Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Membedah Komponen Penting pada UPS

Editor: Ipin
Membedah Komponen Penting pada UPSMembedah Komponen Penting pada UPS

UPS mempunyai  fungsi yang sangat penting dalam menjaga aliran daya tidak terputus walau PLN mendadak padam. Teknologi UPS menjaga agar tidak ada gangguan daya saat perpindahan PLN ke Generator ataupun sebaliknya.

Ada baiknya juga Anda mengetahui beragam komponen penting pada UPS. Mengetahui komponen UPS membantu Anda mengenali kejanggalan atau tanda-tanda kerusakan lebih awal pada UPS.

Komponen Utama pada Unit UPS rata-rata memiliki empat komponen utama, yaitu :

1. Rectifier
Rectifier bertanggung jawab menerima arus listrik dari input UPS , mengolahnya, lalu menyimpannya di dalam penyimpanan baterai untuk digunakan kelak. Rectifier mengubah arus bolak-balik (AC) dari menjadi arus searah (DC). Cadangan energi ini akan menjadi asupan daya ketika PLN mati, menjaga perangkat elektronik mati mendadak atau memberikan waktu yang cukup untuk menghidupkan Generator Set.

2. Baterai
Baterai adalah bagian yang sangat penting dari UPS karena perannya sebagai penyimpan cadangan daya. Produk UPS di pasaran rata rata menggunakan baterai kering VRLA karena tidak perlu perawatan . UPS Arakawa menggunakan Baterai dari Brand Amaron dengan lifecycle sampai dengan 5 tahun

3. Inverter
Inverter mengubah arus searah dari baterai DC menjadi arus bolak-balik AC yang dialirkan ke perangkat. UPS Arakawa menggunakan Inverter dari Brand Infineon Made in Germany di jamin kualitas nya  mampu menjaga kestabilan arus ketika mengalirkannya ke perangkat saat listrik mati.

4. Sakelar MCB Bypass
Sakelar MCB Bypass  berguna jika UPS mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan Sakelar MCB Bypass untuk memindahkan sumber daya dari baterai UPS langsung ke sumber listrik utama PLN (bypass). Hal ini sangat membantu berjalan nya operasi walau system UPS sedang terkendala sebelum bisa di perbaiki oleh teknisi.

Material pendukung pada installasi UPS ini juga penting, yaitu :

1. Panel Bypass Change Over Switch / COS
Panel bypass juga perlu di tambahkan  . Alat ini juga memudahkan untuk memutus sumber listrik agar bisa memperbaiki UPS tanpa menimbulkan resiko.

2. Kabel Koneksi
Kabel koneksi menghubungkan UPS dengan perangkat elektronik , Kabel koneksi ini tersedia beberapa type. Kabel koneksi yang biasa di gunakan pada installasi UPS adalah kabel NYY atau NYM  jadi pastikan produk yang dipilih sesuai dengan jenis UPS dan beban elektronik .

3. Kabinet Baterai Eksternal
Kabinet Baterai eksternal biasanya disambungkan di bagian belakang UPS dan berfungsi sebagai sumber daya cadangan. Baterai eksternal biasanya memiliki backup time lebih besar dari pada UPS type baterai internal. Produk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan backuptime lebih lama . Produk UPS Arakawa menyediakan cabinet baterai external dengan kapasitas backup time yang bisa di sesuaikan dengan keinginan anda. Misalnya, jika normalnya periode runtime hanya 5 menit, baterai eksternal bisa meningkatkan periode run time tersebut menjadi 30 bahkan 60 menit, tergantung berapa banyak baterai yang digunakan.

Anda  bisa menggunakan UPS Arakawa sebagai pilihan yang cocok untuk menjaga perangkat lektronik anda dari gangguan daya. Sangat di sarankan untuk berkonsultasi dengan staff dan teknisi UPS yang berpengalaman. PT Indotara Persada menyediakan layanan konsultasi gratis dengan staff dan teknisi yang berpengalaman di bidang nya dan juga layanan purna jual UPS Arakawa yang siap membantu anda.