Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

JADWAL PERAWATAN GENSET

jadwal perawatan genset.jpg

Genset adalah peralatan yang begitu penting untuk melakukan back up listrik ketika PLN melakukan pemadaman listrik secara otomatis. Tak hanya perusahaan saja, tetapi perumahan juga membutuhkan generator untuk waktu-waktu tertentu. Apalagi terkadang pihak PLN sendiri langsung memadamkan listrik tanpa adanya pemberitahuan. Hal ini tentunya akan begitu merugikan khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang tergantung dengan sumber aliran listrik ini. Maka dari itu, memiliki generator merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan suplai listrik ketika terjadi pemadaman secara otomatis.

Bagaimana Proses Perawatan dan Pemeliharaan Genset?

Seperti kita ketahui, biasanya generator yang sering kali digunakan adalah gensetdengan bahan bakar solar. Di samping itu daya tahan dari mesin solar sendiri tergolong tinggi, maka dari itu pemeliharaan yang dibutuhkan hanya meliputi pemanasan mesin, pemeriksaan umum, pemeliharaan pada sistem pendingin, pemeliharaan pada sistem pelumasan, pemeliharaan pada aki starting, dan pemeliharaan pada bahan bakar. Anda pun bisa berkonsultasi bersama supplier generator agar menentukan cara dan jadwal pemeliharaan genset yang tepat.

1.  
Pengecekan Secara Umum
Saat generator menyala atau sedang running, maka operator pun perlu waspada terhadap permasalahan mekanik yang membahayakan atau tidak aman. Adapun beberapa bagian pada generator yang perlu dilakukan pemeriksaan teratur demi menjaga sistem operasi yang handal dan aman adalah seperti sistem pembuangan, sistem listrik DC atau aki, sistem bahan bakar, mesin, dan sistem kontrol.
2. Perawatan Sistem Pelumasan
Tahap berikutnya, Anda bisa melakukan pemeriksaan level oli pada mesin ketika mesin genset dimatikan dalam interval yang telah ditentukan pada tabel. Pada pembacaan secara akurat di dipstick mesin sendiri, Anda bisa mematikan mesin lalu menunggu selama 10 menit. Adapun tujuannya memastikan oli pada bagian mesin atas mengalir lagi menuju bak mesin. Untuk pelumasan ini, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah mencampur oli Anda memakai merk yang lainnya. Anda sebaiknya ganti oli beserta filter dalam interval yang telah direkomendasikan lewat tabel. Filter dan oli bekas harus dibuang secara tepat dan benar agar terhindar dari kerusakan.
3. Perawatan Dalam Sistem Pendingin
Untuk perawatan di sistem pendingin, Anda harus memeriksa bagian level coolant atau cairan pendingin pada keadaan mesin sedang tidak menyala. Tentunya berdasarkan interval yang telah ditentukan lewat tabel. Anda bisa melepaskan bagian tutup radiator sesudah mesin terlebih dulu didinginkan. Bila perlu, Anda bisa menambahkan pendingin hingga tingkat ¾ inchi di bawah seal bagian tutup radiator.
4. Perawatan Bahan Bakar
Biasanya kualitas dari bahan bakar jika dipakai semakin lama kemampuannya akan semakin turun. Di samping itu, alasan pemanasan pada bahan bakar secara rutin yaitu supaya menggunakan bahan bakar sampai habis yang tersimpan dalam tangki sebelum akhirnya rusak. Anda bisa melakukan rekomendasi untuk penyimpanan pada bahan bakar. Selain itu, pemanasan mesin wajib dilakukan secara rutin, bila bahan bakar tak digunakan selema 3-6 bulan wajib dilakukan isi ulang.
5. Perawatan Baterai Starting
Kegagalan genset saat stanby adalah penyebab dari baterai yang mulai melemah. Untuk merawat baterai ini ada beberapa hal yang dilakukan seperti pengujian baterai, pembersihan baterai, pemeriksaan berat jenis, dan pemeriksaan tingkat elektronik.
6.
Pemanasan Generator
Pemanasan pada mesin dengan teratur bisa membuat komponen-komponen mesin yang telah dilumasi, bisa mencegah terjadinya oksidasi di bagian kontak listrik memakai bahan bakar. Sebelum terjadinya kerusakan dan memakai bahan bakar dengan pemanasan ini membantu untuk starting mesin menjadi lebih handal.

Jadwal Pemeliharaan Mesin Genset

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas, di mana dalam perawatan dan pemeliharaan generator sebaiknya tentukan terlebih dulu jadwal pemeliharaan genset. Biasanya untuk perawatan harian sendiri meliputi perawatan inspeksi, pemeriksaan level oli, pemeriksaan level cooland, pemeriksaan saluran udara, dan pemeriksaan level solar. Sementara untuk jadwal perawatan mingguan pada generator, meliputi pemeriksaan dan pembersihan filter udara, pemeriksaan charger baterai, pembuangan air di tangki solar, dan pembuangan solar dalam filter.

Untuk perawatan bulanan, meliputi pemeriksaan konsentrasi pada coolant, pemeriksaan tegangan pada belt2, pemeriksaan baterai, dan pemeriksaan pengembunan knalpot. Sementara, untuk perawatan  bulanan sendiri, terdiri dari penggantian filter dan oli, penggantian filter coolant, pembersihan crankcase breather, pemeriksaan selang-selang radiator, penggantian filter solar, dan penggantian filter udara. Sedangkan untuk perawatan tahunan sendiri meliputi pembersihan pada sistem pendingin genset.

 

Iwata Banner Genset artikel.jpg

dummy product gensetIwata Genset Banner


Related Articles