Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

MAINTENANCE STABILIZER

MAINTENANCE STABILIZERDewasa ini, banyak user atau pengguna stabilizer tidak mengetahui cara memaintenance Stabilizer yang telah kita beli atau gunakan. Sebenarnya, perawatan atau maintenance untuk stabilizer sangat mudah sekali. Maintenance stabilizer bisa dilakukan sendiri tanpa perlu tenaga ahli seperti teknisi atau tukang listrik. Maintenance sebuah stabilizer yang paling utama yaitu kebersihan. Semua peralatan butuh dijaga kebersihkannya agar awet dan tahan lama, tidak terkecuali Stabilizer. Membersihkan sebuah stabilizer sangat mudah, cukup dibersihkan dengan vacum cleaner atau kemoceng untuk menghindari UPS berdebu. Bagian ventilasi UPS bisa lebih diperhatikan agar debu tidak menghambat keluar masuknya udara. Jika Ventilasi stabilizer terganggu, tentu akan berakit panas berlebih di dalam stabilizer dan mempengaruhi kinerja stabilizer itu sendiri.

Stabilizer tipe servo motor memerlukan maintenance atau perawatan khusus dalam jangka waktu tertentu. Di dalam sebuah stabilizer, terdapat consumeable part / part habis pakai yang perlu diganti sewaktu - waktu yaitu yang biasa disebut carbon brush. Carbon brush akan habis sesuai dengan banyaknya pemakaian atau parahnya kelistrikan di lokasi stabilizer. Jangka waktu pergantian carbon brush tidak bisa ditentukan, namun umumnya berkisar antara tiga sampai empat tahun. Carbon brush bisa didapatkan dengan mudah di toko - toko sparepart atau peralatan listrik. Harganya pun cukup ekonomis di kisaran harga Rp 200.000 hingga Rp 300.000 tergantung pada harga penjual.

Baca Juga :
BEBERAPA MASALAH KERUSAKAN PADA UPS


FUNGSI DAN KEGUNAAN STABILIZER


GUNAKAN STABILIZER UNTUK MESIN PENDINGIN ANDA

Pada penggunaan stabilizer yang sudah cukup lama, umumnya 5 tahun keatas, baiknya dilakukan pengecekan kabel input dan output untuk menghindari kerusakan kabel akibat dimakan waktu. Kulit kabel yang sudah rusak dikarenakan tergigit tikus ataupun rusak akibat umur perlu diganti demi menghindari korsleting listrik yang bisa menyebabkan kerusakan stabilizer atau lebih parahnya lagi menyebabkan kebakaran. 

Untuk stabilizer type ferro ressonant, maintenance untuk part consumeable tidak diperlukan dikarenakan stabilizer type tersebut sudah free maintenance. Namun harga stabilizer tersebut cukup tinggi dibandingkan dengan type servo. Namun teknologi yang didapat akan lebih baik dari type servo.

Jika anda ragu dalam melakukan pergantian sparepart stabilizer, alangkah bijaknya jika kita tidak memaksakan dan menyerahkan pekerjaan tersebut pada tenaga ahli seperti teknisi atau tukang listrik. Namun, anda harus siap merogoh kocek untuk biaya teknisi tersebut.


banner percayakan indotara

Penulis: ALEX
Editor : IQBAL
Banner parent Artikel Arakawa
Banner List Product Arakawa


Related Articles