Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

JENIS-JENIS UPS ( Uninterruptible Power Supply )

UPS UPS ( Uninterupptible Power Supply ) sudah banyak sekali beredar di pasaran. Mulai dari yang harganya ekonomis sampai dengan harga yang fantastis tersedia dan mudah dicari di pasaran. Mengingat dari fungsi UPS ( Uninterruptible Power Supply ) yang sangat penting untuk melindungi peralatan - peralatan mulai dari yang berbasis kesehatan hingga pabrik, permintaan akan ketersediaan UPS semakin tinggi dan bervariasi. Oleh karena itu, perkembangan teknologi UPS semakin cepat dan bermunculanlah jenis-jenis UPS baru
UPS dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu offline, dan Online UPS. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. berikut penjelasan untuk UPS offline dan online :

1. UPS Offline

Offline UPS.jpgUPS jenis offline, sistem kerjanya menggunakan switch antara listrik PLN dan Batterai UPS, sehingga untuk pergantian daya dari listrik PLN ke batterai jika terjadi blackout ( mati lampu ), UPS masih memiliki jeda peralihan (transfer time) ke sumber listrik batterai. Untuk mesin-mesin tertentu yang sangat sensitif, jeda waktu tersebut dapat mengganggu kinerja mesin dan lebih parahnya lagi yaitu menyebabkan mesin terestart. Namun disamping itu harga UPS type offline terbilang lebih murah dari jenis UPS lainnya. Untuk beberapa jenis UPS offline memiliki stabilizer/AVR didalamnya atau yang biasa disebut UPS offline Line-Interactive. UPS offline Line-Interactive merupakan UPS yang dapat mengatur teganan yang keluarkan oleh UPS itu sendiri dikarenakan listrik yang masuk dari sumber utama diregulasikan/distabilkan terlebih dahulu oleh komponen stabilizer/AVR didalamnya.

2.
UPS Online

Online UPS.jpgUPS tipe Online merupakan jenis UPS dengan teknologi yang lebih canggih dari UPS jenis offline. Sistem kerja yang digunakan yaitu menggunakan inverter sehingga listrik yang dialirkan dari PLN diubah oleh komponen rectifier ( AC ke DC ) masuk ke battery dan diubah kembali oleh inverter ( DC ke AC ) menuju peralatan. Dengan sistem kerja seperti ini menyebabkan tidak ada jeda waktu peralihan antara listrik PLN dan battery. Untuk UPS tipe online, tegangan listrik yang dihasilkan tidak terpengaruh oleh sumber listrik utama dikarenakan tegangan yang dikeluarkan dari battery telah distabilkan oleh inverter.

Dalam memilih jenis UPS ( Uninterruptible Power Supply ) yang baik yaitu menyesuaikan dengan kebutuhan penggunan. Jika penggunaan UPS untuk memback-up mesin-mesin yang sensitif dan membutuhkan tegangan listrik yang stabil, UPS Online lah tipe yang cocok untuk kebutuhan anda. Jika budget anda terbatas dan peralatan yang di backup tidak terlalu sensitif, UPS offline bisa menjadi solusi untuk anda.

Arakawa hadir di Indonesia sebagai produk UPS yang berkualitas, awet dan dapat dihandalkan. Mengusung UPS dengan teknologi Online dengan output stabil dan pure sinewave, Arakawa merupakan solusi terbaik untuk membackup peralatan-peralatan anda. Harga yang ekonomis serta perawatan yang mudah serta tenaga engineering yang handal menjadi jaminan Arakawa terhadap kepuasan konsumen tersendiri. Segera dapatkan produk Arakawa di PT. Indotara Persada!


Penulis : Alex Lee
Editor : Takiyudin
Ups


Related Articles