INSTALASI STABILIZER
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

INSTALASI STABILIZER

Dalam sebuah installasi stabilizer, tenaga ahli sangat dianjurkan dalam prakteknya. Teknisi yang terlatih dan berpengalaman akan memperkecil resiko kesalahan installasi dan kecelakaan installasi. Sebenarnya, installasi stabilizer dapat dilakukan langsung oleh user. Beberapa stabilizer dengan kapasitas kecil umumnya disediakan port colokan untuk memudahkan penggunaan. Namun, stabilizer kecil yang sudah menggunakan sistem terminal perlu dilakukan konekting kabel. Stabilizer 1 phase umumnya masih sangat mudah dilakukan sendiri, namun jika anda ragu baiknya pekerjaan tersebut diserahkan pada tenaga ahli seperti teknisi atau tukang listrik.

 

INSTALASI STABILIZER

 

Installasi stabilizer 3 phase terbilang cukup rumit, selain umumnya stabilizer 3 phase berukuran cukup besar, letak kabel biasanya diinginkan tertanam dalam dinding agar terlihat lebih rapih. Installasi jalur kabel yang baik dan benar sangat dianjurkan dikarenakan jika terjadi kerusakan, perbaikannya akan sangat menyulitkan sekali.

Dalam proses intallasi sebuah Stabilizer, yang paling utama dibutuhkan kabel, skun dan vinyl. Kabel yang sesuai dengan kapasitas listrik sangat disarankan. Jika penggunaan kabel terlalu kecil, maka kabel akan mengalami overheat akibat listrik yang tersalur dalam kabel terlalu besar. Jika penggunaan kabel terlalu besar, tentu cost atau biaya yang dikeluarkan akan lebih besar dan tidak efficient


Baca Juga : JENIS-JENIS STABILIZER/ AVR
CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN KAPASITAS STABILIZER
FUNGSI DAN KEGUNAAN STABILIZER

Penggunaan skun untuk melengkapi kabel yang digunaakan akan membantu kemudahan konekting. Ukuran skun yang dibeli harus disesuaikan dengan penggunaan kabel. Jika skun yang dibeli terlalu kecil, maka kabel tidak akan bisa digunakan pada skun tersebut. JIka skun yang dibeli terlalu besar, kabel akan tidak pas pada skun tersebut dan berakibat longgar.

Vinyl digunakan untuk mengidentifikasikan phase kabel sesuai dengan warna. Untuk kabel 3 phase, penggunaan vinyl yang dibutuhkan 4 warna yaitu phase 1, phase 2, phase 3 dan Neutral. Harga vinyl terbilang cukup murah dan mudah didapatkan di toko toko listrik.

Kelengkapan material installasi yang baik serta tenaga teknisi yang mumpuni akan mempermudah kelancaran installasi stabilizer anda. Oleh karena itu, selalu konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan material listrik anda pada tenaga ahli terdekat dengan anda

 

SELALU PERCAYAKAN INDOTARA SEBAGAI MITRA TERPERCAYA ANDA

 Penulis: ALEX
Editor: IQBAL


Arakawa Stabilizer

List-Product-Arakawa-Stabilizer


Related Articles