Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Komponen-Komponen Pada UPS dan Kegunaannya

Posted Date, 28 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Harun Karim

Komponen-komponen pada UPS dan kegunaannya

Komponen-komponen pada UPS dan kegunaannya - Listrik yang padam secara tiba-tiba sering kali terjadi dan bisa merugikan kita karena bisa menyebabkan kerusakan pada alat elektronik anda dan hal ini akan merugikan anda. Dengan adanya UPS atau Uninterruptible Power Supply yang merupakan perangkat yang bisa menyimpan daya cadangan untuk beberapa saat ketika listrik dari PLN padam, menjadi solusi supaya alat elektronik tidak mudah rusak akibat listrik yang padam tiba tiba atau ketika anda sedang menunggunakan komputer kemudian mengalami padam listrik tiba-tiba, UPS ini befungsi untuk memberikan cadangan daya untuk anda menyimpan data data anda sebelum anda mematikan komputer anda.

Mungkin beberapa dari kita penasaran seperti apa si komponen komponen yang terdapat dalam UPS sehingga bisa memberikan cadangan waktu beberapa saat dan bisa mengubah arus listrik dari yang disuplai PLN atau arus AC bisa mengisi listrik pada baterai atau arus DC kemudian bisa mensuplai kembali ke alat elektronik dengan arus AC, karena arus listrik yang dihasilkan oleh baterai tentu berbeda dengan arus listrik yang disuplai dari PLN. Berikut ini beberapa komponen yang terdapat didalam UPS serta kegunaan dari komponen tersebut.

Komponen komponen pada UPS
  1. Baterai
Baterai ini berfungsi untuk menyimpan daya untuk mencadangkan listrik ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN, dan banyaknya baterai dapat diatur sesuai dengan kebutuhan berapa lama cadangan waktu yang akan diinginkan oleh customer terhadap UPSnya. Dan untuk baterai ini harus anda cek secara berkala supaya dapat menyimpan daya dengan maksimal, apabila baterai dirasa kurang maksimal maka anda harus segera mengganti baterai yang lama dengan yang baru supaya baterai dapat menyimpan daya dengan maksimal kembali. 


Baca Juga:


  1. Inverter
Inverter ini berfungsi merubah arus listrik pada baterai dari arus DC ke arus AC dan supaya bisa untuk mensuplai listrik dari battery ke alat elektronik selama beberapa waktu ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN.
  1. Rectifier
Rectifier ini berfungsi untuk mengubah arus listrik dari PLN arus AC ke arus DC untuk melakukan pengisian baterai pada UPS, supaya baterai bisa digunakan ketika listrik dari PLN mengalami padam tiba-tiba

Dari ketiga komponen tersebut akan berkerja ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN untuk mensuplai cadangan daya yang tersimpan pada baterai ke alat eletronik sementara waktu  dan ketika listrik sudah nyala kembali maka baterai UPS akan diisikan kembali dari rectifier dari listrik PLN.

Jangan sampai anda salah membeli UPS untuk alat elektronik kesayangan anda, UPS dengan kualiatas yang terjamin dan terpercaya hanya anda bisa dapatkan di PT Indotara Persada, dengan pelayanan sales dan aftersales yang ramah, kejaminan ketersediaan spaperat serta dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang memuaskan serta dengan garansi 3 tahun untuk sparepart dan service untuk UPS. Ingat UPS ingat Indotara.