Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

JENIS-JENIS STABILIZER/ AVR

Stabilizer / Automatic Voltage regulator merupakan barang lumrah yang beredar di pasaran. Mulai dari kapasitas yang kecil hingga yang berkapasitas sangat besar mudah kita temui di pasaran. Penggunakan stabilizer / automatic voltage regulator harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna dan oleh sebab itu juga, stabilizer diciptakan dengan berbagai jenis dan keunggulan masing-masing.
Umumnya untuk stabilizer dibagi menjadi 4 jenis, namun dalam pembahasan kita kali ini saya akan membahas stabilizer / AVR yang paling banyak digunakan oleh konsumen. Jenis stabilizer tersebut dibagi menjadi 2 yaitu Stabilizer Servo/Motor dan Stabilizer Ferro Resonant.

1. Stabilizer Servo / Motor
Stabilizer AVR servo motorStabilizer dengan sistem kerja Servo / Motor merupakan stabilizer yang paling banyak kita temui di pasaran. Komponent utama didalam stabilizer ini merupakan Gulungan dinamo ( motoran) sebagai fungsi utama dalam stabilizer tersebut. Sehingga, ketika terjadi tegangan listrik yang naik / turun dari sumber listrik utama, gulungan motor bekerja menstabilkan listrik ke semula. Keunggulan dari stabilizer Servo ini yaitu selain harganya yang lumayan murah, jangkauan fluktuasi listrik dari stabilizer tipe ini cukup tinggi dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Namun, kelemahan dari stabilizer tipe ini yaitu response time yang diperlukan untuk menstabilkan tegangan cukup lama, yaitu di kisaran 1-2 detik dan untuk stabilizer tipe servo membutuhkan Carbon Brush untuk pengerjaannya. Dengan kata lain stabilizer tipe servo membutuhkan maintenance penggantian carbon brush jika sudah habis / aus. Namun jangan khawatir, untuk harga karbon brush cukup murah dan mudah sekali ditemukan di pasaran. Jangka waktu pergantian karbon brush tidak bisa diperkirakan dikarenakan tergantung dari banyaknya regulasi dari stabilizer itu sendiri. Namun umumnya pergantian karbon brush setelah 2-3 tahun pemakaian.

2. Stabilizer Ferro Resonant
Stabilizer Ferro ResonantStabilizer Ferro Resonant merupakan stabilizer dengan teknologi paling tinggi dari semua stabilizer. Dengan sistem kerja menggunakan capacitor dan isolation transformer, stabilizer tipe ini sangat handal dalam menangani permasalahan listrik, bukan hanya untuk tegangan listrik yang tidak stabil naik atau turun namun juga melindungi peralatan dari Surge, Sag, Spike serta Noise. Stabilizer tipe Ferro resonant ini merupakan stabilizer dengan response time tercepat. Umumnya dibawah 0,5 detik jika ada tegangan naik atau turun dari sumber listrik. Namun untuk stabilizer tipe Ferro resonant ini harganya terbilang cukup mahal. Harga stabilizer tipe ini bisa dua kali lipat dari harga stabilizer tipe servo motor . Akan tetapi harga yang diberikan sesuai dengan kualitas dan hasil dari stabilizer Ferro resonant ini. Umumnya stabilizer ini digunakan untuk mesin-mesin tertentu yang membutuhkan response regulating listrik yang cepat.

Dalam pemilihan tipe stabilizer baiknya menentukan terlebih dahulu kebutuhan yang sesuai oleh konsumen. Kesalahan penentuan penggunaan stabilizer dapat berakibat hasil yang dibutuhkan tidak sesuai, terlalu mahal, ataupun response time yang dibutuhkan tidak mencukupi. Penggunaan Stabilizer untuk rumah baiknya menggunakan stabilizer tipe servo/motor untuk menghemat biaya. Namun, semua itu tergantung anda. Pintar-pintarlah dalam memilih dan memilah jenis stabilizer yang anda butuhkan. Jika ragu, segera hubungi vendor - vendor stabilizer / AVR kesayangan anda untuk berkonsultasi.

Arakawa sebagai salah satu brand ternama untuk product Stabilizer siap mengatasi segala permasalahan tegangan listrik di tempat anda. Garansi product hingga 5 tahun menjadi jaminan kualitas bagi costumer product Arakawa. Segera hubungi PT. Indotara Persada untuk mendapatkan product Arakawa untuk anda.

Penulis : Alex Lee
Editor : Takiyudin

Arakawa Stabilizer

List-Product-Arakawa-Stabilizer


Related Articles