Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Kelebihan Dan Kekurangan IGBT Pada Mesin Las Listrik

Posted Date, 21 Januari 2023

Editor: Ipin

Penulis: Azri Ardhian Tanjung

Kelebihan Dan Kekurangan IGBT Pada Mesin Las Listrik

Kelebihan Dan Kekurangan IGBT Pada Mesin Las Listrik - Mesin Las inverter saat ini merupakan mesin las yang paling popular, jadi kita akan membahas mengenai teknologi yang ada pada mesin las inverter yaitu IGBT. Mesin las inverter merupakan hasil ekspansi dari mesin las konvensional yang memakai transformator atau koil. IGBT atau Insulated Gate Bipolar Transistor adalah komponen semikonduktor yang digunakan pada mesin las, komponen ini memiliki kecepatan tinggi dalam melangsungkan switching dan banyak digunakan untuk mesin las saat ini untuk mengakomodasi dalam mengatur voltase.

Pada mesin las inverter, daya diperoleh lewat proses switching transformator inti ferit. Frekuensi switching tinggi antara 18-100khz sehingga ukuran transformator kecil dan mengakibatkan daya yang besar, IGBT ini dibuat dan dirancang ahli elektronik sebagai transistor yang dirancang dengan impedasi tinggi, sehingga tidak membebani rangkaian Kontrol terutama bagian driver.

Dalam hal performa kemampuan mesin las inverter dapat dibilang lebih superior jika bandingkan dengan mesin konvensional, khususnya untuk pengelasan stick. Pengguna dapat dengan mudah melakukannya karena kemampuan mesin las inverter yang memiliki tegangan Open Circuit yang lebih tinggi dan menggabungkan fitur seperti Hot Start, Anti-Stick & Arc-Force.

Kita langsung masuk pada pembahasan yang lebih ringan saja ya. Kelebihan Dan Kekurangan IGBT Pada Mesin Las Listrik.

Kelebihan IGBT
  1. Mesin las memiliki tampilan digital yang ramah pengguna.
  2. Teknologi terbaru
  3. Konsumsi Listrik yang kecil Relatif.
Baca Juga:
Saat mesin las menyala tapi tidak digunakan, tahanan listriknya menjadi besar dan dapat menahan arus listrik besar. Sehingga konsumsi daya listrik lebih kecil.

Bisa diandalkan untuk listrik yang tidak stabil karena lebih tahan dengan fluktuasi listrik yang dapat merusak perangkat mesin las.
  1. Ukuran lebih kecil.
  2. Range Ampere yang dihasilkan lebih tinggi.
  3. Termasuk tahan lama.
Gampangnya, Teknologi IGBT ukurannya lebih kecil tapi bisa mengkonvert daya listrik rendah menjadi lebih besar dari teknologi yang sebelumnya sudah ada seperti Mosfet dan Bipolar.

Kekurangan IGBT
Selanjutnya, kita sudah tahu beberapa kelebihan IGBT dan juga harus tahu kekurangannya.
  1. Harga lebih mahal dibanding mesin las Konvensional
  2. Impedansi termal lebih rendah, sehingga lebih cepat panas
Mesin las inverter mempunyai berat yang lebih ringan dan berukuran kecil sehingga lebih mudah dibawa untuk bepergian dan di tempat yang sempit. Mesin las ini menawarkan hasil pengelasan dengan kualitas yang tinggi dan bisa digunakan untuk berbagai proses las seperti MIG, FCAW, SMAW, TIG dan juga Gouging.

Semoga sedikit artike ini membantu untuk Anda untuk memilih mesin las yang terbaik. Indotara telah lama bekerja sama dengan produk mesin las FUJIWELD untuk menghadirkan teknologi mesin las terbaru, hal ini terbukti dari daya tahan mesin las yang lebih lama.