Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

JENIS-JENIS MESIN GENSET

Seiring perkembangan jaman modernisasi genset dirancang untuk membantu anda untuk membangkitkan kebutuhan tenaga listrik, dengan kata lain banyak inovasi-inovasi yang baru mengenai teknologi genset yang dibuat seiring perkembangan yang ada, Oleh karena itu banyak jenis macam genset yang dibuat untuk memaksimalkan kinerja genset, Berikut informasi mengenai jenis-jenis genset:

1.    Mesin Genset Gas
genset gas.JPG
Mesin genset ini menggunakan bahan bakar gas untuk menyalakannya, dengan gas sebagai berikut LPG (liquid Petroleum Gas) ,CNG ( Compressed Natural Gas). Diindustri dengan menggunakan CNG , Gas CNG sendiri harus menggunakan infrastruktur dari pipa gas yang langsung mendistribusikan CNG tersebut sebagai bahan bakar genset tersebut. Penggunaan gas CNG pun harus dipertimbangkan karena pembiayaannya sangat mahal.

2.   
Mesin Genset diesel
iwata genset.jpg Mesin genset ini banyak digunakan secara umum karena sangat mudah menemukan genset ini, mesin genset ini memiliki kapasitas dari 5kw (5000 watt) sampai 2MW (2.000.000 watt), mesin genset inipun memiliki silinder dari 2 silinder sampai 16 silinder.

3.   
Mesin Genset Bensin

Falcon Generator FX2000E.jpg Mesin genset ini menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki kapasitas maksimal 10kw (10.000 watt), mesin genset tipe inipun sangat mudah ditemukan karena banyak yang menggunakannya.

4.   
Mesin Genset Portabel

genset portable.gif Mesin genset ini banyak digunakan untuk diluar tempat maupun dibawa kemana-mana karena ukuran yang kecil dari genset tipe lain karena bisa dibawa dengan menggunakan mobil bak / pick up yang biasanya digunakan untuk menyalakan listrik di lapangan ataupun perkemahan.

5.   
Mesin genset Turbin

genset turbin.jpg
Mesin genset ini memiliki kapasitas listrik paling besar dari genset lain karena memiliki kapasitas diatas 2MW (2.000.000 watt), genset ini mampu menyalakan lampu hampir dikota kecil dengan cara menggabungkan beberapa turbin. Untuk membangun turbin membutuhkan hitungan yang sangat cermat sesuai dengan kondisi disekitarnya, karena adanya turbin maka kita sering mendengar turbin air, turbin uap, turbin air dll, Contoh turbin uap yang menggunakan tenaga uap untuk memutar mesin,
dengan hasil putaran tersebut disalurkan keturbin lain untuk menghasilkan listrik, maupun turbin air yang memanfaatkan arus deras air yang membutuhkan putaran deras sehingga menghasilkan putaran kegenerator untuk menghasilkan listrik , sistem kerja tersebut juga seperti turbin-turbin lainnya.

6.   
Mesin genset urine

Genset Urine.jpg Saking banyaknya inovasi yang dibuat, ada 4 pelajar afrika menemukan genset yang menggunakan bahan bakar urine, pelajar tersebut bernama Duro-Aina Adebola (14 tahun), Akindele Abiola (14 tahun), Faleke Oluwatoyin (14 tahun) dan Bello Eniola (15 tahun) mereka membuat genset dengan menggunakan urine sebagai bahan bakar dimana 1 liter urine bisa menghasilkan listrik selama 6 jam.


Penulis : Agus Setiawan
Editor : Takiyudin

Genset Iwata 3


Related Articles