Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis-Jenis Mesin Las

Posted Date, 05 September 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Daniel Ponso, ST.

Jenis - Jenis Mesin Las

Jenis-Jenis Mesin Las - Apakah mesin las yang kalian punya sudah sesuai dengan kebutuhan kalian? atau malah tidak sesuai? Nah pada artikel ini akan dijelaskan tentang apa saja jenis-jenis mesin las yang banyak kalian jumpai di pasaran dan pengertian dari setiap mesin las itu sendiri.

Mesin las pastinya sudah tidak asing lagi bagi para welder pemula maupun welder yang sudah berpengalaman dibidangnya, baik itu dalam skala besar maupun skala kecil di dunia perbengkelan, industri besar maupun rumahan.

Mesin las sendiri memiliki arti sebagai suatu alat industrial yang biasanya digunakan para welder untuk menyambungkan atau pengelasan material yang berbahan besi, stainless steel, dll. Mesin las dapat menghasilkan panas yang melelehkan material pengelasan agar dapat disambungkan menjadi satu.

Mesin Las Listrik MMA/SMAW
Mesin las listrik MMA (Manual Metal Arc) adalah mesin las yang teknik pengelasan yang sangat umum dan lebih mudah penggunaannya dibanding mesin las yang tipe lain. Proses pengelasan ini membutuhkan busur yang bekerja diantara elektroda yang dilapisi oleh flux dan benda kerja.

Mesin las tipe ini tergolong dalam mesin las yang tidak terlalu berat dan sangat disarankan untuk para pemula yang ingin memulai masuk ke dalam dunia pengelasan.

Mesin las MMA / SMAW ini juga memiliki banyak pilihan spesifikasi  tergantung tipe dan juga ampere yang dibutuhkan, bahkan ada tipe mesin yang sudah memiliki teknologi Inverter yang dapat menghemat listrik.

Mesin las tipe MMA ini juga banyak digunakan untuk pengelasan di rumah maupun juga di bengkel karna daya listrik yang tidak terlalu besar penggunaannya.

Mesin Las Listrik MIG/GMAW & FCAW
Mesin las listrik MIG (Metal Inert Gas) & FCAW (Flux Core Arc Welding) adalah tipe mesin las yang dapat digunakan untuk proses pengelasan pada metal atau logam menggunakan gas. Gas yang digunakan adalah gas CO2 atau gas karbondioksida.

Perbedaan yang terdapat pada mesin las tipe MIG/GMAW & FCAW secara sederhana hanyalah di gulungan kawat yang digunakan saja.

Mesin las tipe ini sangat cocok digunakan untuk pengelasan pada logam dan besi plat tipis, dari yang berukuran tipis hingga yang ketebalan sangat tebal sekalipun.

Kelebihan yang dihasilkan dari mesin las listrik tipe ini yaitu panasnya tidak melebar, jadi hasil pengelasan lebih rapi dan sangat cocok untuk pengelasan pada motor, kendaraan, kapal yang tentunya membutuhkan hasil pengelasan yang lebih rapi dan cepat proses pengerjaannya.


Baca Juga:

Mesin Las Listrik TIG
Mesin las listrik TIG (Tungsten Inert Gas) atau yang biasa lebih dikenal dengan nama mesin las argon. Mesin las tipe ini memiliki fungsi mengelas berbagai jenis baja ringan, alumunium, stainless steel dan kuningan.

Tetapi yang harus anda perhatikan dalam penggunaan mesin las tipe TIG (Tungsten Inert Gas) ini sendiri adalah dari teknik pengelasan yang berbeda dengan tipe mesin listrik lainnya karna mesin las tipe TIG ini lebih rumit dalam penggunaannya, namun hasil yang dihasilkan lebih bagus.

Dan beberapa tipe juga sudah dilengkapi dengan teknologi inverter yang dapat menghemat listrik, perbedaan antara mesin las TIG dan mesin las MMA yaitu ada ditambahan penggunakan gas argon pada mesin las TIG yang disambungkan antara tabung argon dan mesin las itu sendiri menggunakan selang khusus.

Demikian ulasan untuk beberapa jenis – jenis mesin las listrik pada umumnya, juga beberapa kelebihan dan juga kekurangan setiap jenis-jenis mesin las tersebut. Kembali lagi ke kebutuhan anda sekalian apakah anda akan menggunakan mesin las ini untuk industri rumahan, bengkel, ataupun untuk keperluan industri yang skalanya sudah besar. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat menjadi pertimbangan anda-anda sekalian dalam memilih mesin las dan juga bermanfaat untuk para konsumen dari PT. Indotara Persada.


Related Articles