Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Keunggulan Sistem Solar Panel On Grid Pada Saat Ini

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Harun Karim

Keunggulan Sistem Solar Panel On Grid Pada Saat Ini

Cara merawat sistem solar panel agar kinerja solar panel tetap maksimal - Dijaman sekarang ini sudah banyak masyarakat yang mengenal dan menggunakan sistem solar panel atau PLTS, sistem kerja daripada solar panel ini adalah cahaya yang dihasilkan oleh matahari akan diserap oleh papan panel kemudian cahaya yang menghasilkan energi listrik DC masuk keinverter dan diolah mencari listrik AC kemudian akan didistribusikan kerumah melalui kwh net metering. Ada beberapa macam tipe sistem solar panel, ada sistem on grid, sistem off grid, dan sistem hybrid. Dan yang akan dibahas saat ini ialah sistem on grid.

Sistem on grid pada solar panel ialah gabungan antara listrik yang dihasilkan oleh solar panel dan listrik dari PLN, dimana untuk siang harinya listrik pada rumah menggunakan listrik yang dihasilkan dari solar panel dan ketika malam harinya menggunakan listrik dari PLN. Dan sistem on grid ini tidak menggunakan battery jadi tidak dapat untuk menyimpan daya listrik cadangan, sistem on grid ini hanya untuk mengurangi estimasi tagihan listrik bulanan saja. Berbeda dengan tipe off grid yang menggunakan battery untuk menyimpan daya dan tidak menggunakan listrik dari PLN. Dan untuk sistem on grid ini untuk perawatannya cukup mudah, cukup dengan membersihkan papan panel dengan air dan diseka dengan lap halus supaya tidak ada debu dan partikel yang lain menempel pada papan panel yang dapat mengganggu penyerapan cahaya matahari pada papan panel. Dan setelah melewati perhitungan balik modal kurang lebih lima sampai tujuh tahun  anda sudah dapat menerima listrik gratis yang dihasilkan oleh solar panel selama anda menggunakan solar panel sistem on grid tersebut.
Baca Juga:

Untuk perhitungan balik modal ini bisa lebih cepat apabila ada kenaikan tarif dasar listrik. Apabila ada listrik yang lebih yang dihasilkan oleh solar panel maka listrik tersebut akan dikirimkan ke PLN untuk memotong estimasi tagihan listrik bulanan anda. Untuk perhitungan penghematannya anda bisa menghemat pembayaran estimasi tagihan listrik anda sekitar 50% dan anda tidak perlu melakukan pergantian battery pada sistem on grid ini. Dengan anda memasang solar panel on grid ini anda sudah melakukan go green dengan memanfaatkan energi dari cahaya matahari yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan dampak terhadap lingkungan karena tidak menghasilkan limbah dari penghasilan listrik oleh solar panel.

Pastikan anda membeli solar panel dengan merk dan kualitas yang sudah terjamin, dengan anda membeli solar panel merk ARAKAWA dari PT Indotara Persada yang sudah terjual hampir keseluruh Indonesia dengan jaminan kualitas serta harga terjangkau. Dan apabila anda berada diwilayah JABODETABEK anda bisa mendapatkan fasilitas survey dan pengiriman gratis dari PT Indotara Persada. Jadi tunggu apalagi segara hubungi tim marketing dari PT Indotara Persada untuk mendapatkan solar panel yang anda inginkan.