Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

KOMPONEN PADA GENSET

KOMPONEN PADA GENSETDalam membeli suatu peralatan atau mesin, cukup penting bagi kita jika mengetahui komponen-komponen apa saja yang terdapat dalam peralatan atau mesin tersebut. Hal tersebut akan berguna jika suatu saat peralatan atau mesin yang kita beli mengalami kerusakan, kita bisa tahu komponen apa yang rusak dan kita bisa terhindar dari oknum-oknum teknisi nakal yang membuat kita harus mengeluarkan biaya lebih guna memperbaiki peralatan atau mesin tersebut. Contohnya, oknum teknisi nakal berkata bahwa bagian/part “A” dari mesin kita mengalami kerusakan sehingga harus diganti, padahal tidak terjadi kerusakan apa-apa pada bagian tersebut.

Baca Juga : TIPS CARA MERAWAT GENSET
CARA MENCEGAH BODY GENSET BERKARAT
DISTRIBUTOR GENSET DI JAKARTA

Saat ini saya akan bahas mengenai komponen-komponen yang terdapat di dalam sebuah Generator Set atau yang biasa disebut Genset. Berikut adalah komponen utama dari Generator Set atau Genset :

1. KOMPONEN PADA GENSET - Mesin / Engine

MESIN ENGINE Mesin merupakan komponen utama dari Generator Set atau Genset. Mesin merupakan sumber energi input mekanis untuk generator. Ada beberapa bahan bakar yang digunakan agar mesin generator bisa beroperasi, diantaranya bensin, gas, atau diesel (solar). Bensin biasa digunakan di generator dengan kapasitas kecil sedangkan gas dan diesel biasanya digunakan di generator dengan kapasitas besar.


2. KOMPONEN PADA GENSET - Alternator

Alternator
Input mekanis dari mesin menghasilkan output listrik, alternator inilah bagian generator yang menghasilkan output listrik tersebut. Stator dan Rotor atau Amature merupakan komponen yang bekerja di dalam generator. Stator merupakan komponen stasioner. Rotor atau Amature merupakan komponen yang bergerak menghasilkan medan magnet..


3. KOMPONEN PADA GENSET - Tangki Bahan Bakar

Fuel Tank
Besarnya kapasitas tangki bahan bakar berbanding lurus lamanya genset mampu beroperasi. Biasanya tangki bahan bakar mampu menjaga genset untuk beroperasi selama 6 hingga 8 jam. Dan untuk aplikasi yang komersial biasanya menggunakan tangki bahan bakar eksternal yang tentunya berguna untuk memperlama waktu operasional dari genset.


4. KOMPONEN PADA GENSET - Voltage Regulator

Voltage Generator
Voltage Regulator merupakan komponen yang mengatur besarnya tegangan yang keluar dari generator. Hal ini sangat penting, karena jika listrik yang dihasilkan genset memiliki tegangan yang tidak stabil, tentu akan merusak alat-alat yang dipakai dengan genset tersebut, bahkan alat listrik bisa tidak berfungsi.


5. KOMPONEN PADA GENSET - Exhaust Cooling System

Exhaust Cooling
Penggunaan genset pasti akan menimbulkan panas. Jika panas tersebut tidak dilepaskan maka akan sangat berbahaya bagi generator, generator bisa rusak bahkan meledak karena overheating (kelebihan panas). Pendingin dan exhaust sistem inilah yang berperan sebagai ventilasi untuk melepaskan panas tersebut. Pelepasan panas tersebut biasanya dengan sistem pembuangan gas melalui kenalpot, radiator, dan kipas.


6. KOMPONEN PADA GENSET - System Lubricant

Lubricant
Pelumasan tentu diperlukan agar genset mampu beroperasi dengan halus dan tahan lama. Di dalam pompa tersimpan minyak yang berfungsi untuk melumasi mesin generator. Kadar minyak pelumas ini perlu dicek setiap generator beroperasi selama 8 jam.


7. KOMPONEN PADA GENSET - Baterai

Baterai
Pada mulanya generator berfungsi karena adanya daya dari baterai. Jika baterai dalam kondisi rusak, sudah pasti tidak akan mampu menghidupkan generator. Baterai di charge secara otomatis ketika genset beroperasi.


8. KOMPONEN PADA GENSET - Control Panel

Control Panel
Control Panel merupakan user interface dari generator yang berfungsi untuk mengontrol dan mengatur outlet listrik serta settingan generator


9. KOMPONEN PADA GENSET - Frame / Kerangka Utama

Frame
Pendesainan frame atau kerangka utama cukup penting. Frame atau kerangka utama harus didesain sedemikian rupa agar betul-betul menjadi rumah yang aman bagi generator. rame atau kerangka utama harus didesain memiliki grounding, ini sangat penting untuk keselamatan pengguna.

Itulah tadi beberapa komponen yang terdapat di dalam genset. Komponen tersebut perlu dimaintenance dengan baik agar genset tetap selalu prima.

 

banner percayakan indotara


Penulis: STEFANUS
Editor: IQBAL


Genset Iwata 3

dummy product genset iwata


Related Articles