Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

KOMPONEN UTAMA PADA GENSET

KOMPONEN UTAMA PADA GENSET - Genset atau generator set adalah perangkat yang dewasa ini sangat dibutuhkan dalam industry maupun rumah tangga. Seperti yang kita tau bahwa listrik di Indonesia belum tersebar secara menyuluruh ke semua wilayah Indonesia. Selain itu listrik di Indonesia juga terkenal dengan seringnya pemadaman. Untuk menyiasati hal tersebut genset sangatlah dibutuhkan, karena genset mampu menghasilkan listrik hanya dengan bahan bakar bensin maupun solar. Biasanya untuk kapasitas kecil genset menggunakan bahan bakar bensin, jika untuk kapasitas besar menggunakan solar.

W3.CSS

KOMPONEN UTAMA PADA GENSET

KOMPONEN UTAMA GENSET

Komponen utama pada sebuah genset terdapat 2 bagian, yaitu Mesin dan Alternator. Berikut adalah komponen-komponen utama pada sebuah genset :

1. Mesin

Mesin adalah penggerak untuk genset agar dapat beroperasi. Seperti halnya mobil, mesin merupakan komponen vital dalam sebuah genset. Genset dengan mesin yang besar biasanya memiliki kapasitas daya yang besar pula. Tips bagi Anda, dalam membeli genset pastikan dulu bahan bakar pada mesin genset tersebut. Bensin atau solar, untuk genset kapasitas besar biasanya menggunakan solar. Untuk genset yang memiliki kapasitas kecil pada umumnya menggunakan bahan bakar bensin.


2. Alternator

Alternator merupakan komponen pada genset yang mampu menghasilkan output listrik yang disalurkan oleh mesin. Terdapat berbagai komponen pada alternator yang mampu membuat gerakan relatif antara medan magnet dan listrik. Beberapa komponen pada alternator antara lain:

Stator, pada stator terdapat kumparan kawat yang bisa memotong medan magnet pada saat generator berputar. Sejatinya stator hanya diam dalam arti tidak bergerak atau berputar.

Rotor adalah komponen yang bergerak dan dengan gerakan tersebut mampu menghasilkan medan magnet. Rotor bergerak dengan 3 cara anatara lain dengan induksi, dengan magnet permanen dan dengan menggunakan exciter.

Rotor yang bergerak di sekitar stator menghasilkan medan magnet yang menginduksi tegangan perbedaan anatara gulungan stator. Hal ini menghasilkan arus bolak-balik atau Arus AC dari generator.

Itulah komponen utama pada sebuah mesin genset, sebenarnya untuk komponen pendukung pada genset sangat banyak karena genset terdiri dari berbagai rangkaian yang menyatu sehingga mampu menghasilkan listrik.

Untuk memilih sebuah genset jangan asal pilih, ada beberapa poin yang perlu kita perhatikan antara lain:

Kapasitas, kita perlu menghitung beban yang kita gunakan kemudian memilih kapasitas genset seusai kebutuhan. Jika beban kita 10Kva maka jangan memilih genset dengan kapasitas 10Kva, pilihlah genset dengan kapasitas diatasnya. Misalnya 15kva atau 20kva, hal ini digunakan untuk memberikan ruang pada genset agar tidak bekerja dengan beban yang terlalu berat.

Kemudian yang kedua adalah jenis mesin, jenis mesin disini mempengaruhi bahan bakar yang digunakan untuk mesin kapasitas besar baiknya menggunakan mesin dengan bahan bakar solar. Untuk kapasitas kecil menggunakan bahan bakar bensin.

Ketiga adalah voltase, jika perangkat kita memputuhkan listrik 3 phase maka kita perlu membeli genset dengan voltase 3 phase. Genset dengan voltase 3 phase dapat digunakan untuk perangkat 1 phase dan 3 phase. Genset dengan voltase 1 phase hanya mampu digunakan untuk perangkat 1 phase saja.

Poin yang perlu juga perhatikan adalah penjual genset tersebut, pilihlah genset yang sudah terbukti handal dengan penjual yang kredibel. Jangan hanya menjual saja tapi lepas tangan jika terjadi masalah. Pastikan genset bergaransi dan suku cadangnya mudah ditemukan.

PT. INDOTARA PERSADA merupakan sole distributor pusat jual genset murah berkualitas. INDOTARA memiliki beragam kapasitas genset mulai dari 1000 watt hinnga 1160 Kilo Watt. Kami jual genset murah dengan bahan bakar solar dan bensin. Kami sebagai distributor utama dari jual genset murah dengan merk Falcon dan Iwata. Falcon adalah genset murah dengan bahan bakar bensin dan Iwata adalah genset murah berkualitas premium dengan bahan bakar solar.

Iwata memiliki sertifikat EPA dan CE yang semakin menunjukkan kualitas dari genset ini. Harga yang ditawarkan oleh PT. Indotara Persada juga sangat bersaing dan bahkan bisa dikatakan murah. Yang pasti bukan asal genset murah saja, namun juga berkualitas tinggi. Garansi genset Iwata 3 tahun atau 3000 jam (mana yang terlebih dahulu dicapai). Ini tentu menjadi salah satu bukti bahwa PT. Indotara Persada berkomitmen tinggi dalam penjualan genset murah. After sales juga siap diberikan kami berikan untuk kepuasan Anda!

LIHAT DISINI, DAFTAR HARGA LENGKAP GENSET INDOTARA

Stay Connected

Instagram Instagram pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : YUGUS

Editor : IQBAL

 

Chat Whatsapp

SELALU PERCAYAKAN INDOTARA SEBAGAI MITRA TERPERCAYA ANDA


Genset Iwata 3
dummy product genset iwata


Related Articles