Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Krisis Air Bersih

Posted Date, 16 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Yogi Pratama, S.M.

Krisis Air Bersih

Cara Mengatasi Air Berkapur - Tinggal di kota besar seperti Jakarta yang jauh dari air bersih memang merepotkan. Pasalnya, kita menghadapi masalah air keruh sementara aktivitas kita sehari-hari tetap berjalan. Maka tak heran jika banyak rumah di Jakarta yang mencari cara untuk menyaring air keruh menjadi jernih. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Jakarta merupakan salah satu kota yang paling sering dilanda banjir di Indonesia. Apalagi di tengah musim hujan, intensitasnya bisa tinggi atau sedang, dan sepertinya pemandangan air keruh di berbagai sungai sering ditemui. Nah, agar Anda bisa terhindar dari kondisi yang kurang baik tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui kondisi air tersebut. Ciri-ciri air jernih adalah sebagai berikut:

Tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau
Ciri pertama air jernih adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa khusus. Jadi, jika airnya jernih dan bebas dari rasa asin, asam, pahit, atau bahkan asin, Anda bisa menggunakan airnya untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, airnya tidak boleh berbau amis, busuk, atau belerang.

Tidak keruh
Ciri kedua air jernih adalah tidak keruh. Artinya air yang digunakan untuk minum harus bebas dari debu, pasir, lumpur, busa, bahkan sampah dan kotoran yang dapat merusak kejernihan air itu sendiri.

Memiliki pH netral
Konon air yang bisa diminum adalah air dengan keasaman netral. Jadi, air tidak boleh terlalu asam atau terlalu basa, karena dapat mengandung racun yang dapat mengganggu kesehatan.

Bebas bakteri
Terakhir, air yang bisa digunakan adalah air bebas bakteri. Misalnya bakteri penyebab diare, penyakit kulit, dan penyakit lainnya


Baca Juga:



Cara sederhana untuk menyaring air:

Air mendidih
Pertama, Anda bisa menyaring air keruh dengan cara merebusnya. Biasanya, air yang direbus hingga mendidih dan dibiarkan selama beberapa jam menghasilkan lapisan sedimen. Tapi, tentu saja, air yang sangat keruh tidak menjadi sangat jernih dengan cara ini.

Membuat saringan sederhana
Kedua, Anda dapat membuat filter sederhana dari pasir. Buatlah filter dari bahan-bahan tersebut yang masuk ke dalam wadah/botol filter. Kemudian, Anda tinggal menuangkan air yang keruh. Namun tentu saja bakteri yang ada tidak serta merta tersaring, karena alat ini sebenarnya hanya menyaring lumpur atau kotoran yang menyebabkan warna menjadi keruh.

Beli filter air
Dari semua pembahasan di atas, mana yang menurut Anda paling efektif dan menenangkan? Tentu saja, dengan jadwal sibuk Anda, Anda mungkin tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk merebus air atau kesulitan membuat perkakas tangan dari campuran pasir dan bahan lainnya. Jadi, cara paling praktis dan efektif adalah dengan membeli penjernih air untuk Anda. Pekerjaan, air keruh di lingkungan rumah Anda bisa jernih, dengan semua jenis bakteri di dalam air, cocok untuk minum.

Demikian ulasan cara menyaring air keruh agar menjadi jernih, yaitu dengan menggunakan saringan air. Bagi yang sedang mencari filter air Jakarta murah dan berkualitas untuk mengatasi air keruh, tidak perlu khawatir. Kusatsu hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan mesin berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.


Related Articles