Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Keuntungan Menggunakan Panel Surya On Grid Tanpa Baterai

Posted Date, 19 Januari 2023

Editor: Rosyid

Penulis: Haizul Kurnia, A.Md.Kom.

Keuntungan Menggunakan Panel Surya On Grid Tanpa Baterai

Keuntungan Menggunakan Panel Surya On Grid Tanpa Baterai - Penghematan tagihan listrik merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh kita sebagai pengguna listrik.  Pemanfaatan energi matahari terbarukan sebagai upaya untuk mengurangi konsumsi energi dari bahan bakar pembangkit generator (minyak dan batubara) menjadi salah satu solusi saat ini dan masa yang akan datang mengingat potensi nya sangat besar apalagi peralatan dan teknologi untuk mengubah  sinar matahari menjadi listrik berkembang sangat pesat.

Energi matahari merupakan energi  alternatif yang sangat potensial karena merupakan sumber energi yang tidak berpolusi, bersih, dan terbarukan maka dari itu panel surya adalah energi yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan installasi panel surya di rumah, kita pasti dapat menghemat tagihan listrik tergantung kapasitas produksi panel surya yang kita pasang.

Apa Itu solar panel system On Grid?
Solar Panel system On Grid adalah suatu solusi yang tepat bagi para pemilik rumah,bangunan komersil dan bangunan industri, yang ingin mendapatkan energi matahari dari atap rumah/gedung melalui panel surya untuk mendapatkan sejumlah energi listrik yang ramah lingkungan yang dapat mengurangi emisi gas karbon sekaligus bisa memberikan penghematan biaya tagihan pemakaian listrik karena energi listrik yang dihasilkan oleh instalasi dari PLTS Atap bisa digabungkan ke jaringan listrik PLN.

Baca Juga:

Apa untungnya bagi pelanggan PLN yang memasang PLTS atap system On Grid ?
Jawabannya adalah : pelanggan pasti akan mendapatkan penghematan pembayaran tagihan listrik atas energi matahari yang di hasilkan malalui PLTS Atap yang dipasang di atap rumah/atap gedung pabrik.
Ilustrasi penghematan biaya tagihan listrik PLN dapat digambarkan sebagai berikut: Energi listrik yang dihasilkan PLTS Atap akan dicatat sebagai kWh export, maka kWh yang di export diperhitungkan mengurangi tagihan pembayaran tagihan listrik.
Dari segi sisi Investasi awal pembangunan PLTS atap system On Grid tidak memerlukan budget yang lebih mahal di banding menggunakan PLTS system baterai.

Bagaimana Cara Kerja PLTS Sistem On Grid ?

Pada saat matahari bersinar rangkaian Solar panel akan menghasilkan arus DC selama waktu produksi bilamana terdapat tingkat radiasi matahari yang cukup dan diteruskan ke inverter. Dari Inverter On Grid akan mengkonversi arus DC ke arus AC dan mensikronisasi sehingga didapat frekuensi (Herzt), Voltage  dan phase sine wave yang sama dengan jaringan utility yang terhubung.

Apa kelebihan dengan memakai PLTS On Grid?
  1. Pasti dapat membantu menekan biaya tagihan listrik dari PLN.
  2. Semakin tinggi tagihan biaya PLN maka semakin besar peluang penghematan bisa dilakukan dengan solar panel.
  3. PLTS On Grid tidak membutuhkan baterai sebagai penyimpanan daya, kelebihan energi yang di hasilkan langsung dialirkan ke PLN menggunakan meteran kWh Exim.
  4. Konsep penghijauan GO Green dengan pemanfaatan energi ramah lingkungan dan terbarukan.

Jangan lupa untuk menghubungi Sales penjualan Solar Panel yang sudah berpengalaman untuk menentukan kebutuhan Solar Panel System yang sesuai dengan kebutuhan anda.