Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis-Jenis Dan Tipe Stabilizer Arakawa

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Anissa, S.Sos

Jenis-Jenis dan Tipe Stabilizer Arakawa

Jenis-Jenis dan Tipe Stabilizer Arakawa - Stabilizer atau juga yang biasa disebut dengan stabilizer voltage (stavol) merupakan perangkat yang berfungsi menstabilkan tegangan listrik. Seperti pada banyak sumber lainnya yang menjelaskan bahwa perangkat ini memiliki kegunaan yang bagus dalam menstabilkan tegangan listrik baik dalam lingkup personal atau rumahan maupun perusahaan atau industrial. Penggunaan perangkat ini juga dapat menjaga peralatan elektronik atau mesin yang digunakan apalagi jika listrik sering naik dan turun tegangannya.

Membahas tentang perangkat stabilizer ini tentu saja menarik, karena selain fungsi yang diberikan, stabilizer juga memiliki jenis dan juga tipe. Umumnya untuk stabilizer dibagi menjadi dua jenis yaitu 1 phase dan 3 phase. Phase atau fasa ini adalah penentuan jenis tegangan dimana lisrik 1 phase itu adalah listrik dengan tegangan 220V umumnya untuk rumahan dan listrik 3 phase itu adalah listrik dengan tegangan 380V biasanya dipakai untuk perkantoran besar atau industrial.

Selain jenis listrik yang menjadi perhatian ketika ingin membeli stabilizer tentu juga perlu diperhatikan kapasitas, kapasitas yang baik adalah yang sesuai dengan kebutuhan atau lebih baik lagi jika memiliki spare yang agak besar untuk stabilizer dibandingkan dengan daya listrik di rumah. Perlu juga diperhatikan jika memiliki daya semu, maka ada baiknya jika memililh kapasitas yang dua kali lipat atau tiga kali lipat dari mesin tersebut karena adanya lonjakan apabila dinyalakan.

Untuk PT. Indotara Persada menjual produk stabilizer berkualitas dari Arakawa, dengan kualitas handal dan juga part mesin yang keseluruhannya diimpor dari luar negeri tentu saja menjadikan stabilizer ini berkualitas dan tahan lama. Untuk Arakawa sendiri memiliki beberapa tipe stabilizer, untuk 1 phase ada type FD dan juga FS perbedaan dari kedua tipe ini adalah Arakawa dengan tipe FD merupakan tipe contactless sedangkan untuk Arakawa tipe FS adalah tipe servo yang masih menggunakan carbon brush dan harus diganti secara berkala apabila part ini sudah aus atau sudah tidak berfungsi dengan baik.

Sedangkan untuk 3 phase terdapat beberapa tipe stabilizer, ada 4 tipe yaitu PDR, PDR-F, PDX dan NCX yang masing-masing memiliki perbedaan. Dimana perbedaannya adalah sebagai berikut;


Baca Juga:



Tipe PDR
Merupakan stabilizer yang masih menggunakan servo dan carbon brush, dimana seperti penjelasan sebelumnya carbon brush ini dapat tergerus habis sesuai dengan kinerja stabilizer tersebut dan turun-naiknya tegangan/voltase. Tampilanya juga masih analog tidak terdapat roda untuk memudahkan moving unit dan memiliki respon time kurang lebih 1.5 detik. Tipe PDR ini beban nya belum per-phase jika ada up atau down disalah satu phase maka tiga gulungan/motor ikut bekerja. Kemudian pada saat maintenace pergantian carbon brush yg abis ketiga carbon brushnya semua harus diganti.

Tipe PDR-F
Merupakan tipe yang hampir sama dengan PDR secara spesifikasi fisik, bedanya tipe PDR-F menggunakan tiga servo motor, yang dimana otomatis bebannya sudah per-phase jadi apabila ada up atau down disalah satu phase maka tidak mengganggu phase lain. Pada saat maintenance pergantian carbon brush cukup ganti carbon brush yang sudah habis saja. Tampilan masih analog, dan tidak terdapat roda.

Tipe PDX
Merupakan tipe yang juga masih menggunakan servo serta carbon brush, kelebihannya designnya lebih terlihat compact dan lebih kecil dari segi dimensi dari dua tipe sebelumnya. Terdapat roda untuk memudahkan moving unit, range voltage ±20%, tampilan sudah digital serta memiliki respon time kurang lebih 500ms namun kualitas dan bahan PDX lebih baik dari PDR dan PDR-F.

Tipe NCX
Merupakan seri premium yang menggunakan teknologi contactless dimana menggunakan capacitor, bukan servo motor. Tampilan tipe NCX ini sudah digital, maintenance free karena tidak ada penggantian carbon brush, range voltage ±30% serta memiliki respon time paling cepat, yaitu kurang lebih 40ms.

PT. Indotara persada menjual stabilizer berkualitas merk Arakawa, selain produk terbaik Arakawa juga memiliki nilai lebih dengan jaminan sparepart dan juga after sales service yang dapat membantu Anda apabila memiliki kendala dengan unit tersebut.