Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Komponen Pada Sistem Solar Panel On Grid

Posted Date, 17 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Harun Karim

Komponen Pada Sistem Solar Panel On Grid

Komponen Pada Sistem Solar Panel On Grid - Seiring dengan perkembangan jaman, sudah banyak masyarakat yang beralih dari listrik PLN menjadi listrik dari solar panel. Solar panel saat ini sudah mulai digandungi oleh masyarakat Indonesia, karena selain bisa untuk mengurangi estimasi tagihan listrik bulanan ataupun untuk menjadi sumber listrik didaerah yang belum terdapat aliran listrik dari PLN, serta dapat juga mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh pembangkit tenaga listrik.

Terdapat tiga jenis solar panel yang digunakan saat ini yaitu, on grid, off grid dan hybrid. Ketiga jenis solar panel tersebut memiliki kekurangan serta kelebihannya masing masing. Dari ketiga sistem solar panel tersebut terdapat beberapa komponen – komponen untuk menjalankan sistem solar panel tersebut. Saat ini akan dibahas komponen – komponen pada sistem solar panel on grid. Yaitu ada Papan PV Panel, Inverter serta net metering atau meteran import import.
  1. Papan PV Panel
Papan PV Panel ini berfungsi untuk menyerap panas yang dihasil oleh matahari kemudian disalurkan keInverter.
  1. Inverter
Inverter berfungsi untuk mengubah listrik yang dihasilkan dari PV panel berupa arus DC untuk diubah menjadi arus AC agar dapat digunakan pada alat elektronik
  1. Net metering
Net metering atau meteran export import merupakan komponen yang penting dalam pemasangan solar panel on grid karena net metering ini yang akan mengatur pergantian listrik dari solar panel dan listrik PLN, ketika siang hari, malam hari ataupun ketika cuaca sedang hujan disiang hari. Dan net metering ini akan mengimport listrik dari solar panel apabila ada kelebihan daya dari solar panel. Jika tidak dilakukan pengantian meteran kwh ke net metering ketika terjadi kelebihan daya yang dihasilkan oleh solar panel maka piringan hitam pada meteran kwh akan berputar berlawanan arah, dan ini diindikasikan bisa terjadi perlanggaran oleh PLN yang dilakukan oleh customer dan bisa berakibatkan pemutusan aliran listrik oleh PLN.
Baca Juga:

Selain ketiga komponen tersebut, sebelum anda melakukan pemasangan solar panel anda harus memperhatikan arah mata angin, sebaiknya anda memasang solar panel dengan mengikuti arah mata angina utara, agar papan PV panel dapat menerima panas matahari dengan baik, dan solar panel dapat berkerja dengan maksimal.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menjual solar panel, tetapi anda jangan sampai salah dalam membeli solar panel. Hanya di PT Indotara anda bisa mendapatkan produk solar panel dengan merk ARAKAWA yang sudah terjamin kualitasnya dan sudah banyak terpasang dihampir seluruh Indonesia. Dengan pelayanan sales dan aftersalesnya yang ramah serta terjaminan untuk kesediaanya sparepart dan service karena PT Indotara merupakan distributor tunggal untuk solar panel dengan merk ARAKAWA.