepartnya mudah untuk ditemukan. Jangan karena harganya yang murah tetapi sparepart dari genset tersebut sulit untuk Anda temukan dimana-mana.
5. Pilih genset yang mereknya sudah terkenal
Ada baiknya ketika Anda memutuskan membeli genset untuk memilih merek yang sudah terkenal di kalangan masyarakat luas, karena biasanya genset yang sudah terkenal di kalangan masyarakat luas sudah terbukti kualitas dan juga teknologinya.
6. Garansi genset
Ketika Anda membeli genset, pastikan kalau genset tersebut mempunyai masa garansi. Karena jika genset yang Anda beli masih dalam masa garansi mengalami kerusakan, Anda bisa dengan segera membawa genset yang Anda beli kepada distributor yang memberikan garansi tersebut.
7. Membeli berdasarkan fakta dan juga logika
Dalam pembelian genset ada baiknya jangan terpaku pada iklan dan juga media promosi lainnya, karena banyak perusahaan penyedia mesin genset ini yang berusaha saling menjatuhkan hanya untuk mencapai target penjualan mereka. Ada baiknya Anda memilih dan juga membeli berdasarkan fakta dan juga logika kualitas genset tersebut. Genset yang mempunyai kualitas baik umumnya mempunyai tampilan yang rapih dan juga tidak asal-asalan, karena pemotongan pelat dilakukan menggunakan laser dan juga penyelesaian akhir tidak menggunakan cat biasa. Suara yang dikeluarkan dari mesin juga tidak berisik dan bergetar.

Demikian adalah tips dalam memilih dan juga membeli genset yang sesuai dengan kualitasnya, agar Anda tidak tertipu dengan barang yang murah tetapi di kemudian hari Anda mengeluarkan banyak dana untuk membetulkan kerusakan yang tidak wajar pada genset Anda.

Genset Iwata 3

Iwata Genset Banner


Related Articles