Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

INILAH JENIS GENSET DARI PUSAT PENJUALAN GENSET

jenis genset artikel.jpg

Genset adalah singkatan dari generator set yaitu berupa alat yang terdiri dari berbagai macam jenis mesin yang dapat menjalankannya. Mesin ini sangat berguna baik itu untuk memenuhi kebutuhan  rumah atau bahkan kantor dan juga tempat usaha Anda lainnya. Banyak dinatranya produk Genset yang disediakan di pusat penjualan dari produk Genset itu sendiri. Bahkan tidak hanya produk yang yang dijalankan dengan menggunakan bahan bakar dari bensin saja,. melainkan ada pula jenis Genset yang memang dijalankan dengan menggunakan berbagai macam sumber energi lainnya, seperti halnya memanfaatkan energi surya, uap, kincir air/ angin,  bahkan hingga menggunakan urine. Dari sekian banyak bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan Genset tersebut, Anda pun dapat mengatasi masalah dari pemadaman listrik yang biasanya dilakukan oleh pihak PLN.

Dari sekian banyak bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan produk Genset tersebut. Berikut ini penulis jelaskan mengenai 5 macam dari jenis produk Genset yang biasanya disediakan di pusat penjualan dari produk tersebut, diantaranya adalah berikut ini :

1. Mesin Diesel

Jenis mesin Genset yang satu ini termasuk dalam jenis produk yang paling sering dijumpai di kalangan masyarakat pada umumnya, bahkan peralatan ini bisa Anda temukan dengan mudah di lingkungan perumahan serta perkantoran dengan aktifitas yang tinggi akan kebutuhan energi listrik. Mengapa jenis Genset ini sangat umum di kalangan masyarakat Indonesia? Hal ini berkaitan dengan rentang dari kapasitas daya yang cukup luas serta besar darinya. Bahkan kapasitas tersebut dimulai dengan ukuran daya 5Kw/ 5000 watt hingga mencapai angka 2Mw atau sekitar 2.000.000 watt. Jenis produk ini pun biasanya disertai dengan ukuran silinder dari angka 2 hingga 16.

2. Mesin Solar

Untuk jenis mesin yang satu ini biasanya ia akan ditempatkan di atas bagian rumah atau bahkan perkantoran. Selain itu pemasangan juga dilakukan saling berdekatan dengan bagian dari solar panel. Mengapa demikian? Karena peralatan yang satu ini, memiliki mesin yang memanfaatkan keberadaan dari sinar matahari sejak pagi hingga sore hariyang berguna untuk menghasilkan energi listrik. Hingga pada akhirnya, ia pun dapat menjalankan berbagai macam jenis alat elektronik lainnya  yang terdapat di kantor serta rumah Anda. Selain memiliki kemampuan dengan mesin yang menggunakan energi dari alam ini, Genset dari mesin solar tersebut juga dapat melakukan back up, utamnya ketika pemadaman listrik tengah dilakukan.

3. Mesin Gas

Selain dua jenis mesin Genset pada bagian di atas ada pula produk Genset yang menggunakan bahan bakar dari gas sebagai bentuk sumber energi yang dimilikinya. Namun bentuk gas yang digunakan pun bukanlah jenis gas yang sembarangan, karena gas yang digunakan oleh mesin Genset biasanya bermula dari olahan gas bumi yang alami. Seperti halnya penggunaan dari gas LPG atau Liquid Petroleum Gas atau bahkan CNG yaitu Compressed Natural Gas. Beberapa bentuk produk Genset ini seringkali digunakan oleh masyarakat umum, karena memang penggunaannya yang cukup mudah. Seperti halnya Genset untuk kepentingan rumah tangga yang lebih sering menggunakan jenis gas LPG. Sementara untuk Genset yang digunakan bagi pihak industri lebih sering menggunakan produk dengan bahan bakar dari CNG.

4. Mesin Turbin

Untuk jenis produk Genset yang satu ini biasanya ia termasuk dalam kategori Genset dengan jenis mesin yang turbin yang dikategorikan sebagai power generator biasanya memiliki kapasitas dari daya yang jauh lebih besar. Karena itulah produk yang satu ini seringkali ditawarkan di pusat penjualan untuk kebutuhan dari dunia industri seperti halnya pabrik dan juga perkantoran yang membutuhkan daya listrik dengan kapasitas tinggi. Kapasitas tinggi dari Genset dengan mesin turbin ini biasanya berada dalam ukuran 2MW atau sekitar 2.000.000 watt. Bahkan untuk mesin dengan tenaga turbin ini biasanya mampu menerangi hingga keseluruhan dari satu kota kecil. Untuk mesin turbin ini sendiri, ia tersedia dalam beberapa bentuk pilihan mesin Genset yang berbeda-beda. Seperti halnya turbin angin, uap, serta turbin air.

5. Mesin Urine

Berbeda dengan mesin Genset lainnya, jenis mesin yang satu ini masih termasuk dalam kategori dari jenis mesin baru yang dijajakan di pusat penjualan Genset. Jenis mesin ini ditemukan oleh 4 pelajar asal Afrika, yang mulai menciptakan saluran listrik selama 6 jam penuh dengan mengunakan bahan bakar dari 1 liter urine saja.

Demikianlah beberapa jenis mesin Genset yang seringkali disediakan di pusat penjualan Genset yang ada di Indonesia. 

Genset Iwata 3